Jepang Liburan Keluarga

Nikmati Musim Dingin Di Sapporo, Jepang

Musim Dingin di Jepang - Panduan Liburan di Jepang
image source : dijepang.com

Jepang, Panduan Liburan di Jepang – Mendengar kata musim dingin, nampaknya adalah hal yang tidak mungkin di Indonesia, karena di negeri tercinta kita ini hanya mengenal musim panas dan musim hujan. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menikmati fenomena tersebut di negeri lain loh sahabat explorer. Pengalaman tersebut tentunya akan menjadi hal yang unik dan mungkin tidak bisa kita nikmati setiap saat. Salah satu negara Asia yang memiliki musim dingin di setiap tahunnya adalah Jepang. Berlibur menikmati musim dingin di Jepang merupakan pilihan yang tepat bagi kita, karena selain musim dingin, di sana juga terdapat objek wisata menarik lainnya. Salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi saat musim dingin selain Tokyo adalah Sapporo.

Menikmati Musim Dingin Di Jepang Yang Unik

Kota yang terletak di distrik Hokkaido ini, merupakan salah satu destinasi yang banyak dikunjungi para wisatawan pada saat musim dingin tiba. Biasanya musim dingin itu dimulai pada bulan Februari sampai selesai. Banyak sekali berbagai macam kegiatan yang bisa kita lakukan baik bersama keluarga maupun pasangan. Nikmati sensasi musim dingin di negeri yang terkenal dengan kuliner Sushi ini. Langsung aja yuk sahabat explorer kita lihat ada apa saja hiburan musim dingin di Sapporo!

1. Festival Salju Sapporo Yuki Matsuri

Musim Dingin di Jepang - Panduan Liburan di Jepang

image source : manabillage

Mari awali liburan musim dingin di Jepang kalian dengan mengunjungi salah satu objek wisata tahunan di Sapporo ini. Festival Salju Sapporo Yuki Matsuri akan memasuki angka yang ke-70 pada Februari 2019 nanti. Festival ini bukanlah sekedar festival biasa, festival ini mampu menarik minat 2 juta pengunjung baik dari daerah lain ataupun turis mancanegara! Sejarah festival ini sudah dimulai sejak tahun 1950. Pada saat itu beberapa pelajar di kota Sapporo membuat berbagai macam istana es di Taman Odori.

Festival salju Sapporo 2019 nanti akan dilakukan di tiga lokasi berbeda, yaitu di Taman Odori, kawasan Susukino, dan kawasan Tsu Dome. Di Taman Odori, para penduduk akan memamerkan pahatan-pahatan es mereka. Lalu di kawasan Susukino, kalian dapat menikmati bermain rafting salju dan seluncuran es. Sedangkan di kawasan Tsu Dome, kalian dapat menikmati kontes istana salju. Wah, pasti keren banget nih sahabat explorer, jangan sampai ga nonton ini ya!

2. Sungai Barato

Musim Dingin di Jepang - Panduan Liburan di Jepang

image source : dijepang.co.id

Masih berlokasi di pusat kota Sapporo, pengalaman unik ditawarkan oleh Sungai Barato yaitu memancing ikan di salju. Kegiatan ini hanya bisa dilakukan saat musim dingin sudah tiba. Para pengelola tempat akan mengajarkan kalian bagaimana caranya memancing ikan di salju. Para pemancing akan disediakan satu buah tenda yang memiliki kapasitas hingga 5-6 orang. Setelah itu, hasil pancingan ikan tersebut akan dimasak menjadi hidangan Tempura yang nikmat. Hmm, ngebayanginnya aja udah ngiler ya sahabat explorer!

3. Pusat Kota Sapporo

Musim Dingin di Jepang - Panduan Liburan di Jepang

image source : jalanjalankejepang.com

Sebagai kota terbesar di Distrik Hokkaido, akan lebih baik apabila kita mengeksplorasi pusat kota ini. Kota ini terkenal sebagai pusat perdagangan dan bisnis. Kita dapat berkeliling kota ini dengan pergi ke bangunan-bangunan pemerintahan dan juga museum. Lalu, jangan lupa juga untuk mengunjungi Universitas Hokkaido yang memiliki Kebun Raya di dalamnya. Di dalam Kebun Raya tersebut, ada sebuah taman bunga cantik dan greenhouse yang bernama “Miyabe Kingo Memorial Building” dan museum Ainu. Di dalam museum Ainu, kita dapat melihat artefak-artefak manusia purba Hokkaido.

Tak ketinggalan juga untuk mengunjungi Menara Jam Sapporo dan Menara TV Sapporo. Pastinya di sini kita tidak akan melewatkan sesi foto-foto atau selfie. Selain itu, kita juga bisa pergi berbelanja ke Sapporo Underground Shopping Mall dan Sapporo Factory. Pada saat malam hari, kita dapat  menikmati gemerlap ribuan lampu “Sapporo White Illumination” yang menghiasi jalanan sepanjang Sapporo. Mulai dari Taman Odori hingga kawasan Minami 1-Jo Dori. Bakalan seru banget nih musim dingin di Jepang kalian. Oia, jangan lupa juga untuk makan ramen pas siangnya ya sahabat explorer!

4. Otaru Dan Asahikawa

Musim Dingin di Jepang - Panduan Liburan di Jepang

image source : klook

Menikmati musim dingin di Jepang memang akan meninggalkan momen indah di hati kalian. Seindah mengeksplorasi kawasan Otaru ini. Sesuai dengan gambar di atas, berdasarkan fungsinya, Otaru adalah sebuah kota pelabuhan yang berlokasi di bagian barat laut Sapporo. Otaru menjadi pusat perdagangan dan perikanan semenjak tahun 1800-an . Kalian dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan-bangunan kuno dan juga sebuah kanal yang sangat cantik yang berada di kawasan tersebut. Cocok sekali untuk kalian yang menyukai pemandangan sungai yang tenang dan arsitektur-arsitektur kuno.

Musim Dingin di Jepang - Panduan Liburan di Jepang

image source : powderhounds

Selanjutnya adalah mengunjungi Asahikawa. Ini merupakan kota kedua terbesar yang ada di Hokkaido setelah Sapporo. Kalian dapat mengunjungi kebun binatang Asahiyama. Tidak hanya sekedar mengunjungi, kalian juga dapat menyaksikan beragam pertunjukkan dari hewan penghuni kebun binatang tersebut. Diantaranya adalah pertunjukan pinguin, beruang kutub, jerapah, burung hantu, dan lainnya. Selain kebun binatang, Asahikawa juga menawarkan objek wisata lainnya berupa Taman Nasional Daisetsuzan dan Galeri Seni Salju. Kalian juga dapat berkunjung ke “Hokkaido Folks Arts And Craft Village”, serta ke International Dyeing dan Weaving Art museum. Pokoknya, liburan musim dingin di Jepang kalian akan sangat penuh dengan keseruan dan rasa takjub!

Masih banyak lagi destinasi wisata yang dapat kita kunjungi saat musim dingin di Jepang sudah mulai. Sapporo memberikan warna tersendiri bagi para turis lokal dan mancanegara yang berkunjung. Kemeriahan saat musim dingin ini sangat dinikmati setiap tahunnya oleh masyarakat asli dari Sapporo itu sendiri. Rasanya paket tour Jepang 6 hari 5 malam akan terasa cukup agar kalian dapat mengunjungi destinasi-destinasi luar biasa tersebut. Jadi, sahabat explorer tunggu apa lagi? Persiapkan diri kalian dari sekarang!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar