Liburan Keluarga Nusa Tenggara Barat

Lagi Libur Anak Sekolah? Ke Lombok Aja Yuk!

tempat wisata anak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : natgeoindonesia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, waktu liburan sekolah memang menjadi waktu yang paling diidamkan oleh anak-anak. Khayalan mereka tentang liburan  sudah pasti jauh ke mana-mana. Banyak hal yang tentunya ingin mereka lakukan selain bermain, seperti berkenalan dengan teman baru, dan melakukan aktivitas yang tidak pernah ia lakukan sebelumnya. Di Indonesia, melimpah sekali destinasi wisata yang cocok untuk anak-anak. Baik di Ibu Kota hingga ke daerah lain juga semuanya ada. Negara kita ini memang juara deh untuk urusan pariwisata, segalanya ada dari ujung ke ujung! Tempat wisata anak yang akan kita bahas kali ini berada di Lombok nih sahabat explorer. Bagi kalian yang mungkin pernah ke Lombok bersama pasangan saat honeymoon, maka jika sudah punya anak kalian wajib balik lagi.

Tempat Wisata Anak di Lombok

Memang ada tempat wisata anak di Lombok? Bukannya tempat ini lebih cocok untuk honeymoon atau wisata alam biasa saja? Jawabannya tentu saja tidak hanya kedua hal itu! Wisata untuk anak itu juga ada kok di Lombok, dan gak cuma satu juga! Dijamin mereka bakalan happy banget deh sahabat explorer. Kalau gak percaya, kalian ajak aja mereka ke sana liburan nanti. Namun sebelumnya, YoExplore akan memberikan kalian rekomendasi-rekomendasi tempatnya nih, jadi biar kalian gak perlu cari-cari lagi pas sampe di sana. Dengan demikian, liburan sekolah anak-anak akan lebih terencana dengan baik nih sahabat explorer. Penasaran ada di mana aja tempatnya? Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Momen Cinta Dua Sejoli Di Lombok

1. Konservasi Penyu Gili Trawangan

tempat wisata anak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tempo

Tempat wisata anak di Lombok yang pertama adalah mengunjungi konservasi penyu yang berlokasi di Gili Trawangan. Bukan hanya pemandangan pantainya saja nih yang menawan sahabat explorer. Ternyata, di tempat ini biasanya dilakukan pelepasan penyu ke lautan pada saat-saat tertentu. Maksudnya, penyu akan dilepas jika memang umur dan kondisinya sudah cukup dan stabil. Tentunya ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi anak-anak kalian.

Selain dapat melihat penyu dari jarak dekat, anak-anak juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti mempelajari habitat dan perkembangbiakan penyu itu sendiri. Dengan demikian, mereka tetap ada belajarnya nih sahabat explorer, tidak hanya sekedar bermain atau melihat penyu saja.

Tentunya ini menjadi hal yang sangat bagus bagi perkembangan mereka. Mengetahui dan belajar menyayangi makhluk hidup lainnya, akan membuat mereka lebih bisa menghargai alam. Berwisata juga bisa menjadi media belajar yang baik untuk anak-anak, apalagi kalau destinasi wisatanya seperti yang satu ini. Wah, dijamin bakalan seru banget deh!

2. Desa Sembalun

tempat wisata anak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : lombokgilis

Tempat wisata anak di Lombok yang selanjutnya adalah di Desa Sembalun. Lokasinya berada di Lombok Timur nih sahabat explorer, jadi ya sekalian jalan-jalan aja menikmati pemandangan yang luar biasa indah di Lombok.

Biasanya, para keluarga memang mengunjungi tempat ini saat sedang liburan sekolah di Lombok. Cuacanya yang sejuk karena berlokasi di kaki Gunung Rinjani, membuat Desa Sembalun ini ibarat puncak Bogor di Jawa Barat. Namun tentu saja tidak seramai Puncak Bogor, kalau di Desa Sembalun masih tidak ramai dan udaranya juga jauh lebih segar. Jangan lupa untuk bawa jaket anak-anak kalian ya.

Kalian tidak usah bingung jika ingin berlama-lama di desa ini, karena sekarang sudah banyak tempat penginapan keluarga. Dengan demikian, kalian bisa liburan dengan tenang dan tentunya bisa menghabiskan quality time bersama keluarga.

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak di sini adalah agriwisata nih sahabat explorer. Mereka bisa memetik buah stroberi langsung dari perkebunan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Selain itu, mereka juga bisa belajar budidaya buah stroberi, mulai dari cara penanaman, perawatan, hingga proses memetik. Dijamin anak-anak kalian bakalan seneng banget deh, selain belajar ya tentunya mereka juga bisa icip-icip buah yang rasanya asam manis ini loh sahabat explorer!

3. Hutan Wisata Sesaot

tempat wisata anak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tripadvisor

Tempat wisata anak yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Wisata Sesaot yang berlokasi di Mataram, Lombok. Tempat ini, sangat cocok bagi kalian sekeluarga yang ingin merasakan sensasi alam. Kalian bisa berkemah di tempat ini loh sahabat explorer.

Lokasi pastinya berada di Desa Sesaot Lombok Barat. Kalian bisa berkemah di hutan yang alami. Pada saat musim liburan, hutan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan outbond keluarga. Terdapat kolam renang buatan dan juga mata air asli yang berasal dari Gunung Rinjani. Seperti pemandangan yang ada di gambar tuh sahabat explorer, pasti hawanya langsung mau nyebur aja pastinya. Airnya yang bersih, jernih, dan juga dingin pasti bikin kalian betah untuk lama-lama di sana.

Selain wisata alam, hutan alami ini juga menyajikan pemandangan yang luar biasa indah. Cuaca yang sejuk dan udara yang bersih untuk dihirup, tentu dapat menenangkan dan menambah suasana keakraban keluarga bertambah. Gak percaya? Langsung aja kunjungin tempat ini!

4.  Lombok Elephant Park

tempat wisata anak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : indonesiatravel

Tempat wisata anak di Lombok yang selanjutnya adalah Lombok Elephant Park. Dari namanya sudah jelas nih sahabat explorer, kalau tempat ini merupakan tempat penangkaran gajah di Lombok. Uniknya, tempat wisata yang satu ini mengedukasi bagi siapapun yang datang mengenai gajah. Dengan demikian, anak-anak bisa mengetahui bagaimana merawat dan melindungi hewan ini.

Anak-anak bisa melihat secara langsung gajah-gajah tersebut dan melihat bagaimana kehidupan sehari-hari gajah tersebut. Terdapat beberapa program edukasi bagi kalian yang memang ingin mengetahui informasi lebih mengenai gajah.

Tidak hanya gajah saja loh sahabat explorer yang ada di Lombok Elephant Park ini, terdapat juga Orang Utan, dan binatang lainnya yang dilindungi. Dengan demikian, anak-anak bisa mengetahui dan mencintai habitat hewan yang sudah terancam punah ini nih sahabat explorer. Jadi, wisatanya dapet, pembelajarannya juga dapet! Dijamin mereka bakalan senang banget deh! Bisa-bisa pengalaman traveling di tempat ini tidak akan mereka pernah lupakan semasa hidupnya.

Liburan Seru di Lombok!

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata anak di Lombok yang dapat YoExplore rekomendasikan. Dengan demikian, artikel ini bisa menjadi referensi kalian bila ingin berlibur di Lombok bersama keluarga, terutama bagi kalian yang membawa anak-anak.

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar