Bali Liburan Keluarga

Bosan di Denpasar? Langsung ke Singaraja Aja!

Panduan Traveling, YOEXPLORE - singaraja bali - YoExplore
image source : volunteerbali.com

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Kalian sedang berada di Bali? Apa sudah mulai merasa bosan dengan ubud, Seminyak, Kuta, Sanur, dan Sunset Road? Hmm. Bali tidak melulu Denpasar kok sahabat explorer. Kalian bisa pergi ke kota-kota lain yang berada di Pulau Dewata tersebut. Sebut saja misalnya Karang Asem, Tabanan, dan lainnya. Namun, kita akan membahas salah satu kota yang memiliki nilai sejarah penting di Bali. Kota tersebut bernama Singaraja. Sesuai dengan namanya, maskot dari kota tersebut adalah patung Singa bersayap seperti yang ada pada gambar di atas. Disini, kita akan membahas sedikit mengenai sejarah Singaraja Bali ini ya explorer. Selain itu, kita akan membahas mengenai unik dan tentunya kuliner yang khas dari Singaraja itu sendiri.

Singaraja Bali Yang Memiliki Sejarah Panjang

Kota Singaraja merupakan Ibu Kota Bali sebelum berubah menjadi Denpasar. Dahulu, wilayah ini merupakan wilayah Kerajaan Buleleng. Pada saat masa jayanya, Singaraja memang menjadi pelabuhan yang paling sibuk di Bali. Dengan demikian, kota ini juga mendapat julukan kota pelabuhan. Bahkan dahulu, Sir Thomas Raffles, orang berkebangsaan Inggris sampai jatuh cinta dengan Bali dan budayanya. Bahkan sempat mengajak Raja Buleleng pada saat itu untuk membuat ini menjadi kota pelabuhan dengan nama Singapura. Namun, karena beberapa hal, maka rencana tersebut batal. Pada akhirnya, setelah Kerajaan Buleleng runtuh, singkat kata, wilayah ini memiliki nama baru yaitu Singaraja.

Baca Juga : Bosan? Coba Cara Ini Biar Nggak Bosan!

Jika kalian berkunjung ke kota yang berjarak kurang lebih 3 jam dari Denpasar ini, kalian akan merasakan suasana yang sangat berbeda. Berdasarkan pengalaman tim  YoExplore, saat kami berkunjung ke Singaraja, suasana yang ‘tidak’ Bali akan sangat terasa. Dari segi arsitektur bangunan, tata kota, dan tentunya ini sangat terlihat saat berada di wilayah yang dekat dengan pelabuhan. Mungkin karena ini adalah kota pelabuhan dulunya, jadi arsitektur bangunan dan masyarakatnya sudah bercampur. Ada sedikit gaya Eropa, Tiongkok, Arab, dan Jawa.

Masyarakat di Singaraja memang sudah berbaur dengan kehidupan tersebut dari dahulu. Namun, untuk urusan kuliner, tentunya sudah bercampur juga nih sahabat explorer. Walaupun jajanan khas bali seperti Jaja Lak-Lak masih ada dan banyak peminat, banyak juga makanan khas Jawa atau wilayah lainnya yang berada di sini. Bahkan, ada makanan khas Jakarta juga loh!

Kuliner Yang Sangat Khas

Untuk urusan kuliner, kami merekomendasikan kalian untuk makan di gang samping gedung Telkom. Di sana, terdapat banyak makanan tendaan yang nikmat semua. Mulai dari Tipat Tahu, atau yang di Jakarta biasa disebut dengan Ketoprak, hingga Es Ancruk yang memang cuma ada di Singaraja saja. Bedanya, kalau di Jakarta Ketopraknya pakai Bihun dan bumbu kacang, Tipat Tahu di Singaraja ini tidak menggunakan Bihun. Hanya Tauge, Tahu, dan Tipat (ketupat) dan disirami dengan bumbu petis yang sangat gurih dan pedas. Wah, kalau diingat-ingat, rasanya mau pergi ke sana lagi deh sahabat explorer.

Panduan Traveling, YOEXPLORE - singaraja bali - yoexplore

image source : youtube

Es Ancruk, ini yang paling unik dari kuliner khas Singaraja Bali. Rasanya yang segar karena dimakan dengan es batu, ditambah dengan manis dari biji salak dan kuah yang diberi susu kental manis. Kalau dilihat, tampilannya mirip seperti kolak pisang, atau bubur sumsum, namun Ancruk itu sendiri adalah yang berbentuk seperti bola-bola kecil yang rasanya manis, kenyal, dan gurih. Pokoknya, kalian dijamin bakal suka deh sama jajanan khas Singaraja Bali yang satu ini!

Kotanya yang tenang, dan Alun-Alun yang sangat ramai dengan jajanan unik, pastinya akan memberikan kalian pemandangan yang berbeda dengan Denpasar. Untuk urusan wisata, wilayah Singaraja ini sangat dekat dengan Bedugul. Sebuah wilayah yang bisa dibilang Puncaknya orang Bali. Cuaca yang dingin dan sejuk, serta memiliki beberapa destinasi wisata seperti Air Terjun Git-Git yang sangat asri dan segar. Di sana, kalian bisa bermain ayunan yang diikat di dua pohon kelapa, berenang di kolam dari Air Terjun tersebut, yang tentu airnya sangat segar dan dingin. Selain itu, kalian juga bisa selfie pada selfie spot yang sudah disediakan oleh pengelola.

Singaraja Menunggumu!

Nah, jadi kira-kira seperti itulah sahabat explorer, sekilas mengenai Singaraja. Jika ingin tau lebih lengkap, kalian bisa langsung kunjungi kota tersebut apabila sedang berada di Bali. Kalian bisa menginap di sana, ataupun pulang pergi langsung ke Denpasar. Buat kalian yang sudah ke sana, dan mungkin tau tempat destinasi wisata yang tersembunyi di Singaraja, bisa langsung komen di kolom kita ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar