Liburan Keluarga

Aneka Tempat Wisata Di Purwokerto Selain Small World

tempat wisata di purwokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: mytrip123

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Purwokerto yang terkenal dengan kulinernya yang dahsyat juga menyimpan beberapa tempat wisata yang memiliki pemandangan tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Small World yang menawarkan berbagai macam pemandangan keajaiban dunia yang dikemas secara unik dan kreatif. Di buka pada September 2016 dan langsung digandrungi oleh banyak pengunjung terutama anak muda sahabat explorer. Kenapa? Sudah jelas karena banyak spot bagus untuk menghiasi Instagram mereka. Di sana kalian dapat melihat berbagai macam aneka bunga yang bagus untuk menjadi latar belakang foto. Salah satu tempat wisata di Purwokerto ini memang layak untuk dikunjungi saat kalian berencana untuk mengunjungi kota yang satu ini sahabat explorer

Tempat Wisata Di Purwokerto

Kabupaten di Jawa Tengah ini memang menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, tidak sedikit juga sekolah-sekolah yang mengadakan study tour di kota ini sahabat explorer. Banyak hal dan tempat wisata di Purwokerto yang bisa dikunjungi dan untuk anak-anak banyak juga tempat study tour yang bisa dipelajari. Baiklah kalau begitu, karena tadi sudah sedikit membahas mengenai Small World, sekarang langsung saja kita bahas destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik di Purwokerto. Cekidot ya sahabat explorer!

Baca Juga: Cara Membuat Paspor Secara Online! Bebas Antrian!

1. Baturraden

tempat wisata di purwokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: investorid

Tempat wisata di Purwokerto yang pertama adalah Baturraden. Baturraden termasuk objek wisata favorit yang wajib kalian kunjungi sahabat explorer. Letaknya tepat di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Kalian bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Jika kalian ingin menggunakan kendaraan pribadi, berhati-hatilah saat melaju. Pasalnya, jalur pegunungan yang naik-turun ini cukup menguji kemampuan  kalian dalam berkendara. Sesampainya di sana, kalian bisa menikmati panorama pegunungan yang alami, lengkap dengan pepohonan yang rimbun. Kalian pun bisa merasakan kesejukan hawa pegunungan dengan cuaca yang sejuk sahabat explorer, pokoknya dijamin enak banget deh!

Objek wisata di Baturraden termasuk objek wisata yang cukup komplit sahabat explorer. Tempat wisata di Purwokerto ini memiliki beberapa wahana wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga, seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air, terapi ikan, hingga pemandian air panas. Di kawasan wisata ini juga ada kebun binatang mini yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Cocok banget nih bagi kalian yang ingin mengajak anak-anak liburan sekolah sahabat explorer!

2. Gunung Slamet

tempat wisata di purwokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tribun

Tempat wisata di Purwokerto yang selanjutnya adalah Gunung Slamet. Gunung Slamet tentu sudah tidak asing lagi bagi para pecinta alam. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung ini ditetapkan sebagai gunung tertinggi se-Jawa Tengah (dan kedua tertinggi di pulau Jawa setelah Gunung Semeru).

Untuk menaklukan gunung yang satu ini, terdapat tiga jalur yang dapat dilalui. Jalur selatan melalui Baturraden, jalur barat melalui Kaliwadas, dan jalur timur melalui Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut, jalur terakhir inilah (Bambangan) yang memiliki rute paling dekat sahabat explorer. Selain memiliki jarak yang lebih dekat, pemandangan pada jalur ini juga merupakan yang paling indah. Kalian bisa melihat kawanan kera yang “menemani” perjalanan kalian.

Saat sampai puncak tentu adalah pemandangan terbaiknya sahabat explorer. Kalian bisa melihat ‘Negeri di atas awan’ sejauh mata memandang yang tentunya sangat spektakuler. 

3. Curug Gomblang

tempat wisata di purwokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: backpackerjakarta

Tempat wisata di Purwokerto yang selanjutnya adalah Curug Gomblang. Tempat ini merupakan salah satu curug atau air terjun yang sedang hits di Purwokerto sahabat explorer. Apalagi kalau bukan karena tempatnya yang sangat Instagramable!

Terdapat beberapa spot foto yang telah disediakan oleh para pengelola. Melalui spot foto tersebut, pengunjung dapat mengambil gambar dengan latar belakang Curug Gomblang.

Tempat wisata ini berada dalam jarak 17 km dari Kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar 42 menit saja sahabat explorer. Kalian bisa memasuki kawasan tempat wisata di Purwokerto ini dengan dana yang cukup hemat, yaitu hanya Rp5.000 saja.

4. Bukit Tranggulasih

tempat wisata di purwokerto - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: merdeka

Tempat wisata di Purwokerto yang selanjutnya adalah Bukit Tranggulasih. Sejak tahun 2015 yang lalu, tempat ini menjadi kian populer hingga sekarang sahabat explorer. Menurut beberapa pengakuan, Bukit Tranggulasih ini menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam).

Di Bukit Tranggulasih terdapat lima sisi dengan pemandangan yang berbeda-beda. Di bagian utara, terlihat lereng Pegunungan Slamet yang sangat indah. Di bagian timur, kalian bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan sangat leluasa dan tentunya sangat indah. Di timur laut, terdapat Bukit Cendana yang menjadi lokasi perkemahan yang cukup terkenal di kawasan tersebut. Di bagian barat, kalian bisa melihat matahari terbenam yang begitu cantik. Terakhir, di bagian selatan,  kalian bisa melihat pemandangan laut yang terbentang indah, lengkap dengan lanskap Kota Purwokerto yang dapat kalian lihat dari atas bukit.

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata di Purwokerto yang bisa YoExplore sampaikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar