Jawa Timur Liburan Keluarga

Liburan Bersama Keluarga Di Banyuwangi

Banyuwangi, YOEXPLORE - tempat wisata Banyuwangi
image source : infonawacita.com

Banyuwangi, YOEXPLORE – Sahabat explorer, mungkin banyak dari kalian yang sudah pergi traveling ke kota-kota besar yang ada di Indonesia. Seperti Bali, Yogyakarta, Aceh, hingga ke Papua, merupakan salah satu destinasi favorit para turis untuk pergi berlibur. Baik turis lokal maupun mancanegara, kota-kota besar di Indonesia memang sangat seru untuk dikunjungi bersama keluarga, teman-teman, ataupun solo traveling. Di Pulau Jawa, destinasi favorit kebanyakan orang-orang adalah Yogyakarta, namun kota lainnya juga tidak kalah menarik loh sahabat explorer. Salah satu kota yang menarik tersebut adalah Banyuwangi. Tempat wisata Banyuwangi juga tidak kalah seru dan menyenangkan dibandingkan tempat lainnya di wilayah Indonesia, terutama Pulau Jawa. Sepertinya, kota ini boleh juga untuk masuk dalam wish list traveling kalian. Dijamin tidak akan menyesal deh kalau kita pergi ke kota Banyuwangi ini.

Tempat Wisata Banyuwangi Yang Tak Kalah Memukau

Kota ini, juga dekat dengan pelabuhan yang dapat mengantar kita ke Pulau Bali hanya dengan 2 jam saja. Tidak heran, apabila musim liburan tiba, maka pelabuhan tersebut juga akan sangat sibuk dengan penyebrangan kapal laut Banyuwangi – Bali. Selain itu, kota ini juga terkenal karena dekat dengan salah satu destinasi wisata Kawah Gunung Ijen. Di kawah tersebut, kalian bisa menikmati pemandangan Api Biru Ijen atau Blue Fire Ijen yang merupakan salah satu dari dunia pemandangan alami api biru di kawah pegunungan.

Sahabat explorer, kira-kira selain pemandangan Api Biru Gunung Ijen, ada apa lagi ya di Banyuwangi? Yuk mari kita simak ulasan berikut ini, tempatnya asik-asik loh! Semoga, setelah membaca artikel ini, Banyuwangi bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang akan kalian kunjungi ya sahabat explorer!

1. Pendopo Sabha Swagata Blambangan

Banyuwangi, YOEXPLORE - Tempat wisata Banyuwangi

image source : banyuwangibagus

Tempat wisata Banyuwangi pertama yang harus kalian kunjungi adalah Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Tempat ini merupakan tempat tinggal Bupati, bangunan yang unik serta pemandangan asri dan hijau di sekeliling pendopo tersebut. Tempat ini, tentu akan membuat kalian mengeluarkan kamera dan mengabadikan momen indah di tempat ini. Di dalamnya, terdapat sebuah green house yang mirip bunker dan spot-spot cantik untuk berfoto ria. Pendopo ini dibuka umum untuk para wisatawan loh sahabat explorer, jadi kalian tinggal masuk melalui pagar depan dan ijin terhadap satpam yang menjaga Pendopo tersebut.

Di halaman depan kompleks Pendopo yang dibangun pada 1771 tersebut, terdapat sebuah Mushola yang bentuknya sangat tidak lazim. Keunikannya terdapat pada arsitektur bangunannya yang terdiri dari tumpukin kayu Ulin dan rangka baja. Dengan memiliki luas  8 x 9 meter, tanpa kubah, kaligrafi, bahkan pintu. Mushola ini dirancang oleh Andra Matin, salah satu arsitek ternama di Indonesia. Kalian juga bisa mengunjungi Guest House yang ada di belakang Mushola ini, yang unik dibentuk seperti bukit dan beberapa tonjolan corong dari setiap kamar di bawah tanahnya. Pokoknya, kalian sangat wajib untuk mengunjungi tempat ini deh!

2. Industri Batik Banyuwangi

Banyuwangi, YOEXPLORE - Tempat wisata Banyuwangi

image source : infobatik.id

Tempat wisata Banyuwangi yang selanjutnya adalah Industri Batik Banyuwangi. Memang Indonesia adalah satu-satunya negara penghasil batik terbaik di dunia, sehingga tidak heran apabila hampir di setiap wilayah di Nusantara ini, memiliki kerajinan batik khasnya masing-masing. Di sentra khusus batik ini, kalian dapat menikmati proses pembuatan batik khas Banyuwangi dan berbelanja juga pakaian batik yang dijual di sana. Banyuwangi, memiliki batik khas yang disebut dengan Batik Gajah Oling. Batik ini merupakan batik yang paling terkenal di Banyuwangi.

Keunikan Batik Gajah Oling terletak pada motifnya yang memadukan gambar seekor gajah dengan seekor sejenis ular laut atau belut. Motif tersebut memiliki arti bahwa pentingnya untuk selalu dekat dengan Tuhan, Sang Pencipta.

3. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Banyuwangi, YOEXPLORE - Tempat wisata Banyuwangi

image source : utiket.com

Tempat wisata Banyuwangi yang selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah. Seakan-akan paket lengkap, di Banyuwangi selain ada Gunung Ijen, terdapat juga sebuah pantai yang memiliki panorama yang indah dan tidak kalah unik dengan pantai lainnya. Oleh karena ombaknya yang bagus, maka tidak heran jika saat kalian ke sini, kalian akan banyak melihat para turis lokal atau mancanegara sedang melakukan kegiatan berselancar. Mungkin saja jika sahabat explorer ada yang bisa berselancar, maka tidak ada salahnya apabila kalian mencoba untuk berselancar di pantai ini juga loh.

Tidak jauh dari garis pantai, kalian dapat melihat bukit yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Di bukit ini, kalian dapat melihat pemandangan indah dari sisi sebelah timur perbukitan. Selain itu, kalian tentu juga dapat melihat pemandangan matahari terbenam dari sisi sebelah barat pantai. Sungguh akan menjadi pemandangan yang menakjubkan dan tidak terlupakan bagi kalian yang mengunjungi pantai ini! Dijamin tidak akan menyesal deh!

Baca Juga : Candi Borobudur, Bangunan Bersejarah Indonesia Yang Mendunia

4. Taman Nasional Baluran

Banyuwangi, YOEXPLORE - Tempat wisata Banyuwangi

image source : nekattrip.id

Tempat wisata Banyuwangi yang selanjutnya adalah Taman Nasional Baluran. Taman ini, bisa dibilang sebagai “Little Africa” di Jawa. Dapat julukan seperti dikarenakan pemandangan tanaman tersebut yang sangat mirip dengan alam bebas di afrika persis dengan pohon-pohon tropis dan binatang liar yang berkeliaran. Tentunya, hewannya bukan hewan yang buas ya sahabat explorer, binatang liar yang ada di taman ini adalah kerbau liar, rusa, ayam liar, dan beberapa spesies burung liar lainnya. Taman ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Savana Bekol yang merupakan miniatur Afrika tadi, dan juga pantai Bama.

Kalian tentu bisa menikmati pemandangan ini dan jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto dengan latar belakang yang luar biasa dari Taman Nasional Baluran. Seakan-akan sedang berada di Afrika, oleh karena itu taman ini mendapatkan julukan Miniatur Afrika Di Jawa Timur. Sahabat explorer, kalian dijamin gak akan nyesel deh!

5. Pantai Boom

Banyuwangi, YOEXPLORE - Tempat wisata Banyuwangi

image source : tempatrekreasi.id

Tempat wisata Banyuwangi yang selanjutnya adalah Pantai Boom. Di Pantai Boom ini, kalian dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Selain itu, yang menarik dari pantai ini adalah kalian dapat melihat pemandangan Gunung Ijen dari kejauhan bak sebuah lukisan yang sangat indah. Pemandangan tersebut terpapar dari utara hingga ke selatan, sehingga sejauh mata memandang, pemandangan yang kalian dapatkan adalah Gunung Ijen yang mempesona.

Pemandangan Kota Banyuwangi Yang Membuat Kalian Ingin Kembali Lagi

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata Banyuwangi yang dapat kalian kunjungi selagi di sana. Nikmati objek-objek wisata yang tersedia lainnya, serta habiskan waktu kalian untuk menikmati berenang dan berselancar di pantai. Selain itu, kalian juga berkesempatan untuk mengenali alam dan budaya di Banyuwangi lebih dalam lagi. Keramahan dari penduduk Banyuwangi, tentunya akan membuat kalian ingin kembali ke Banyuwangi. So, have a good day dan jangan lupa untuk berlibur ke Banyuwangi ya sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar