Liburan Keluarga Yogyakarta

Candi Borobudur, Bangunan Bersejarah Indonesia Yang Mendunia

wisata candi borobudur - Panduan Liburan YoExplore
image source : nativeindonesia.com

Candi Borobudur, Panduan Liburan YoExplore – Sahabat explorer, Indonesia memang merupakan sebuah negara yang memiliki pengaruh Hindu & Buddha yang cukup besar. Berbagai macam jejak peninggalan Hindu & Buddha di Indonesia tersebar secara luas, terutama di daratan Jawa dan Bali. Salah satu peninggalan yang paling menonjol adalah bangunan Candi. Setiap Candi memiliki cerita dan sejarahnya sendiri. Seperti yang ada di Prambanan misalnya, Candi tersebut adalah Candi Hindu yang berada di Yogyakarta. Kemudian, Candi Borobudur yang berada tidak jauh dari Yogyakarta yaitu Magelang, lebih dikenal dengan Candi Buddha. Tidak heran, apabila saat sedang Hari Raya Waisak, Candi Borobudur ini akan ramai pengunjung dan pastinya akan diadakan acara keagamaan yang sangat megah. Oleh karena itu, wisata Candi Borobudur ini merupakan destinasi wajib bagi orang-orang yang sedang traveling ke Yogyakarta atau Magelang.

Wisata Candi Borobudur Merupakan Destinasi Terbaik Untuk Keluarga

Memang Candi Borobudur ini sudah banyak diketahui oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Bangunan yang unik secara arsitektur dan bernilai tinggi karena sejarah ini, patut untuk kalian kunjungi loh sahabat explorer. Bagi kalian yang belum pernah, kalian harus simak artikel ini dengan baik, karena kami akan mengajak kalian untuk sedikit ‘berwisata’ di kawasan Wisata Candi Borobudur.

Pada hari pertama, lebih baik kalian datang lebih pagi ke tempat ini sebelum ke kawasan Candi Borobudur, karena kalian dapat melihat pemandangan sunrise yang sangat indah. Tempat itu bernama Punthuk (bukit) Setumbu. Di Bukit ini, kalian akan mendapatkan spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto. Bukit ini berada pada ketinggian 400m di atas laut, dan sekitar 4 km ke arah barat Candi Borobudur. Bukit ini menjadi salah satu tempat yang terkenal untuk melihat matahari terbit, dan juga dengan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sebagai latarnya. Selain itu, kalian juga dapat melihat pemandangan Candi Borobudur yang diliputi kabut. Dengan demikian, kalian pasti serasa berada di dalam surga. Jadi, tidak heran jika Punthuk Setumbu ini memiliki julukan lain, yaitu “Borobudur Nirvana Sunrise”. Penasaran gak sahabat explorer? Sebelum Wisata Candi Borobudur, jangan lupa ke sini!

Merupakan Candi Terbesar Versi UNESCO

Setelah itu, barulah kalian pergi mengunjungi Candi Budha yang paling agung dan besar menurut UNESCO. Candi Borobudur ini, dibangun pada abad 8 dan 9 masehi. Candi ini didesain dengan perpaduan gaya India dan lokal. Ukiran batu adalah hiasan utama yang merepresentasikan gambar dari kehidupan Sang Budha itu sendiri. Candi Borobudur ini memiliki ukuran 123×123 meter persegi, 2.672 relief, dan 504 patung Buddha. Uniknya, Candi tersebut murni dibuat dengan ukiran batu tanpa menggunakan semen atau plester! Luar biasa kan sahabat explorer?

Selain Candi Borobudur, kalian juga bisa menikmati desa-desa wisata Candi Borobudur. Dengan mengendarai Andong, kalian bisa berkeliling untuk mengunjungi desa tersebut. Kalian bisa melihat dan bahkan ikut untuk membuat kerajinan tangan yang sangat indah oleh penduduk desa di sekitaran Candi Borobudur tersebut. Selain kerajinan tangan, kalian juga bisa melihat proses pembuatan Gula Jawa. Pokoknya, pemandangan dan pengalaman kalian di sana akan terasa sangat berbeda dengan wisata-wisata tempat lainnya deh!

Candi Lain Di Sekitaran Candi Borobudur : Candi Mendut, dan Candi Pawon

Masih sekitaran Wisata Candi Borobudur, di sini, kalian juga bisa menemukan dua Candi lainnya loh. Yaitu, Candi Mendut dan Candi Pawon. Candi Mendut, berada di sekitar 3 km sebelah timur Candi Borobudur. Meskipun tidak terlihat signifikan dengan Candi Borobudur, namun Candi ini menyimpan patung-patung paling menonjol dengan latar asli. Sosok Budha setinggi 3m diapit oleh Bodhisattva : Lokesvara di sebelah kiri dan Vairapana di sebelah kanan.

Candi Pawon

Sedangkan Candi Pawon, berada diantara kedua Candi lainnya, yaitu Borobudur dan Mendut. Dari Borobudur sekitar 1,75 km (arah timur laut), dan dari Mendut sekitar 1,15 km (arah barat daya). Candi ini terhubung dengan kedua candi tersebut, dan dibangun juga pada dinasti yang sama, yaitu Dinasti Sailendra.

Itulah beberapa destinasi yang bisa kita tuju saat sedang pergi Wisata Candi Borobudur. Rasanya, kalau pergi Yogyakarta atau Magelang, tidak afdol kalau tidak mengunjungi Candi bersejarah ini sahabat explorer. Kalau kalian tertarik, kalian bisa langsung booking trip di sini. Nikmati salah satu peninggalan sejarah terbaik yang dimiliki oleh Indonesia! Have a good day, explorer!

Baca Juga : Yogyakarta Yang Selalu Bikin Kangen!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar