Liburan Keluarga

Bersenang-Senang di Laos Bersama Keluarga

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos
image source : tourismlaos.org

Panduan Liburan, YOEXPLORE – Berbicara mengenai traveling, memang tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada saja muncul destinasi-destinasi baru atau baru mengetahui jika ada tempat yang sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi baru disadari keindahannya sekarang-sekarang ini. Di wilayah Asia, sangat terkenal dan kental dengan budaya timurnya yang sangat berbeda tentunya dengan benua-benua lainnya. Dengan demikian, selalu ada saja kebudayaan yang menarik dan tentunya berhubungan dengan destinasi pariwisata yang sangat menawan. Keindahan alam dengan pegunungan, pantai, dan perbukitan lainnya juga menjadi salah satu daya tarik dari wilayah di Asia. Selain itu, nilai sejarah yang tinggi juga menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri dan melihat langsung peninggalannya. Wisata di Laos, juga tidak kalah menarik dengan wisata di wilayah Asia lainnya seperti Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Setiap negara, memiliki keunikannya masing-masing yang menjadi daya tarik para turis.

Wisata di Laos Yang Sangat Seru dan Menarik

Negara yang dulu merupakan negara jajahan Perancis ini, memiliki masyarakat yang mayoritas beragama Budha. Selain itu, mayoritas masyarakat Laos itu sendiri bekerja di sektor agrikultur. Ibu kota dari Laos itu sendiri adalah Vientiane yang dikelilingi dengan hutan, gunung, bukit, dan sungai. Laos, merupakan negara yang kaya akan beragam etnis yang tinggal. Ada sekitar 400 lebih  kelompok etnis. Waw, angka yang tentunya sangat menakjubkan ya sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja sih yang menarik di Laos? Penasaran gak? Langsung simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Nikmati Keindahan Kota Saigon, Vietnam

1. Mengunjungi Provinsi Luang Prabang

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : enchantingtravels.com

Wisata di Laos yang pertama adalah mengunjungi Provinsi Luang Prabang. Provinsi Luang Rabang ini berada di bagian utara dari negara Laos. Pada tahun 1995, UNESCO menobatkan provinsi Luang Prabang ini sebagai Kota Warisan Dunia. Provinsi ini menjadi pilihan nomor satu turis karena keindahan panorama, alam yang natural, dan terdapat banyak candi-candi kuno.

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : laoustours

Di Luang Prabang, tentu kalian harus mengunjungi Mount Phousi, kalian bisa menikmati pemandangan matahari terbenam sampai malam. Kalian bisa juga menikmati kopi khas Laos sebelum mendaki gunung ini. Sahabat explorer pasti akan takjub dengan pemandangan dari atas sana. Jangan lupa untuk mengisi penuh baterai ponsel kalian ya, pastinya kalian harus mengabadikan momen indah ini.

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : laostourism.co

Keesokan harinya, kalian bisa mengunjungi Wat Mai. Menurut artinya, Wat Mai berartikan “Candi Baru’, meskipun ternyata ini merupakan candi tertua yang ada di Laos. Wat Mai juga dikenal sebagai candi tercantik dan terindah di dunia.

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : laostours.com

Tidak jauh dari Wat Mai, kalian bisa mengunjungi sebuah Royal Palace dan Museum. Kedua bangunan ini dibuat pada tahun 1904. Istana bekas kerajaan ini, mencerminkan penggabungan antara budaya Laos dan arsitektur khas Perancis. Di sini, kalian dapat mengetahui bagaimana cerita negeri Laos dan keluarga kerajaan.

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : buffalotrip

Wisata di Laos selanjutnya adalah, kalian dapat mengunjungi air terjun Kuang Si. Air terjun ini merupakan air terjun terbesar di Laos, dan memiliki ketinggian hingga 50 meter. Tentunya ini akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan ya sahabat explorer, kalian bisa menikmati pemandangan sekitar air terjun sambil bermain air sejenak :D.

2. Sungai Mekong dan Gua Pak Ou

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : sepertipelangi.com

Masih di wilayah Luang Prabang, kalian bisa juga mengunjungi Sungai Mekong. Sebenarnya, sungai ini adalah jalur untuk menuju ke Goa Pak Ou, namun, kalian tentu bisa menikmati perjalanan dengan kapal sambil menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Sungai Mekong ini. Air yang sangat tenang dan pemandangan tebing di sekitarnya sungguh sangat memanjakan mata kalian.

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : australiatravelforum.com

Setelah menempuh perjalanan di sungai, sampailah kalian di Goa Pak Ou. Ini merupakan tempat suci, dimana kalian akan melihat ada sekitar 4000 patung budha di dalam gua tersebut. Goa Pak Ou, terdiri dari dua Goa lainnya yaitu Goa Tham Ting dan Tham Theung. Tham Ting, yang berada di bawah merupakan tempat untuk beribadah, dan kalian perlu membawa obor untuk menaiki Goa yang satu lagi yang berada di atasnya.

3. Eksplorasi Provinsi Xieng Khouang

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : fareastvacation

Setelah berkeliling di provinsi Luang Prabang, maka kalian akan melanjutkan wisata di Laos lainnya, yaitu mengunjungi provinsi Xieng Khouang. Perjalanan melalui jalur darat kira-kira akan menghabiskan waktu sekitar 7 jam dari Luang Prabang. Namun, selama perjalanan, kalian dapat menikmati pemandangan lembah, gunung, dan bukit di sisi jalan. Pastinya, perjalanan kalian tidak akan terasa bosan deh sahabat explorer.

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : insiderjourney

Disini, kalian dapat mengunjungi Plains of Jar, yaitu sebuah bukit bebatuan yang memiliki bentuk unik layaknya sebuah toples.

4. Eksplorasi Provinsi Vang Vieng

Panduan Liburan | YoExplore - wisata di laos

image source : livingnomads

Wisata di Laos yang selanjutnya adalah mengunjungi provinsi Vang Vieng. Butuh sekitar 6 jam untuk mencapai provinsi ini dari provinsi Xieng Khouang. Sesampainya di provinsi ini, kalian akan langsung menuju ke  Goa Tham Chang. Sebuah tempat yang paling populer dikunjungi oleh turis. Goa ini juga biasa disebut dengan Goa Gajah. Sebuah biara tertua di Vang Vieng. Sebelumnya, ini adalah sebuah bunker pada saat perang melawan Yunani China pada diawal abad ke 19.

Ibarat Paket Lengkap Jika Berlibur ke Laos

Wah, banyak banget ya sahabat explorer tempat wisata di Laos yang bisa kalian kunjungi. Masih banyak juga tempat lainnya yang bisa kalian datangi dengan teman atau keluarga kalian. Dijamin tidak akan menyesal deh, segala macam ada semua di sini. Dari kuil-kuil tua, pemandangan tebing, panorama gunung, hingga ke Goa, semuanya ada. Akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah kalian lupakan. Jadi tunggu apa lagi? Langsung aja siapkan diri kalian untuk berlibur ke Laos!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar