Bali Liburan Keluarga

Menikmati Indahnya Karang Asem dan Klungkung, Bali

objek wisata di karangasem - YoExplore
image source : lembonganfastboats

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, bagi kalian yang sangat menyukai keindahan dari Pulau Bali, maka kalian pasti tidak akan pernah bosan ya untuk bolak-balik ke sana. Atau mungkin, ada dari kalian yang berminat untuk tinggal di Bali? He he, bisa saja kok sahabat explorer. Yang terpenting kalian nyaman dan menemukan pekerjaan yang cocok untuk kalian di sana. Berbicara mengenai traveling di Bali, tentunya Denpasar merupakan kota yang paling banyak dikunjungi oleh para turis ya sahabat explorer. Bahkan, bisa jadi kita sudah hafal dengan objek wisata yang tersedia di sana. Mulai dari Pantai Sanur, Seminyak, Kuta, Sunset Road dan lainnya. Namun, kalian harus sesekali mencoba keluar dari wilayah Denpasar. Jika kalian mau, kalian bisa pergi ke objek wisata di Karangasem dan Klungkung, Bali.

Objek Wisata di Karangasem dan Klungkung Yang Masih Tersembunyi

Wilayah yang berada di Bali Timur ini, juga banyak menyimpan berbagai macam objek wisata yang bisa kalian kunjungi. Tentunya, objek wisata yang akan diberikan oleh YoExplore tidak melulu pantai nih, ada beberapa tempat lain yang tidak kalah menarik juga loh. Di wilaya ini, kalian akan merasakan budaya masyarakat asli Bali yang tua dan sangat kental. Kalau bisa kami bilang, wilayah ini tuh masih “Bali banget!” deh. Mulai dari arsitektur bangunan, desa adat, pasar, dan lain-lainnya yang masih sangat asri. Baiklah sahabat explorer, biar tidak memakan waktu lagi, langsung saja kita simak yuk objek wisata di Karangasem ini! Scroll down!

1. Kertha Gosa

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata di karangasem - YoExplore

image source : adventurousbali

Objek wisata di Karangasem dan Klungkung yang pertama adalah Kertha Gosa. Letaknya, bersebrangan dengan Monumen Puputan Klungkung, yang merupakan monumen perjuangan rakyat Bali terhadap penjajah Belanda. Singkatnya, dulu sempat terjadi peperangan yang dahsyat antara kerajaan Klungkung yang ingin dikuasai oleh Belanda. Oleh karena itu, monumen Puputan Klungkung ini dibangun.

Lanjut ke Kertha Gosa, bangunan ini adalah pengadilan adat, bangunan ini sudah ada sejak 1700 Masehi. Kalau dilihat, pengadilan ini bentuknya sederhana. Hanya ada satu meja yang disampingnya terdapat 6 buah kursi. Kursi yang berukir Singa adalah kursi untuk tempat duduk raja, sebagai hakim ketua, kursi yang berukir lembu adalah kursi untuk pendeta yang berfungsi sebagai penasihat, kursi yang berbentuk Naga adalah untuk panitera atau kontrolir (pejabat tinggi pemerintah Belanda). Sedangkan untuk penggugat dan tergugat, akan duduk bersila di lantai.

Di bagian langit-langit dari pengadilan, terdapat sebuah gambar ukiran, yang menceritakan tentang berbagai macam kisah mitos atau legenda dari masyarakat Bali itu sendiri.

Memiliki arsitektur yang kental dengan Bali, dan juga kolam-kolam hias yang mengelilingi pengadilan tersebut, menjadi sebuah pemandangan yang sangat cantik dan indah untuk dikunjungi.

Baca Juga : Sudah Pernah Ke Bali Naik Mobil dan Kapal Laut?

2. Museum Semarajaya

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata di karangasem - YoExplore

image source : pinterest

Objek wisata di Karangasem dan Klungkung yang selanjutnya adalah Museum Semarajaya. Museum ini, masih satu lokasi dengan pengadilan Kertha Gosa. Di dalamnya, terdapat empat ruangan terpisah. Ruangan pertama, berisikan tentang peninggalan pra sejarah dari masyarakat Bali. Salah satunya terdapat Lesung (alat untuk menumbuk padi), kursi dan meja asli dari Pengadilan Kertha Gosa yang disimpan di dalam ruangan berkaca. Lalu masih banyak lagi benda lainnya seperti guci, keris, dan lain-lain.

Ruangan berikutnya adalah ruangan pada saat jaman penjajahan di Bali. Di dalamnya, terdapat beberapa foto dari keluarga kerajaan di Karangasem yang telah gugur dalam peperangan melawan kolonialisme Belanda. Selain itu juga terdapat benda-benda seperti Tandu untuk mengangkat raja jika ada upacara adat dan sebagainya. Selain itu juga terdapat beberapa peninggalan koran-koran jaman Belanda yang asli dan memang berbahasa Belanda.

Ruangan yang ketiga, berisikan benda-benda kerajinan tangan dari masyarakat Karangasem itu sendiri. Terdapat Keris Bali, peralatan pandai besi, kerajinan perak, peralatan untuk membuat kain songket, dan masih banyak lagi yang ada di dalam ruangan tersebut.

Ruangan berikutnya adalah ruangan yang berisikan dengan kesenian Bali. Terdapat banyak lukisan, Rangda (topeng dan pakaian yang biasa dipakai saat acara tarian, dsb), ada juga Rarung (muridnya Rangda). Ada juga wayang, dan masih banyak lagi hal yang luar biasa terdapat di dalam museum tersebut.

3. Desa Wisata Tenganan

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata di karangasem - YoExplore

image source : wirarentalmobilinbali

Objek wisata di Karangasem dan Klungkung yang selanjutnya adalah mengunjungi Desa Wisata Tenganan. Desa ini, merupakan satu dari tiga desa yang termasuk dalam kategori Bali Aga. Maskot atau lambang di pintu masuknya adalah Patung Kerbau. Untuk masuk ke dalam ini, kalian tidak diberi tiket, namun hanya memberikan donasi secukupnya. Bangunan di dalam Desa Tenganan, rata-rata atapnya terbuat dari Ijuk. Bangunan yang tentunya sangat berbeda dengan desa-desa yang lainnya.

Di dalamnya, kalian dapat melihat pengrajin lontar. Mereka membuat tulisan di atas lontar dengan pisau kecil sebagai pulpennya, dan kemiri dibakar sebagai tintanya. Tentu ini akan menjadi pemandangan yang sangat unik.

Pura yang ada di desa ini, berbeda dengan Pura yang ada di Bali Selatan. Sesuai dengan adat istiadat dan keagamaan yang berlaku di desa tersebut.

Sekeliling desa kalian akan melihat rumah-rumah warga, balai pertemuan desa dan upacara. Kalian juga dapat melihat kerajinan tenun asli yang dibuat oleh warga Desa Tenganan.

Saat kalian memutari bagian belakang dan ingin mengarah lagi ke depan, kalian akan disuguhkan pemandangan bukit hijau yang sangat tinggi dan luas. Tentu itu menjadi pemandangan yang sangat bagus untuk difoto. Selain itu, suasana yang sejuk dan angin yang berhembus membuat kalian serasa ingin numpang tidur saja di desa tersebut. Penasaran? Langsung berangkat aja sahabat explorer!

4. Istana Karangasem

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata di karangasem - YoExplore

image source : flickr

Objek wisata di Karangasem dan Klungkung yang selanjutnya adalah Istana Karangasem atau yang biasa disebut dengan Taman Ujung. Sahabat explorer, kalau kalian sedang berada di Karangasem, kalian sangat wajib untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Kenapa? Tentu saja karena pemandangan istana air yang luar biasa. Tempat yang sangat bersih, terjaga, dan tentunya memiliki banyak sekali kolam yang sangat cantik dan bersih. Banyak juga masyarakat sana yang jogging di sekeliling istana.

Di tengah kolam tersebut, terdapat sebuah bangunan yang merupakan tempat peristirahatan raja. Selain itu, kalian bisa menaiki sebuah tangga, ke tempat yang paling tinggi di Taman Ujung, dan melihat keseluruhan pemandangan Istana Air Karangasem tersebut dari ketinggian. Sungguh tempat yang sangat cantik dan pastinya kalian akan betah untuk duduk di sekitar kolam atau ke dalam bangunan yang disediakan untuk bersantai menikmati pemandangan dan tenangnya air kolam. Dijamin, gak akan menyesal deh kalau kalian ke sini!

Langsung Nikmati Wisata Bali Yang Lainnya!

Sahabat explorer, itulah beberapa objek wisata di Karangasem dan Klungkung yang wajib kalian kunjungi. Jangan melulu di Denpasar, karena Bali itu luas dan masih banyak tempat lainnya yang bisa kalian kunjungi. Selain tempatnya yang asri, kalian juga bisa melihat bagaimana aktivitas masyarakat Bali yang masih menjaga tradisinya dari zaman dahulu hingga sekarang. Ditunggu cerita kalian di kolom komen kita yah sahabat explorer, have a good day!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar