Liburan Keluarga Sumatera

Ingat Film Laskar Pelangi? Ini Dia Lokasi Pembuatan Filmnya!

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung
image source : wisataku.id

Pulau Belitung, YOEXPLORE – Sahabat explorer, kalian para pecinta film Indonesia, pasti sangat tau dengan film berjudul Laskar Pelangi. Film yang sangat booming pada tahun 2008 ini, diangkat dari novel karya Andrea Hirata. Sedikit mengulas film ini, ceritanya, ini adalah film sebuah perjuangan anak-anak yang ingin tetap bersekolah di Muhammadiyah dengan segala keterbatasan yang ada. Ternyata, selain dari kisah filmnya yang sangat bagus, latar pengambilan film ini juga menjadi sorotan di Laskar Pelangi. Khususnya, bagi para masyarakat Indonesia, setelah film tersebut tayang, kunjungan ke Pulau Bangka Belitung meningkat. Tempat wisata Bangka Belitung ternyata mampu bersaing dengan pulau-pulau indah lainnya yang ada di Indonesia. Keindahan panorama pantai dan wisata bahari lainnya, tentu akan membuat para pengunjung rindu akan pulau yang satu ini.

Tempat Wisata Bangka Belitung Bagai Surga di  Bumi

Bagi kalian yang penasaran dengan pemandangan yang ada di Pulau Bangka Belitung ini, simak ulasan di bawah ini ya sahabat explorer. Dengan demikian, kalian setidaknya memiliki gambaran tentang bagaimana indahnya Pulau Belitung. Selain itu, pemandangan dalam kotanya juga bagus loh, tentunya akan membuat kalian sedikit melupakan tentang hiruk pikuk dan macetnya Ibu Kota. Penasaran? Yuk, langsung kita simak ulasan berikut ini!

Wisata Dalam Kota (City Sightseeing)

Setibanya kalian di Pulau Bangka Belitung, tidak ada salahnya untuk segera langsung pergi berkeliling menikmati pemandangan kota dari Bangka Belitung itu sendiri. Selain itu, kalian juga bisa menikmati kuliner khas Belitung seperti Mie Belitung, Rujak Tahu, Nasi Sum-Sum, Berego dan juga Nasi Gemok. Setelah kalian mengisi perut kalian, sebaiknya jangan langsung tidur di hotel ya sahabat explorer, baiknya kalian coba berkeliling lagi ke tempat yang lebih menarik. Tempat tersebut adalah Museum Kata Andrea Hirata, Sekolah Dasar Muhammadiyah yang juga dijadikan sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi, dan Rumah Keong.

Jangan lupa juga untuk persiapkan baterai smartphone dan kamera kalian terisi penuh ya, karena pasti kalian tidak akan mungkin untuk tidak mengabadikan momen yang luar biasa ini.
Di dalam Museum Kata Andrea Hirata, terdapat banyak sekali literatur.

Berbagai macam literatur seperti literatur musik, seni, film, anak-anak, dan lainnya. Di bagian temboknya tertulis banyak kata-kata mutiara yang sangat indah. Selain itu, di dalam Museum ini juga terdapat dokumentasi dari film Laskar Pelangi. Jadi, saat masuk ke dalam museum tersebut, kalian seakan diajak bernostalgia ke tahun dimana film tersebut tayang.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : museumkataandreahirata.com

Tuh, lihat saja sahabat explorer, dari depannya saja sudah terlihat menyenangkan ya museumnya.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : indonesiakaya.com

Nah, ini pemandangan di dalam museum tersebut sahabat explorer. Sangat indah dan “Nyeni” banget kan? Jangan sampai ga ke sini deh kalau lagi ke Pulau Bangka Belitung, karena ini merupakan sebuah museum yang sangat unik loh.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : museumkataandreahirata.com

Kalau di dalam ini, tentu terdapat dokumentasi dari Laskar Pelangi, yang memang merupakan sebuah kisah nyata yang dialami oleh Andrea Hirata pada masa kecilnya. Saat masuk ke dalam ruangan ini, kalian akan terasa sensasi yang sangat unik dan tentunya jadi ingin menonton ulang film Laskar Pelangi itu sendiri!

Mengunjungi Pantai dan Kuil

Setelah menghabiskan waktu di Museum dan tempat lainnya yang tadi disebutkan di atas, maka sudah waktunya untuk mengunjungi Kuil Kwan Im (Dewi Rahmat). Kuil ini merupakan kuil tertua dan terbesar yang ada di kota Belitung. Setiap harinya, kuil ini selalu ramai akan pengunjung. Baik yang akan beribadah, maupun untuk yang sekedar berwisata. Jika kalian sedang beruntung, kalian dapat melihat pemandangan monyet yang sedang turun untuk mencari makan di sekitaran kuil ini. Konon, kuil ini sudah berada lebih dari 260 tahun. Masyarakat Budha sana mempercayai bahwa Dewi Kwan Im bersembahyang di atas batu yang ada di Kon Im, salah satu tempat sembahyang terbesar yang ada di kuil ini.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : travelerian

Ada sekitar 86 anak tangga yang harus kalian naiki untuk mencapai ke dalam kuil ini. 86 buah anak tangga tersebut tidak akan terasa capek kalian naiki, karena pemandangan sekeliling kuil tersebut tentu sangat bagus dan asri.

Setelah kalian menikmati pemandangan di kuil, kalian bisa langsung pergi ke Pantai Serdang dan Pantai Burung Mandi untuk menikmati sore kalian sebelum beristirahat di tempat penginapan.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : pedomanwisata

Ini adalah pemandangan dan sambutan dari Pantai Serdang sahabat explorer.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : sumseldaily.com

Nah, kalau yang ini adalah pemandangan dari Pantai Burung Mandi di Bangka Belitung sahabat explorer. Dari penampakannya saja sudah indah banget dilihatnya. Dekat dengan garis pantai terdapat beberapa batuan besar yang kokoh dan tentunya akan sangat bagus untuk menjadi spot foto!

Baca Juga : Beberapa Film Ini Pasti Bikin Kalian Ingin Pergi Traveling!

Menikmati Island Hopping

Selanjutnya tempat wisata Bangka Belitung yang wajib kalian kunjungi adalah gugusan pulau-pulau yang tersedia di sana. Beberapa pulau tersebut adalah Pulau Lengkuas, Pulau pasir, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Kepayang. Tentunya, kalian dapat melihat pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa dengan snorkeling. Kalian dapat menikmati pemandangan terumbu karang, aneka ikan berwarna, kepiting dan bahkan udang. Bahkan, di Pulau Pasir kalian dapat melihat cukup banyak bintang laut. Cuma, kalian harus ingat ya sahabat explorer, jangan pernah keluarkan bintang laut tersebut dari dalam air, karena itu dapat membunuh mereka.

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : belitungholidaytour

Bagus banget kan sahabat explorer? Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini ya. Karena, pemandangan ini terbilang jarang juga loh di Indonesia. Dengan demikian, saat kalian sedang berlibur ke Pulau Belitung, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Pasir.

Setelah itu, kalian dapat juga menyantap makanan laut lokal yang ada di sekitaran pulau-pulau tersebut. Pasti seharian berenang dan snorkeling akan membuat perut kalian keroncongan, jadi makan makanan laut tentu akan menambah suasana seru liburan kalian.

Mengunjungi Danau Biru Kaolin

Belitung, YOEXPLORE - tempat wisata bangka belitung

image source : bangkatour

Tempat wisata Bangka Belitung yang selanjutnya kalian kunjungi adalah Danau Biru Kaolin. Konon, danau ini terbentuk karena bekas galian tambang yang telah lama ditinggalkan. Oleh karena itu, galian tersebut membentuk sebuah danau yang terpisah menjadi dua warna, yaitu biru dan hijau. Warna dari kedua danau tersebut akan sangat nampak apabila sedang terpapar sinar matahari yang terik. Namun, kalian tidak diperbolehkan untuk berenang atau melakukan kegiatan air di danau ini. Kenapa? Karena ini bekas penambangan, maka terdapat radiasi logam aktif hasil penambangan. Oleh karena itu, maka air tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan.

Tetapi, danau ini tetap memiliki daya tarik yang begitu tinggi. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk melihat pemandangan yang terbilang langka ini. Walaupun hanya sekedar untuk berfoto-foto, tapi pemandangan yang ditawarkan sangat bagus loh sahabat explorer. Untuk kalian yang sedang di Bangka Belitung, jangan lupa untuk mendatangi tempat ini ya!

Pulau Yang Wajib Kalian Kunjungi!

Sahabat explorer, itulah sebagian tempat wisata Bangka Belitung yang dapat kalian kunjungi. Destinasi wisata tersebut, sangat aman untuk dikunjungi bersama keluarga, teman-teman, ataupun untuk Solo Traveling. Pulau Bangka Belitung merupakan pulau yang wajib dikunjungi bagi kalian yang memiliki rencana untuk keliling Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya, have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar