Bali Liburan Keluarga

Setelah Revitalisasi, Sungai di Bali Ini Menjadi Objek Wisata Baru

sungai yang ada di Bali - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore.co.id
image source : bobo.grid.id

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, pernahkah kalian mendengar yang namanya Revitalisasi Sungai? Mungkin ada yang sudah ada yang belum ya. Oke, kalau gitu biar kita jelasin secara singkat nih apa itu Revitalisasi Sungai. Revitalisasi artinya adalah suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya. Dengan demikian, berarti menjadikan sesuatu atau perbuatan untuk menjadi vital, sedangkan kata vital mempunyai arti sangat penting atau sangat diperlukan sekali untuk kehidupan dan sebagainya. Jadi, revitalisasi sungai adalah menghidupkan kembali atau memperbaiki sungai yang awalnya tercemar menjadi sungai yang bersih. Kali ini kita akan membahas beberapa sungai yang ada di Bali yang sudah mengalami revitalisasi dan sekarang sudah jauh lebih baik.

Sungai Yang Ada di Bali Ini Siap Menjadi Destinasi Wisata Baru

Revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat juga bukan main-main loh sahabat explorer. Tidak hanya sekedar ditutup dengan kain hitam (hehehe), mereka melakukan pembersihan yang akhirnya bermanfaat bagi masyarakat sekitar situ. Kali ini, kita akan membahas dua sungai yang ada di Bali yang sudah mengalami revitalisasi. Selain menjadi lebih bersih dan terawat, ternyata salah satu sungai tersebut juga dijadikan tempat wisata bagi turis, baik lokal maupun mancanegara. Sungai ini, memang akan lebih indah apabila kita datang saat malam hari nih sahabat explorer. Tentunya, pemandangan tersebut akan sangat cantik dan cocok untuk dijadikan tempat untuk bersantai di malam hari.

Baca Juga : Mau Traveling Ke Magelang? Yuk Kunjungi Tempat Ini

Sungai Tukad Badung

sungai yang ada di Bali - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore.co.id

Image source : YoExplore

Sungai yang ada di Bali ini adalah Tukad Badung. Sungai ini, mengalami revitalisasi dan baru buka belum lama pada tahun ini. Kalau kalian lihat, tentu saja pemandangannya bagus banget nih sahabat explorer. Selain dihiasi dengan lampu-lampu yang ada di atas sungai, untuk menuju ke sungai ini juga kalian dapat melewati objek wisata lainnya. Lokasi sungai ini tidak jauh dengan Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Kalian tentu bisa menikmati sore kalian di sini nih sahabat explorer sambil menunggu malam dan melihat kecantikan sungai Tukad Badung. Selain itu kalian juga melewati pasar kerajinan yaitu Pasar Kumbasari. Banyak kerajinan tangan yang dapat kalian beli atau lihat nih sahabat explorer. Dijamin, kalian gak akan terasa capek deh jalan kaki di sini :D.

Di pinggir sungai ini, kalian dapat bersantai-santai duduk dan menikmati tenangnya air serta lampu hias tersebut. Beberapa tempat akan terlihat papan informasi mengenai sejarah dan perkembangan sungai ini dari sebelum hingga sesudah revitalisasi.

Oia sahabat explorer, bagi kalian yang menyukai fotografi, tempat ini bisa menjadi tempat yang sangat bagus dan Instagram-able loh. Terutama di lampu hias tersebut, kalau kalian mau membuat foto dengan tema low light atau bokeh, dijamin foto kalian akan keren banget jadinya!

Sungai Tukad Bindu

sungai yang ada di Bali - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore.co.id

image source : YoExplore

Sungai yang ada di Bali berikutnya adalah Sungai Tukad Bindu. Asal kalian tau, sungai yang satu merupakan salah satu sungai yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional loh sahabat explorer. Penghargaan tersebut diraih dalam lomba kategori sungai bersih. Hal tersebut tidak terlepas dari kepedulian warga di sekitar yang bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk dapat mewujudkan sungai yang bersih ini. Revitalisasi sungai ini didukung Pemkot Denpasar dengan memberikan program kemanfaatan menjaga lingkungan yang bersih dan asri. Penataan Tukad bisa berjalan lancar dengan dukungan masyarakat mulai dari pihak Banjar, desa dan Kecamatan yang hingga saat ini semua bisa merasakan manfaat dan memahami pentingnya sungai, khususnya di lingkungan kawasan aliran Sungai Bindu.

Sebelumnya, sungai ini merupakan sungai yang kotor dan tidak terawat, serta banyak sampah yang menumpuk di sana. Pada tahun 2016, Pemkot Denpasar bersama dengan masyarakat sekitar sungai, setuju untuk mempercantik pinggiran sungai ini. Sepanjang aliran sungai, terdapat warung dan tempat bersantai di pinggirnya. Kalian juga bisa berendam dan bermain Kano di sini loh sahabat explorer. Pastinya seru banget nih, karena jarang banget ada sungai yang bisa bermain Kano.

Selain warung dan tempat beristirahat, di sekitaran sungai tersebut juga terdapat taman dan kandang burung. Tentu, kalian bisa menikmati pemandangan taman dan melihat burung-burung yang ada di sana.

Bedanya dengan sungai yang sebelumnya kita bahas, di sungai ini kalian bisa menikmatinya dari pagi hingga sore saja. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya lampu hias seperti yang ada di sungai Tukad Badung.

Langsung Kunjungi Sungai-Sungai Tersebut!

Sahabat explorer, itulah beberapa sungai yang ada di Bali yang bisa menjadi tempat wisata bagi kalian. Jika kalian bosan dengan keramaian pantai dan hiburan malam lainnya, maka kalian bisa menghabiskan waktu kalian di sungai-sungai ini nih. Selain tempatnya tenang, pemandangan dan kebersihannya juga tidak kalah dengan tempat wisata di Bali yang lainnya kok. Jado, bagi kalian yang sedang berada di Bali, boleh deh sempatkan waktu untuk mengunjungi sungai cantik ini. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar