Bali Liburan Keluarga

Menikmati Sunset di Tanah Lot

sunset di Tanah Lot - yoexplore
image source : YOEXPLORE

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, pemandangan yang paling indah untuk dilihat pada saat sore hari adalah tidak lain dan bukan sebuah pemandangan sunset. Untuk menikmati pemandangan ini, tempat yang paling tepat tentunya adalah pantai. Oleh karena itu, tidak heran jika pantai selalu ramai dengan orang. Baik hanya untuk sekedar berenang dan duduk-duduk santai di atas pasir, atau menunggu terbenamnya matahari. Biasanya, mereka yang menunggu momen ini, akan membawa kamera dan merekam momen yang terjadi hanya sehari sekali tersebut. Salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi oleh turis adalah Pantai Tanah Lot, Bali. Menikmati sunset di Tanah Lot Bali, merupakan pilihan yang paling sempurna.

Pemandangan Luar Biasa Sunset di Tanah Lot

Perjalanan menuju Tanah Lot, jika kalian berada dari wilayah Sunset Road dan sekitarnya, perjalanan kurang lebih akan memakan waktu 1 sampai 1 setengah jam. Namun, jika kalian mengendarai sepeda motor, maka otomatis akan lebih cepat. Saran dari YoExplore, jika sedang liburan ke Bali, lebih baik kalian sewa motor aja deh, lebih simple, cepat dan terhindar dari macet. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan dan angin sejuk yang tentunya berbeda dari kota-kota lainnya. Tanah Lot, sering membuat festival atau pentas kesenian. Pada bulan Agustus 2018 lalu, terdapat sebuah festival tarian, yang melibatkan 1800 penari sekaligus! Waw, luar biasa banget ya sahabat explorer.

Sesampainya di Tanah Lot, kalian langsung disuguhi dengan pedagang-pedagang aksesoris seperti tas, kain, baju, celana, dan pernak-pernik lainnya. Kalian hanya perlu mengikuti arah jalan tersebut, lalu kalian akan masuk ke dalam wilayah pasar tradisional Tanah Lot, dari sana, kalian bisa mengikuti jalan lagi untuk sampai ke pantai Tanah Lot. Sesampai di pantai, kalian akan melihat pemandangan laut yang di Pantainya terdapat banyak sekali bebatuan besar yang mempercantik pemandangan tersebut.

Pemandangan Pura yang berada di salah satu bebatuan tersebut, juga menjadi daya tarik bagi turis. Jika air sedang surut, maka kalian bisa mengunjungi Pura tersebut dan ikut mengantri untuk mendapatkan air suci. Namun, jika air sedang pasang, maka tentunya akan sedikit sulit ke sana, kecuali kalau kalian mau berenang, hehe. Antrian untuk mendapatkan air suci tersebut sangat panjang sekali loh sahabat explorer. Biasanya, air suci ini digunakan sebagai pembersihan untuk masuk ke dalam Pura. Konon, air suci ini terasa sangat segar sekali loh, kalau kalian mau, kalian bisa ikut masuk ke dalam antrian.

Melihat Luwak di Kedai Kopi Luwak

Setelah mungkin bermain di pantai, kalian bisa menaiki sebuah tangga yang berada sebelum pantai, di sana terdapat sebuah bangunan Pura lagi. Di samping bangunan tersebut, ada anak tangga lagi yang akan membawa kalian menuju ke atas sebuah bukit. Namun, bukit tersebut sudah memiliki jalanan dan anak tangga yang rapi. Kalian masih lagi disuguhkan dengan banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir tangga. Pemandangan yang berbeda adalah, saat kalian melewati sebuah kedai Kopi Luwak. Tentunya, kalian bisa menikmati Kopi Luwak asli yang ada di sana. Uniknya, cafe tersebut juga membiarkan Luwak (binatang betulan) itu berkeliaran di area kedai. Bahkan, kalian bisa melihat mereka sedang tidur di salah satu meja kedai. Jika kalian melihat sedikit ‘kemacetan’ saat naik tangga, maka tidak lain lagi adalah karena kedai tersebut. Banyak sekali turis baik lokal maupun mancanegara datang ke kedai tersebut untuk melihat atau memfoto Luwak tersebut.

sunset di Tanah Lot - yoexplore

Image source : YOEXPLORE

Sesampainya di atas, kalian akan banyak menemukan lagi warung-warung dan kedai yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Jika beruntung, kalian dapat duduk di pinggir bukit dan bisa melihat pemandangan dari atas. Tentunya, akan sangat nikmat apabila ditemani dengan meminum Es Kelapa ditambah dengan Es Batu. Pastinya akan seger banget nih sahabat explorer, setelah naik-naik tangga yang lumayan banyak, hehe.

Baca Juga : Beberapa Jenis Phobia Yang Kamu Harus Ketahui

Waktunya Matahari Terbenam!

Pemandangan yang sangat sempurna untuk dinikmati. Kalian hanya tinggal menunggu waktu matahari terbenam saja nih sahabat explorer. Siapkan kamera kalian, silahkan pakai mode Time Lapse, dan langsung cari posisi terbaik. Setelah itu kalian bisa bersantai sambil menikmati pemandangan tersebut hingga selesai. Biasanya, saat matahari sudah tenggelam total, orang-orang akan bertepuk tangan, dan akhirnya langsung pada turun ke bawah lagi deh. Jadi bisa disimpulkan, orang yang naik ke atas sana, cuma mau menikmati pemandangan matahari terbenam. Demikian kalian juga, pasti tidak akan menyesal deh menikmati sunset di Tanah Lot.

sunset di Tanah Lot - yoexplore

image source ; YOEXPLORE

Sahabat explorer, kira-kira seperti itulah gambaran mengenai indahnya sunset di Tanah Lot. Kalian tentunya bisa mengunjungi pantai ini kapanpun kalian mau. Namun, kami memberi saran untuk datang pada saat weekday, untuk menghindari keramaian yang berlebih. Dengan demikian, kalian bisa menikmati sunset di Tanah Lot dengan Khidmat :D. Oke, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya, have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar