Liburan Keluarga

4 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Batu Cave Malaysia!

mengunjungi batu cave - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: mynotes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian pernah mendengar Batu Caves? Mungkin bagi kalian yang sudah pernah mengunjungi Negeri Jiran sudah pernah mendengar salah satu tempat wisata ini ya. Bagi yang belum, kami akan memberikan beberapa alasan kenapa harus mengunjungi Batu Cave sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Batu Caves adalah sebuah bukit kapur yang dirubah menjadi kuil dan juga tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Saat mengunjungi tempat ini kalian akan melihat berbagai macam turis mulai dari orang lokal sampai turis mancanegara. Bagi kalian yang berencana mengikuti tur 3 negara, kalian akan mengunjungi tempat ini loh!

Mengunjungi Batu Cave

Berlokasi di Kuala Lumpur, Selangor, Batu Cave adalah situs keagamaan yang menjadi wadah bagi candi dan juga kuil Hindu dan kerap menjadi daya tarik bagi ribuan turis dan tentunya pendoa, khususnya saat Thaipusam yaitu sebuah festival Hindu yang dirayakan setahun sekali. Pada tahun 1890, seorang pedagang dari India bernama Thamboosamy Pillai, menjadikan tempat yang satu ini sebagai lokasi penyembahan Lord Murugan yaitu Dewa perangnya orang Hindu, khususnya India Tamil. Sampai sekarang ini, kalian bisa melihat patung emas Lord Murugan yang sangat besar sering dijadikan latar berfoto turis yang datang ke Batu Cave. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga: Warisan Nusantara! Cara Membuat Nasi Kuning Yang Gurih!

1. Wisata Gratis

Siapa sih orang yang gak suka sama wisata gratis? Pasti semua orang suka dengan yang namanya wisata gratis. Mengunjungi Batu Cave itu gratis loh sahabat explorer! Ini menjadi alasan utama mengapa tempat yang satu ini ramai pengunjung. Mungkin ada donasi yang bisa kalian berikan, namun tidak ada pemaksaan ya sahabat explorer

2. Ikonik

Alasan kenapa kita harus mengunjungi Batu Cave yang selanjutnya adalah dikarenakan tempat yang satu ini ikonik sahabat explorer. Mungkin Malaysia sudah terkenal dengan ikon menara Petronas dan juga KL Tower, namun bangunan yang satu ini juga tidak kalah ikonik sahabat explorer. Terdapat sebuah patung yang bernama Patung Murugan yang merupakan tertinggi di dunia dan juga berwarna emas. Rasanya tidak sah sahabat explorer kalau belum foto dengan latar patung ini jika berkunjung ke Batu Cave. 

3. Wisata Lengkap

Tempat yang satu ini terbilang lengkap loh sahabat explorer. Kenapa? Di Batu Cave terdapat beberapa area wisata  yang tentunya edukatif, kuliner dan juga religius. Untuk wisata kuliner kalian bisa mencicipi kuliner khas Batu Cave yang mayoritas  adalah masakan India. Ada nasi Briani dan cemilan khas dari India. Selain itu ada satu kedai ice cream yang kalian harus coba dan selalu ramai pengunjung. Untuk bagian wisata edukatifnya terdapat taman burung (Berbayar), taman Dark Caves (Berbayar) dan juga taman budaya (pertunjukan sendratari). Untuk wisata religi di tempat ini tentunya terdapat beberapa kuil yang ada di dalam Goa-goa di Batu Cave diantaranya adalah Temple Caves, Cave Villa, dan Gua Ramayana.

4. Belajar Dan Berolahraga

Saat mengunjungi Batu Cave, kita dapat belajar dan juga berolahraga sahabat explorer. Di Batu Cave kalian dapat belajar untuk mengetahui budaya-budaya Hindu tertua, melihat orang orang sedang berdoa di kuil dan juga belajar mengenai fauna dan flora yang ada di Batu Cave. Untuk bagian olahraga yang dimaksud adalah kalian akan menaiki ratusan anak tangga sehingga kita bisa mencapai puncak kuil dan bisa melihat area Batu Cave dari ketinggian. Ternyata di tempat yang satu ini merupakan sebuah pusat dari pengembangan panjat tebing di Malaysia selama 10 tahun terakhir. Gua Batu ini menawarkan lebih dari 160 jalur pemanjatan. Rute yang terdapat di seluruh bagian sisi Gua Batu, terdiri dari pendakian perbukitan kapur yang setinggi 150 m. Rute ini merupakan jalur pemanjatan yang mudah diakses karena merupakan tebing paling dasar dari permukaan tanah.

Sahabat explorer, itulah beberapa alasan mengapa kalian harus mengunjungi Batu Cave dalam tur 3 negara. Oia, bagi kalian yang ingin mengikuti paket tur 3 negara, bisa langsung klik tautannya ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar