Korea Liburan Keluarga

Persiapan Untuk Liburan Ke Korea Selatan!

persiapan liburan ke Korea - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: cnnindonesia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Siapa sih sekarang yang tidak tertarik untuk mengunjungi Korea Selatan? Harus diakui, bahwa Korea Selatan sekarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Bisa dibilang pengaruh besarnya karena K-Pop dan juga Drakor alias Drama Korea. Penggemarnya begitu banyak di Indonesia, sahabat explorer. Mungkin saja kalian yang membaca ini adalah salah satu dari fans Drakor atau K-Pop! Pengaruh dari kedua hal tersebut memang berdampak pada dunia pariwisatanya juga. Beberapa film Korea juga memperlihatkan kecantikan negaranya, sehingga menarik perhatian para penontonya. Tidak hanya di Indonesia saja ternyata yang terkena efek dari K-Pop atau Drakor ini, di Amerika bahkan Eropa juga menjadi hype, sahabat explorer. Jadi sudah jelas kan kenapa Korea itu sekarang menjadi tempat yang dikunjungi untuk liburan? Namun, ada persiapan liburan ke Korea yang harus kalian lakukan sebelum berangkat. 

Persiapan Liburan Ke Korea

Hampir semua persiapan liburan ke Korea ini sama dengan liburan ke luar negeri lainnya. Tentu jelas berbeda apabila dibandingkan dengan liburan dalam negeri, sahabat explorer. Ada barang yang akan lebih banyak lagi dibawa, sahabat explorer. Dengan demikian, kami sekedar mengingatkan kalian saja nih untuk mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

Baca Juga: Berikut Adalah Paket Tour Yogyakarta 3H2M Dari YoExplore

1. Paspor

Sebelum kalian berwisata ke luar negeri, mau ke manapun itu, hal yang wajib dipersiapkan terlebih dahulu adalah paspor, sahabat explorer. Paspor adalah sebuah dokumen penting dalam hal imigrasi yang harus kalian bawa. Untuk membuat paspor tentu ada beberapa dokumen serta biaya yang harus kalian persiapkan. Lebih baik, persiapkan paspor dari jauh-jauh hari, sahabat explorer, karena proses pembuatan paspor tidak sehari jadi. Butuh menunggu beberapa hari bahkan dalam beberapa kasus bisa berminggu-minggu.

Jika kalian yang sudah punya, pastikan lagi kalau paspor kalian masih aktif, ya, sahabat explorer. Sesuai peraturan Imigrasi, paspor kalian wajib masih berstatus aktif minimal 6 bulan (180 hari) terhitung sejak tanggal berangkat tiket ke negara yang dituju untuk liburan kalian. 

2. Visa

Visa juga menjadi dokumen penting saat persiapan liburan ke Korea. Visa adalah sebuah izin untuk memasuki sebuah negara. Untuk mendapatkan visa, lebih baik diurus paling lambat sebulan sebelum keberangkatan, sahabat explorer. Biasanya proses pembuatan visa ini memakan waktu kurang lebih 14 hari kerja. Biaya membuat visa juga berbeda-beda, tergantung negaranya. Untuk visa ke Korea biasanya harga pembuatannya kurang lebih Rp 600.000 hingga Rp 800.000. Jika mengurus ke kedutaan besar Korea, harganya pasti lebih murah, sahabat explorer. Untuk membuat visa, siapkan segala dokumen yang dibutuhkan agar proses cepat selesai dan diterima.

3. Mata Uang

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mata uang, sahabat explorer. Korea Selatan ini memiliki mata uang yang bernama Won dan tentu saja tidak akan menerima transaksi dengan mata uang rupiah, sahabat explorer. Dengan demikian, wisatawan harus menukar mata uang tersebut terlebih dahulu. Penukaran ini bisa dilakukan di Money Changer. Namun jika selama di Korea kalian kehabisan uang Won, kalian bisa mengambil uang di ATM yang berlogo mastercard, visa, atau cirrus.

4. Pelajari Musim

Yang selanjutnya adalah mempelajari musim yang ada di Korea Selatan, sahabat explorer. Tidak lucu jika kalian berangkat ke Korea pada saat musim dingin, namun baju yang kalian bawa adalah baju musim panas. Itu namanya bunuh diri, sahabat explorer! Maka dari itu, lebih baik kalian pelajari terlebih dahulu musim dan jangka waktu musim tersebut. Sesuaikan dengan jadwal keberangkatan wisata kalian ke Korea untuk mempersiapkan segala keperluan dan pakaian yang perlu dibawa.

 

  • Musim dingin: Desember – Februari
  • Musim semi: Maret – Mei
  • Musim panas: Juni – Agustus
  • Musim gugur: September – November

Sahabat explorer, itulah beberapa persiapan liburan ke Korea yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Jika kalian berminat, kami punya paket Korea Popular 5D 2020, lho! Langsung klik tautannya untuk informasi lengkapnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa, jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar