Liburan Keluarga

Jalan-Jalan ke Kota Marrakech, Maroko

wisata di maroko - Panduan Traveling, YoExplore - yoexplore
image source : cheriatravel

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Hidup di dunia itu memang cuma sekali. Begitulah kalau kata kebanyakan orang sekarang-sekarang ini. Ya memang betul, jangankan mengulang hidup, memutar waktu ke 1 menit yang lalu saja kita tidak akan bisa. Oleh karena itu, manfaatkan hidup kalian sebaik mungkin. Berguna bagi diri sendiri, keluarga, atau masyarakat sekitar juga sudah cukup mewarnai hidup kalian. Selain itu juga, kalian harus menikmati hidup yang cuma satu kali ini dengan traveling keliling dunia. Kalian bisa melihat berbagai macam gaya hidup, kultur, adat, kuliner dan lain-lainnya yang berbeda. Salah satu tempat yang harus kalian kunjungi adalah Maroko. Wisata di Maroko, tentu akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa, karena ada salah satu kota yang bernama Marrakech yang sangat unik.

Wisata di Maroko Kota Marrakech

Maroko, merupakan salah satu negara yang berada di Benua Afrika. Selain itu, negara ini juga merupakan bagian penting dari Liga Arab dan memiliki posisi nomer 6 di Afrika untuk urusan kekuatan ekonomi. Negara ini juga memiliki garis pantai yang sangat panjang di Samudera Atlantik. Secara geografis, negara ini didominasi dengan wilayah besar yang terdiri dari gurun dan pegunungan terjal. Maroko juga merupakan salah satu dari tiga negara yang memiliki garis pantai di Samudera Atlantik selain Spanyol dan Perancis. Wisata di Maroko, tepatnya kota Marrakech, akan membawa kalian kepada kekayaan budaya dan sejarah. Apakah kalian berencana untuk traveling ke Maroko? Simak dulu destinasi-destinasi menarik yang YoExplore sajikan! Langsung scroll ke bawah ya sahabat explorer!

Baca Juga : Ingin Ke Eropa? Ke Belanda Aja Dulu!

1. Djemaa El Fna

wisata di maroko - Panduan Traveling, YoExplore - yoexplore

Image source : takbenda.wordpress

Wisata di Maroko kota Marrakech yang pertama adalah mengunjungi Djemaa El Fna. Ini merupakan sebuah lapangan besar yang biasanya dikunjungi oleh keluarga di Marrakech. Kalau di Jawa, mungkin ini bisa dibilang mirip dengan konsep alun-alun. Dimana kalian akan banyak melihat pedagang pernak pernik dan tentunya kuliner khas Maroko. Bagi kalian para penikmat kambing, siapkan perut kalian untuk menikmati sajian daging kambing yang diungkep dalam pot gerabah selama 6 -24 jam dan dibakar dengan arang yang biasa disebut Tanjia.

Saat malam hari, Djemaa El Fna seakan-akan menjadi panggung teater. Kalian akan banyak melihat para musisi, komedian, penari, pemain sirkus, dan berbagai macam seniman lainnya yang ikut turun untuk menghibur para turis yang datang.

Oia, bagi kalian kaum hawa, cocok banget nih, karena di sana banyak wanita-wanita yang menguasai kaligrafi hena. Jadi bagi kalian yang ingin menghias tangan kalian dengan tinta hena, bisa langsung coba di sana!

2. Istana Bahia

wisata di maroko - Panduan Traveling, YoExplore - yoexplore

image source : republika

Wisata di Maroko kota Marrakech yang selanjutnya adalah mengunjungi Istana Bahia. Istana ini berada di wilayah selatan Madinah. Bangunan ini juga sangat kompleks loh sahabat explorer, memiliki luas kurang lebih 8 hektar dan dihiasi dengan taman-taman khas Maroko. Istana ini dibangun pada akhir abad ke 19, dan hingga saat ini, Istana Bahia ini merupakan salah satu pemandangan terindah di kota Marrakech. Di dalamnya terdapat 160 kamar, riads, dan halaman pengadilan. Namun, hanya 150 ruangan saja nih yang dibuka untuk umum. Karena di tamannya ada pohon jeruk, maka suasana dan harum dari daun jeruk tersebut akan sangat terasa apabila kita bermain ke tamannya nih sahabat explorer. Tentu tempat ini sangat Instagram-able banget. Belum lagi bagi kalian yang memang hobi fotografi, pasti akan banyak dapat foto yang bagus di tempat ini.

Sekilas informasi, nama asli dari Istana Bahia ini adalah Palais de la Bahia. Karena ini merupakan asal muasal Maroko yang dipengaruhi oleh budaya barat. Maka dari itu, muncul lah nama Palais de la Bahia.

3. Ben Youssef Madrasa

wisata di maroko - Panduan Traveling, YoExplore - yoexplore

image source : afrotourism

Nah, kalau yang ini, tentu merupakan pemandangan paling indah di Marrakech, dan bahkan disebut-sebut sebagai bangunan paling indah di Maroko. Namanya adalah Ben Youssef Madrasa. Tempat ini adalah sebuah lembaga quranic, didirikan pada abad ke 14 oleh raja Morrocan Abou el Hassan. Yang membuat ini merupakan karya terindah adalah karena karya plesteran dan mozaiknya yang halus dan menjadi salah satu contoh seni arsitektur islami yang sangat memukau.

Pada masa pemerintahan orang-orang Saadia, Madrasa ini terus berkembang, dan pada tahun 1570, tempat ini didekorasi ulang agar terlihat lebih indah. Pada saat itu, Ben Youssef Madrasa sempat menjadi perguruan tinggi terbesar dan terbaik di Maroko. Pada tahun 1960, akhirnya Madrasa ini dijadikan museum, dan diperbaharui kembali pada tahun 1999. Arsitektur bangunannya sangat luar biasa sahabat explorer.

Hanya dengan jalan setapak, kalian bisa menjelajahi Madrasa ini, lalu kalian akan melihat sebuah teras yang amat sangat luas.

Kalian harus datang sepagi mungkin sahabat explorer kalau mau mendapatkan pemandangan yang luas tanpa ada keramaian, karena kalau sudah siang sedikit, turis-turis sudah langsung berbondong-bondong datangnya!

4. Jardin Majorelle

wisata di maroko - Panduan Traveling, YoExplore - yoexplore

Image source : nssmsg

Wisata di Maroko kota Marrakech yang selanjutnya adalah mengunjungi Jardin Majorelle. Kata “Jardin” mungkin sekilas terdengar seperti “Garden” dalam bahasa inggris yang berarti Kebun. Yap, memang betul, tempat ini adalah seperti Botanical Gardennya nih sahabat explorer.

Taman ini terkenal dengan warna biru yang sangat mencolok nih sahabat explorer. Tempat ini dibuat pada tahun 1923 oleh seniman asal prancis bernama Jacques Majorelle pada saat Maroko masih dikuasai Perancis. Taman ini memiliki lebih dari 300 spesies tanaman yang hidup di lima benua. Ada pohon palem dan kaktus yang sangat tinggi dan mengesankan. Jangan lupa siapkan baterai kamera kalian ya!

Karena banyak tanaman yang tumbuh, maka suasana yang sejuk pun akan sangat terasa. Pusat dari Jardin Majorelle ini adalah kolam yang biru kobalt dengan air mancur di sekelilingnya, dan kura-kura yang sedang berteduh di rumah mereka. Wah, lengkap banget ya sahabat explorer, jangan lupa masukkan destinasi ini di dalam Itinerary kalian ya!

Kunjungi si Kota Merah

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata di Maroko kota Marrakech yang dapat kalian kunjungi. Oia, kota ini juga mendapat julukan “Kota Merah” loh sahabat explorer, karena warna merah sangat mendominasi bangunan-bangunan yang ada di kota ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya. Bagi kalian yang sudah pernah traveling ke tempat ini, boleh dong di share ceritanya di kolom komentar kami. Sampai ketemu di artikel berikutnya ya sahabat  explorer, have a good day!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar