Liburan Keluarga

Camping Seru Bersama Keluarga

tempat wisata untuk keluarga - YOEXPLORE.co.id
image source ; cireboner

YOEXPLORE.co.id – Halo sahabat explorer, kalau lagi ada waktu liburan, kayaknya seru deh sesekali kita berlibur bersama keluarga. Ga harus sama temen atau sendiri mulu loh. Kita harus coba merasakan serunya wisata bersama keluarga. Namun, tidak semua keluarga mau untuk pergi ke lokasi liburan yang bisa dibilang “ekstrim”. Kebanyakan dari mereka itu cuma ingin mengisi waktu luang saja bersama anak-anak dan pasangannya. Dengan demikian, pilihan lokasi liburannya juga yang memang menyediakan fasilitas yang nyaman. Serta kegiatan yang dilakukan pun tidak berbahaya untuk mereka terutama anak-anak. Kalo dibayangin sih seru juga ya sahabat explorer. Apalagi buat kalian yang sudah punya anak kecil atau keponakan. Pasti lucu banget melihat mereka kesenengan pergi jalan-jalan. Di Indonesia, ada beberapa tempat wisata untuk keluarga yang sangat seru, aman, nyaman, dan menyenangkan.

Tempat Wisata Untuk Keluarga Yang Aman Untuk Anak-Anak

Camping di alam bebas menjadi salah satu alternatif pilihan tempat wisata untuk keluarga yang paling cocok. Berbagai macam lokasi Camping yang unik dan menarik tersedia banyak loh di Indonesia. Selain kegiatannya yang seru, suasana keakraban juga akan terasa sangat kental di dalam keluarga kita. Buat mereka yang belum pernah merasakan suasana camping juga akan menjadi pengalaman baru tersendiri nih sahabat explorer. Terutama anak-anak kecil yang pastinya akan sangat antusias bila diceritakan mengenai kegiatan camping tersebut. Camping seru bareng keluarga ini juga dapat menambah kepedulian kita dan anak-anak kita terhadap pelestarian alam, dan seisinya. Kira-kira di mana aja ya lokasi Camping seru bareng keluarga? Nih, kita kasih beberapa pilihan yang seru-seru. Mari disimak!

1. Dikubu Strawberry Farm, Bedugul, Bali

tempat wisata untuk keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : tripadvisor

Dari namanya saja, tempat wisata untuk keluarga yang satu ini sudah terdengar unik dan seru banget nih sahabat explorer. Dikubu Strawberry Farm ini berada di lokasi Candi Kuning, Bedugul, Baturiti, Tabanan, Bali. Camping Ground ini masih juga satu area dengan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu. Dikubu Strawberry Farm ini merupakan salah satu tempat outbond yang tentunya juga menyediakan camping ground nih sahabat explorer. Serunya lagi, tempat ini juga termasuk kawasan agrowisata petik strawberry loh.

Selain itu, kita dapat mencoba rasa strawberry yang asli baru dipetik dari pohon. Buah tersebut ditanam dengan pupuk organik tanpa menggunakan pestisida. Dengan demikian,  strawberry ini sangat bagus dan sehat untuk dikonsumsi oleh kita dan terutama anak-anak. Belum lagi kita mendapatkan nilai edukasi  yang lainnya. Salah satunya adalah kita dapat belajar menanam strawberry dan bagaimana cara perawatannya hingga tumbuh sehat dan siap dipanen. Selain petik strawberry, Dikubu juga menyediakan berbagai macam fasilitas seperti memancing ikan, dan outbond team building. Kedengarannya sangat menarik ya sahabat explorer. Boleh banget nih dijadikan rekomendasi tempat untuk camping seru bareng keluarga. 😀

2. Dusun Kreatif, Medan

tempat wisata untuk keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : dimedan.co

Tempat wisata untuk keluarga yang berikutnya adalah Dusun Kreatif, Medan. Dari namanya saja sudah ketebak ya sahabat explorer, pasti isinya seru-seru banget deh. Lokasinya berada di Jalan Leman Harahap Gang Viola Desa III B, Kecamatan Marendal I, Kabupaten Deli Serdang, Medan. Di Dusun Kreatif ini, kita seakan kembali ke era 80-90 an. Mereka menyediakan berbagai macam jenis permainan tradisional. Seperti congkak, engrang, gerobak sodor, dan lain-lainnya. Bisa jadi malah kita nih yang main ya sahabat explorer. Selain menyediakan camping ground, Dusun Kreatif juga menyediakan fasilitas outbond seperti flying fox, dan lain-lain.

Memiliki luas hingga 3 hektar, membuat Dusun Kreatif ini akan sangat menarik untuk dieksplorasi nih sahabat explorer. Suasana yang sangat sejuk dan jauh dari perkotaan ini menambahkan sensasi kita untuk lebih menyatu dengan alam. Di sini, anak-anak zaman now bisa merasakan pengalaman bermain yang sesungguhnya. Daripada waktunya mereka habiskan dengan bermain gadget. Di Dusun Kreatif, para pengelola juga dengan sigap akan menyapa dan memberikan informasi yang kita butuhkan selama di sana. Tidak hanya keluarga saja loh sahabat explorer, acara sekolah dan orang kantoran pun sering mengadakan kegiatan di sini. Tujuannya adalah untuk sekedar refreshing dan menambah kepedulian kita terhadap alam dan lingkungan sekitar. Wuiiiiih, gimana sahabat explorer? kayaknya seru nih ya. Apalagi bisa kangen-kangenan dengan permainan masa kecil. 😀

3. Legok Kondang Lodge, Ciwidey, Bandung

tempat wisata untuk keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : blog.davestpay.com

Tempat wisata untuk keluarga sahabat yang selanjutnya adalah Legok Kondang Lodge. Tempat ini berlokasi di Jalan Kurunangan, Lebak Muncang, Ciwidey, Bandung. Kalau sahabat explorer pernah denger dengan apa yang disebut glamping, maka ini adalah tempat yang sesuai dengan kata-kata tersebut. Berbeda sedikit memang dengan camping, karena glamping memiliki nuansa yang sedikit lebih mewah. Namun, secara prinsip tetap sama, yaitu berkemah di alam bebas. Legok Kondang Lodge ini sangat cocok untuk kalian sekeluarga yang ingin merasakan sensasi berkemah yang mewah. Lalu, fasilitas yang lengkap seperti di hotel akan kalian dapatkan. Kita udah gak perlu lagi bawa persiapan seperti tenda, kayu bakar, dan lainnya karena sudah disediakan dengan lengkap di sini. Tenda yang disediakan juga berbagai macam jenisnya, mulai dari yang standar hingga ke yang paling mewah.

Karena berlokasi di lembah dataran tinggi, gak heran nih kalo siang hari di sini akan terasa sangat sejuk dan akan sangat dingin di saat malam hari. Kisaran suhu pada malam hari bisa diperkirakan diantara 15 hingga 20 derajat celcius loh sahabat explorer. Jangan sampe lupa bawa jaket ya :D. Fasilitas lain yang disediakan juga bermacam-macam nih, seperti outbond team building, petik strawberry, tur Kawah Putih, paintball, rafting, pancing ikan, trekking, dan lain-lain. Kereeeen, pasti seru banget nih sahabat explorer. Langsung diajak deh sekeluarga besar, dijamin gak bakalan nyesel kalau datang ke sini. 😀

4. Kampung Jawa Kembang, Yogyakarta

 

tempat wisata untuk keluarga - YOEXPLORE.co.id

image source : factsofindonesia

Yogyakarta, memang adalah kota yang selalu ngangenin ya sahabat explorer. Walaupun mungkin kita sudah sering ke kota ini, tapi entah kenapa rasanya tuh ingin balik terus. Sampai-sampai ada penyanyi kita yang bikin lagu tentang Yogyakarta loh. Selain keindahan kota dan bangunan-bangunan yang sangat kental dengan Jawa-nya, Yogya juga memiliki tempat camping ground yang ga kalah seru. Namanya adalah Kampung Jawa Kembang. Tempat ini berlokasi di Kampung Kembang Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Camp ini dilengkapi dengan fasilitas seperti tenda kemah, restoran, dan area outbond. Lalu, ada juga gazebo/gubuk untuk duduk santai sambil menikmati berbagai macam jenis kuliner.

Selain itu Kampung Jawa Kembang juga dilengkapi dengan fasilitas outbond team building, hingga adventure. Suasana pedesaan yang asri dapat kita rasakan di sini. Tentunya, ini akan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk rekreasi keluarga sahabat explorer.  Selain itu kita juga dapat berwisata ke kebun salak. Kemudian, yang gak kalah seru adalah kita bisa menikmati yang namanya River Tracking Adventure atau jelajah sungai. Wah, dijamin bakal nagih banget deh buat kalian yang suka eksplorasi alam bebas. Jadi, tunggu apa lagi nih sahabat explorer? Buruan langsung ke Yogyakarta! :D.

Pengalaman Seru Camping Bersama Keluarga!

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata untuk keluarga dari kami untuk kalian yang ingin pergi camping seru bareng keluarga. Manfaatnya uda pasti banyak banget ya sahabat explorer, baik untuk diri kita sendiri ataupun keluarga. Jadi, jika ada kesempatan untuk berlibur bareng keluarga, ga usah pikir panjang lagi, langsung aja book destinasi favorit kalian! Seperti biasa, kalau ada yang punya rekomendasi tempat camping seru bareng keluarga lainnya boleh share di kolom komen kita ya. 😀

Baca Juga : Glamping Di Baliwoso

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar