Liburan Keluarga Turki

Cahaya Dari Konstantinopel

wisata di Istanbul - Panduan Liburan di Istanbul
image source : BBC

Panduan Liburan di Istanbul – Sebuah kota yang penuh dengan sejarah, cerita mengenai peperangan dari masa ke masa, hingga sering berganti nama. Peralihan zaman dan pergantian kepemimpinan menjadi salah satu faktor kota ini sering berganti nama. Pada masa kepemimpinan Yunani dan Persia, kota ini bernama Byzantium. Seiring berjalannya waktu dan sempat diambil alih oleh bangsa Romawi, maka kota tersebut berubah namanya menjadi Konstantinopel. Sebuah nama yang memiliki sejarah kepemimpinan Romawi yang sangat panjang, sebelum pada akhirnya ditaklukkan oleh dinasti Turki Usmani yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Mehmet II atau yang biasa disebut Al-Fatih. Pada akhirnya, Konstantinopel berubah lagi namanya menjadi Istanbul seperti yang kita ketahui sekarang. Kota yang disebut sebagai kota seribu masjid ini memang memiliki nilai arsitektur dan budaya Islam yang  kental. Walaupun bukan berada di wilayah Timur Tengah melainkan di Eropa, kita akan merasakan suasana bak di negeri-negeri Arab. Wisata di Istanbul bisa menjadi sebuah rencana liburan panjang yang sangat menarik.

Tidak Akan Menyesal Jika Pergi Wisata Di Istanbul , Turki.

Belajar sejarah sambil jalan-jalan mungkin adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan wisata di Istanbul ini. Banyak situs peninggalan sejarah yang bisa kita kunjungi, bahkan tidak cukup hanya dalam sehari loh, sahabat explorer. Selain itu, tata kota yang terlihat sangat indah ini menambah keinginan kita untuk berlama-lama berkeliling kota tersebut. Negeri asal makanan “Kebab” ini juga akan menyajikan kuliner-kuliner khas Turki yang sangat berbeda dari negara-negara Eropa lainnya.

Kira-kira ada apa aja sih objek wisata menarik di Istanbul? yuk mari kita simak langsung sahabat explorer.

1. Blue Mosque

wisata di Istanbul - Panduan Liburan di Istanbul

image source : islamicity.com

Blue Mosque atau Masjid Biru merupakan permata dan simbol dari kota Istanbul itu sendiri. Seperti Jakarta yang memiliki Monas, rasanya tidak afdol apa bila kita tidak mampir ke Blue Mosque di Istanbul ini. Masjid yang berada di kawasan Sultanahmet ini memiliki bentuk arsitektur yang luar biasa indah dan nilai sejarah yang begitu tinggi. Dilengkapi dengan 6 menara yang menjulang tinggi, kita juga bisa melihat puluhan kubah yang menghiasi atap dari masjid ini. Masjid ini dibangun oleh Sultan Ahmet I, dan selesai di tahun 1617M. Gaya desain tradisional Ottoman ini begitu kental. Di dinding bagian dalamnya dilengkapi dengan kurang lebih 20.000 kepingan keramik biru, lalu dengan 260 jendela dengan kaca-kaca yang unik semakin memperindah bangunan dari masjid ini. Selain kemegahan dan keindahan dari interior masjid ini, Blue Mosque juga memiliki halaman yang sangat luas loh sahabat explorer. Jadi kita bisa menikmati pemandangan masjid ini, baik di dalam maupun di luar.

2. Hippodrome

wisata di Istanbul - Panduan Liburan di Istanbul

image source : istanbulturkeyguide

Wisata di Istanbul berikutnya akan berlabuh ke sebuah taman kota yang bernama Hippodrome. Sejarah dari Hippodrome ini adalah tempat untuk latihan pacuan kuda, dan sebagai pusat tempat olahraga pada zaman Byzantium. Bangunan ini dibangun pada tahun 203 SM oleh seorang kaisar Romawi yang bernama Septimus Severus. Lalu, saat akhirnya Byzantium menjadi ibu kota, kawasan ini dipercantik lagi oleh kekaisaran Constantine Agung. Hippodrome ini memiliki tinggi 116 meter, dan panjang sekitar 480 meter. Kerennya, Hippodrome ini mampu menampung hingga kapasitas 100.000 orang loh sahabat explorer! Namun, isi bangunan di Hippodrome ini sudah tidak selengkap seperti dahulu. Sekarang hanya menyisakan Obelisk ala Mesir, Tiang Serpent, dan juga Obelisk Constantine. Tetapi, tempat ini tetap wajib dikunjungi nih, karena lokasinya juga berdekatan dengan Blue Mosque tadi.

3. Istana Dolmabahce

wisata di Istanbul - Panduan Liburan di Istanbul

image source : wikipedia.org

Berikutnya adalah Istana Dolmabahce atau Dolmabahce Palace. Berlokasi di distrik Besiktas, Istanbul. Dulu, istana ini sempat menjadi pusat utama administrasi dari kekaisaran Ottoman pada tahun 1856M-1922M. Walaupun sempat berganti selama 22 tahun di Istana Yildiz dikisaran tahun 1887M hingga 1909M, istana ini juga sempat dijadikan rumah pribadi dan pusat pemerintahan di zaman Kemal Attaturk pada tahun 1923M sampai 1938M. Sekarang sudah menjadi museum saja nih sahabat explorer. Namun, katanya masih suka dijadikan tempat konferensi walaupun hanya sesekali saja. Pengunjung bisa datang dan masuk ke dalam istana ini untuk melihat desain interior khas Turki yang sangat fenomenal.

Jangan lupa untuk melihat lampu gantung yang ada di dalamnya ya sahabat explorer.  Katanya, koleksi itu merupakan lampu gantung Bohemian terbesar di dunia loh. Wajib banget buat difoto nih pasti. Oia, jangan ketinggalan juga untuk pergi ke gerbang yang menghadap Selat Bosphorus. Spotnya itu bagus banget untuk foto-foto. Karena pemandangannya langsung lepas ke selat tersebut. Pokonya wisata di Isntanbul yang ini luar biasa deh sahabat explorer!

4. Grand Bazaar

wisata di Istanbul - Panduan Liburan di Istanbul

image source : cheriaholiday

Berikutnya adalah tempat yang pastinya akan selalu ramai oleh pengunjung. Mau di Turki atau Indonesia sekalipun, yang namanya tempat kaya gini tuh pasti ga akan sepi pengunjung. Dan inilah Grand Bazaar Istanbul, Turki. Konon, ini merupakan pasar tertua dan terbesar yang ada di dunia loh sahabat explorer. Lebih dari 3.000 toko, dan pasar ini mampu menampung 250.000 hingga 400.000 orang setiap harinya! Gila! Gede banget ya pastinya. Kalo sampe tersasar di sini sih kayanya repot juga nih sahabat explorer :D. Pasar ini dibangun oleh Sultan Mehmet II atau yang dikenal dengan nama lain Muhammad Al-Fatih setelah berhasil menaklukan Konstantinopel. Bangunan ini terdiri dari 61 lorong dan lebih dari 30.000 pekerja di dalamnya. Luar biasa banget nih, apa pun barang yang kalian cari pasti ada di sana. Dilansir dari Wikipedia.org, lokasi ini merupakan lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi manusia di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung tahunan sekitar 91.250.000.

Gimana sahabat explorer? apa kalian tertarik untuk wisata di Istanbul? Pastinya sih ya, soalnya uda jaminan tempatnya keren dan unik banget. Kita serasa seperti flashback sejarah terhadap salah satu kota yang paling berpengaruh di dunia ini. Jadi tunggu apa lagi sahabat explorer, booking trip mu sekarang juga!

Baca Juga : Cerita Fiksi “Malaikat Penolong Liburan Di Turki”

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar