Liburan Keluarga

Nikmati Keindahan Kota Saigon, Vietnam

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata vietnam
image source : tripsavvy.com

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, berlibur ke luar negeri tentu memang suatu hal yang diinginkan oleh banyak orang. Biasanya, buat mereka yang sudah bosan dengan liburan di dalam negeri, mereka ingin mencari pemandangan baru yang tidak ada di dalam negeri mereka. Walaupun masih dalam rumpun Asia, namun pemandangan yang diberikan setiap negeri begitu sangat berbeda. Contohnya Indonesia dan Malaysia, walaupun negara tetangga, tapi pemandangan yang diberikan sangat berbeda. Indonesia terkenal dengan wisata bahari dan gugusan pulau-pulau kecilnya, sedangkan Malaysia lebih dikenal dengan arsitektur bangunannya yang indah, sungai untuk rafting, dan berbelanja. Selain itu, Vietnam juga memiliki keindahan kotanya sendiri. Objek wisata Vietnam juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi loh sahabat explorer.

Objek Wisata Vietnam Yang Cocok Untuk Keluarga

Kota Saigon atau biasa disebut Ho Chi Minh, merupakan kota terbesar yang ada di Vietnam. Populasi di kota ini kurang lebih sekitar 10.000 penduduk. Kota ini dikenal sebagai Ibu Kota dari Vietnam. Saigon adalah kota yang dinamis dengan perpaduan pusat perdagangan dan budaya.  Selain itu, latar belakang kota ini menampilkan sejarah tua dan kehidupan modern metropolis. Tentunya, kota ini akan sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi, buat kalian yang ingin berlibur ke Asia, negeri ini, tepatnya Kota Saigon, merupakan destinasi yang pas bagi kalian yang menyukai budaya Asia. Tidak usah bertele-tele lagi, langsung aja yuk kita simak ulasan Objek wisata Vietnam!

1. Keliling Pusat Kota Saigon

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata Vietnam

image source : insideasiatours

Sesampainya di Kota Saigon, objek wisata Vietnam yang pertama kalian kunjungi tentunya adalah berkeliling di pusat kota tersebut. Kalian bisa pergi dari pusat perkotaan hingga ke China Town. Kalian akan mendapatkan gambaran tentang keunikan kota ini dan tentunya sejarah yang sangat besar. Selain itu, kalian bisa pergi ke spot – spot menarik seperti The Reunification Palace (Ex-Presidential Palace) seperti yang ada pada gambar di atas.

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata Vietnam

image source : inspitrip

Lalu kalian bisa mengunjungi The War Remnants Museum, yang merupakan sebuah museum sisa-sisa perang yang kelam di Vietnam. War Remnants Museum ini berisikan pameran yang  dirancang untuk menunjukkan dampak peperangan yang diterima oleh penduduk Vietnam. Sebelum memasuki gedung utama dari Museum ini, kalian dapat melihat diorama kekejaman dari perang Vietnam dari sisi sebelah kiri gedung museum. Di sana terlihat berbagai macam fasilitas penyiksaan untuk para tawanan atau pengkhianat perang. Mulai dari alat setrum, penjara, hingga pemenggalan kepala.

Wah, serem banget ya sahabat explorer, tapi pasti ini akan sangat menarik untuk dikunjungi loh! Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi spot menarik lainnya di Saigon seperti The Jade Emperor Pagoda, Notre Dame Cathedral, dan The General Post Office.

Objek wisata Vietnam yang pertama ini sungguh akan menghabiskan waktu kalian selama seharian. Jadi, jangan sia-siakan momen tersebut untuk diabadikan bersama teman atau keluarga ya sahabat explorer.

2. Mengunjungi Cao Dai – Cu Chi

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata Vietnam

image source : vietnam-guide.com

Objek wisata Vietnam yang selanjutnya adalah mengunjungi Candi Cao Dai dan Cu Chi. Candi ini biasa disebut dengan  The Great Holy See Temple. Candi ini dibangun pada tahun 1926. Selain itu, candi ini cukup terkenal di Asia dikarenakan arsitektur bangunannya yang sangat menawan dan unik. Candi ini digunakan untuk kegiatan dan pusat Caodism, sebuah agama di Vietnam dengan akulturasi beragam kepercayaan seperti Budha, Kristen, dan Konfusius. Kalian tentu bisa berfoto di sekitar bangunan ini.

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata Vietnam

image source : agolfnews

Setelah dari Candi Cao Dai, kalian bisa langsung mengunjungi sebuah terowongan perjuangan di Vietnam dengan nama Cu Chi Tunnel. Dari kota Ho Chi Minh, terowongan ini berjarak sekitar 60 km. Kalau dari Jakarta, ini sama jaraknya dengan ke Puncak kok sahabat explorer, gak jauh-jauh banget deh :D.

Cu Chi terkenal sebagai daerah heroik yang anti terhadap Perang Amerika di Vietnam. Di sini, kalian bisa masuk dan melihat bekas medan perang yang sengit yang pernah terjadi di kawasan ini. Selain itu, banyak juga spot-spot persembunyian yang ada di dalam terowongan ini. Pokoknya, pas masuk ke dalam terowongan ini, kalian seperti sedang bermain game perang deh sahabat explorer. Seru banget!

Baca Juga : Wisata Musim Dingin Di Negeri Sakura

3. Menginap di Kapal Pesiar di Sungai Mekong

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata Vietnam

image source : yoexplore.co.id

Objek wisata Vietnam selanjutnya adalah menjelajahi Sungai Mekong sambil menginap di kapal pesiar. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sangat unik loh sahabat explorer. Lokasi Sungai Mekong ini berada di Kota Cai Be. Kalian bisa menyantap makan siang di atas kapal ini, selagi menunggu kapal untuk siap berlayar. Selain itu, kalian juga bisa pergi berkeliling pinggiran kota dengan berjalan kaki atau menaiki sepeda. Sahabat explorer bisa menikmati pemandangan pohon buah-buahan dan juga berinteraksi dengan petani atau penduduk lokal di sekitar situ.

Setelah kapal berlayar, kalian bisa menikmati pemandangan indah dari Sungai Mekong sambil menikmati makan malam dan tentunya menginap di kapal pesiar mewah tersebut. Wah, pasti akan menjadi pengalaman yang berbeda dari yang lainnya ya sahabat explorer.

4. Delta Mekong

Panduan Traveling, YOEXPLORE - objek wisata Vietnam

image source : travelsenseasia

Objek wisata Vietnam yang selanjutnya adalah mengunjungi Delta Mekong. Kesibukan Pasar Apung pasti akan membangunkan kalian dari tidur lelap semalaman di kapal pesiar. Kapal tersebut akan membawa kalian ke Can Tho. Can Tho merupakan kota terbesar di Delta Mekong, wilayah barat daya Vietnam. Disini, kalian bisa menikmati panorama matahari terbit dengan pemandangan alam yang menawan.

Setibanya di Can Tho, kalian akan menaiki perahu kecil yang akan membawa kalian ke pasar apung Cai Rang. Ratusan perahu kecil berkumpul dan menawarkan barang dagangan yang mereka jual. Jangan lupa untuk membawa uang tunai ya sahabat explorer, kalian dapat membeli beragam makanan dan kudapan langsung dari pedagang tersebut.

Hmm, lucu ya pasti kalau dibayangin, belanja menggunakan kapal kecil, dayung kesana dan kemari mencari barang yang kalian suka. Tapi, jangan cuma dibayangin saja ya sahabat explorer, langsung saja pergi wisata ke Vietnam sekarang!

Nikmati Wisata Vietnam Sepuasnya!

Sahabat explorer, itulah beberapa objek wisata Vietnam yang dapat kami bagikan kepada kalian. Semoga, destinasi yang kami tawarkan cukup untuk memenuhi ekspektasi liburan kalian di Vietnam. Jangan lupa untuk share cerita dan pengalaman kalian selama berlibur di sana di kolom komen kita ya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar