Jawa Tengah Liburan Keluarga

Melihat Potensi Wisata di Lasem, Rembang

tempat wisata di Lasem - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin masih banyak dari kalian yang asing mendengar daerah yang satu ini. Namanya adalah Lasem, yang merupakan sebuah kecamatan kecil yang berada di pesisir utara Jawa dan masih termasuk dalam Kabupaten Rembang. Lokasinya yang memang jauh dari kota besar, membuat daerah yang satu ini seakan terlupakan sahabat explorer. Namun, kalau berbicara mengenai potensi wisata, tempat yang satu ini punya banyak sekali. Tepatnya adalah wisata sejarah sahabat explorer, tempat yang satu ini juga menjadi saksi peradaban manusia semenjak jutaan tahun yang lalu. Tempat wisata di Lasem juga terbilang cukup banyak dan juga bervarian. Mulai dari Klenteng hingga ke masjid juga ada sahabat explorer! Perpaduan budaya yang ada disini menunjukkan betapa tingginya nilai toleransi antar umat di negara kita ini.

Tempat Wisata di Lasem

Dalam artikel kali ini YoExplore akan membahas 4 tempat wisata di Lasem yang wajib kalian kunjungi saat berada di Lasem, Rembang ini sahabat explorer. Wisatanya jelas kebanyakan wisata sejarah, jadi bagi kalian yang menyukai sejarah terutama peradaban manusia di Indonesia, kota yang satu ini wajib untuk dikunjungi loh. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer, kira-kira ada apa saja sih tempat wisatanya? Biar gak penasaran langsung cekidot ya!

Baca Juga : Mojokerto Gak Kalah Keren Dengan Wisata Jatim Yang Lainnya Kok!

1. Klenteng Cu An Kiong

tempat wisata di Lasem - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: phinemo

Tempat wisata di Lasem yang pertama adalah Klenteng Cu An Kiong. Tempat ini juga bisa dibilang sebagai Tiongkok kecil sahabat explorer, karena peninggalan dan pengaruh Tiongkok disini cukup besar.

Gerbang dengan ornamen naga menyambut para pengunjung ke dalam klenteng yang satu ini. Saat kalian masuk ke dalam, aroma Hio sangat terasa begitu menyengat seisi ruangan sahabat explorer. Ada beberapa patung dewa yang disimpan di altar, tepat di depannya terdapat sesaji persembahan yang berupa aneka buah-buahan sahabat explorer. Kalian dijamin akan takjub dengan isi dari klenteng ini sahabat explorer, berbeda dengan yang ada di Semarang. Klenteng yang satu ini juga berumur ratusan tahun dan termasuk sebagai klenteng yang bersejarah di Indonesia loh. Keunikan interiornya menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Selain itu, dindingnya yang diukir dengan lukisan tentang dewa dewi ini menjadi keunikan lainnya dari Klenteng Cu An Kiong ini. Pokoknya ini tempat wajib yang kalian kunjungi deh sahabat explorer.

2. Omah Lawang Ombo

tempat wisata di Lasem - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: kesengsemlasem

Tempat wisata di Lasem yang selanjutnya adalah Omah Lawang Ombo. ini merupakan rumah kuno yang ada di Lasem, mungkin bulu kuduk akan sedikit merinding sahabat explorer, wajar saja namanya juga rumah tua. Yang namanya rumah tua memang sudah pasti berhubungan dengan nilai-nilai mistis, terutama di Indonesia sahabat explorer. Rumah dengan adat Tiongkok ini merupakan sebuah rumah pada abad ke 18 yang merupakan salah satu bekas gudang candu pada masa itu. Opium/candu merupakan sebuah komoditi yang sangat berharga namun terlarang. Dengan demikian, perdagangannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi sahabat explorer. Namun, sekarang juga tidak bisa sembarangan orang masuk sini, harus dapat izin terlebih dahulu oleh pengelolanya sahabat explorer.

3. Masjid Jami’ Lasem

tempat wisata di Lasem - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: situsbudaya.id

Tempat wisata di Lasem yang selanjutnya adalah Masjid Jami’ Lasem. Bukan sekedar masjid biasa sahabat explorer, namun interior dari masjid ini penuh dengan kaligrafi dan ukiran kayu khas Pantura Timur Jawa. lokasinya berada di tengah-tengah kota sahabat explorer, dengan demikian tempat ini mudah untuk dijangkau. Orang-orang yang berkunjung ke sini tidak hanya sekedar melaksanakan sholat saja sahabat explorer, tapi mereka juga berziarah makam Waliullah yang berada di sekitar masjid. Diantaranya ada makam Mbah Sambu, yang merupakan salah seorang penyebar agama Islam pada zaman Kerajaan Majapahit. Ada juga makam Adipati Tejakusuma 1 dan juga makam simbah KH Ma’shum yang merupakan salah satu ulama besar Lasem yang masih dihormati hingga sekarang. Lasem juga memiliki sebutan sebagai kota santri, karena terdapat banyak pondok pesantren loh sahabat explorer. Kira-kira ada yang minat untuk mondok di daerah ini gak? Dijamin bakalan seru dan menyenangkan deh!

4. Kampung Batik Karangturi

tempat wisata di Lasem - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: antarafoto

Tempat wisata di Lasem yang berikutnya adalah kampung batik Karangturi. Sepertinya gak sah ke Lasem kalau gak belanja batik sahabat explorer. Ada beberapa tempat batik seperti tempat batik Bu Sutera yang masih menjaga motif dan teknik pembuatan batiknya yang turun temurun. Ada motif kricak, laseman, gunung ringgit, tiga negeri, dan motif klasik lainnya yang bisa kalian pilih. Harganya juga bervarian, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal semuanya ada sahabat explorer. Namun, harganya masih relatif terjangkau kok, gak akan bikin kantong kita bolong. Pokoknya ini wajib banget dikunjungi! Apalagi jika kalian memang berniat untuk membeli oleh-oleh kepada keluarga, maka batik Lasem ini merupakan salah satu hadiah yang paling menarik.

Menikmati Wisata Sejarah di Lasem

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata di Lasem yang bisa kalian kunjungi. Baik sendiri, bersama keluarga atau dengan teman-teman. Sing penting seru-seruan!

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar