Bali Liburan Keluarga

Liburan Hemat ke Bali? Bisa Kok! Simak Tipsnya!

tips liburan hemat ke bali - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : usatoday

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berlibur ke Bali memang selalu diinginkan oleh setiap orang terutama di Indonesia. Pulau Dewata yang kaya akan keindahan alam, seni dan beragam budaya unik lainnya. Siapapun yang pernah mengunjungi pulau yang satu ini, pasti ketagihan untuk kembali lagi. Bali memang sudah menjadi tempat yang dipenuhi oleh turis mancanegara, dari berbagai belahan di dunia. Mulai dari Asia, Amerika, Australia, Eropa hingga Afrika juga bisa kalian temukan di Bali. Oleh karena itu banyak orang yang bilang, liburan ke Bali itu mahal, karena memang tempat itu lebih banyak turisnya daripada wisatawan lokal. Tapi kalian tenang saja sahabat explorer, ada kok tips liburan hemat ke Bali yang bisa kalian terapkan.

Tips Liburan Hemat ke Bali

Tentunya, tips ini bisa kalian lakukan untuk liburan bersama keluarga, teman, atau solo traveling. Tidak semuanya di Bali itu mahal kok sahabat explorer, asal kalian tau bagaimana caranya. Berikut ini, YoExplore akan memberikan kalian tips liburan hemat ke Bali agar liburan tetap menyenangkan, dan kantong tidak jebol. Kira-kira ada apa saja ya tipsnya? Tentunya, tips ini memang kalian harus sedikit effort sahabat explorer. Intinya, kalian harus pintar-pintar mencari, karena beberapa daerah di Bali juga masih menyediakan kuliner dan juga penginapan yang harganya murah banget loh. Baiklah kalau begitu, langsung kita simak saja yuk tipsnya ada apa saja. Cekidot!

Baca Juga : Siapa Bilang Traveling Bikin Tekor? Perhatikan Tips Hemat Berikut Ini!

1. Memilih Jadwal Penerbangan Pagi

Tips liburan hemat ke Bali yang pertama adalah memilih jadwal penerbangan pada pagi hari sahabat explorer. Biasanya, ini lebih murah daripada pada waktu siang atau malam hari di atas jam 6 sore hingga jam 9 malam. Tentunya, jam-jam segitu bandara lagi sibuk-sibuknya, oleh karena itu harganya pasti akan dipatok lebih tinggi daripada pagi.

Biasanya harga akan berbeda sekitar 20-35% dengan jam-jam sibuk tersebut. Tentunya ini sangat menguntungkan sekali loh sahabat explorer.

Manfaat lainnya adalah, kalian bisa lebih awal sampai di destinasi tujuan, jadi waktunya tidak terbuang sia-sia kan sahabat explorer, selagi menunggu jadwal Check-in kalian bisa berkeliling sebentar di lokasi destinasi wisata tersebut. Lumayan kan, liburan langsung dilakukan tanpa menunggu hal lainnya!

2. Menginap di Hostel atau Hotel Bintang 2

Tips liburan hemat ke Bali yang selanjutnya adalah menginap di hostel atau Hotel bintang 2 saja sahabat explorer. Kalian bisa mencarinya di aplikasi online yang tersedia atau bisa tanya-tanya dengan masyarakat lokal. Selain itu kalian juga bisa menginap di Guest House loh sahabat explorer, selain bisa membantu perekonomian mereka, kalian juga bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat lokal Bali tersebut. Keuntungannya banyak! Kalian bisa bertanya mengenai sejarah suatu tempat, atau destinasi wisata yang ingin kalian tuju, dan juga kalian bisa bertanya mengenai adat istiadat yang mungkin ingin kalian ketahui.

Selain harganya yang murah, fasilitasnya juga bukan berarti murahan loh sahabat explorer, intinya sangat nyaman untuk beristirahat. Walaupun memang tidak se-fancy hotel berbintang 4 atau 5, namun ini bisa dibilang cukup nyaman kok.

3. Sewa Motor

Tips liburan hemat ke Bali yang selanjutnya adalah menyewa motor. Dibanding sewa mobil atau berkendara dengan transportasi online, maka lebih baik kalian menyewa motor harian saja sahabat explorer. Syarat-syaratnya tidak rumit kok, jaminan yang diberikan juga tidak yang aneh-aneh. Harganya juga terbilang murah, masih banyak penyewaan motor di Bali yang harganya dibawah 100 ribu rupiah perhari.

Kalian bisa menggunakan GPS untuk pergi ke tempat tujuan, atau bertanya kepada masyarakat lokal. Memang di Bali juga lebih enak dengan motor sahabat explorer, karena masih banyak jalan kecil yang memang hanya bisa dilalui oleh motor. Selain itu, karena banyak tempat wisata yang ramai, maka kemacetan juga sering terjadi. Dengan menggunakan motor, maka setidaknya kalian bisa dengan mudah menghindari jalanan macet tersebut. Silahkan langsung dicoba saja kalau tidak percaya!

4. Kuliner Lokal

Tips liburan hemat ke Bali yang selanjutnya adalah memilih kuliner khas atau kuliner lokal. Banyak restaurant atau cafe yang bagus di Bali, tentunya diiringi dengan harga yang mahal juga sahabat explorer. Oleh karena itu, kalian harus mencari kuliner lokal yang memang harganya masih terjangkau. Untuk urusan kuliner dan jajanan, Bali itu memiliki banyak tempat. Mulai dari ayam betutu asli, hingga Jaje Bali semuanya lengkap.

Hindari daerah-daerah turis seperti Seminyak atau Ubud, karena sudah bisa dipastikan makanan disana mahal semua sahabat explorer. Coba eksplorasi daerah lain, selain menemukan kuliner yang murah, kalian juga dapat melihat objek wisata baru yang mungkin belum pernah dikunjungi oleh para turis.

Tips Hemat ala YoExplore

Sahabat explorer, itulah beberapa tips liburan hemat ke Bali yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar