Korea Liburan Keluarga

Wisata Gratis di Korea? Nih Ada 4 Tempat Rekomendasi!

wisata gratis di korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : azwisata

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, demam Drakor alias Drama Korea memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua juga menikmati film dan Drama Korea. Ceritanya memang sangat seru dan juga romantis, oleh karena itu penggemarnya sangat banyak sekali di dunia, terutama di Indonesia. Selain itu, para pemeran filmnya juga sangat cantik dan tampan, menambah esensi lebih dari film  tersebut. Tidak heran jika para kaum adam dan hawa di Indonesia sangat mengidolakan pemain film Korea. Dari segi musiknya juga pengaruhnya sangat luar biasa, biasa disebut dengan K-Pop. Baik boyband maupun girlband, penggemarnya sangat luar biasa di Indonesia. Contoh saja konser Blackpink kemarin, yang sukses menghadirkan euforia yang sangat seru dan tak terlupakan bagi para penggemarnya. Dengan efek yang luar biasa tersebut, tidak heran jika sekarang banyak orang yang berwisata ke Korea Selatan. Apalagi ternyata ada wisata gratis di Korea Selatan yang bisa kalian kunjungi.

Wisata Gratis di Korea Selatan

Wisata gratis di Korea Selatan, memang bisa menjadi pilihan kalian saat menyambangi Negeri Ginseng ini. Beberapa tempat tersebut akan YoExplore bahas menjadi 4 destinasi wisata. Dijamin tempatnya sangat menarik dan cantik, kalian pasti bakalan puas deh. Disamping mengunjungi destinasi wisata yang berbayar, sesekali juga perlu mengunjungi yang gratis alias tidak bayar. Kalian bisa juga menikmati kuliner khas Korea yang tentu rasanya berbeda dengan masakan Korea di Indonesia. Karena sentuhan tangan dan bumbu lokal itu tidak bisa dikalahkan deh kenikmatannya. Kira-kira kalian sudah pada tahu destinasi wisatanya belum? Langsung kita simak aja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga : Berpetualang Bersama Keluarga ke Maumere

1. Istana Deoksugung

wisata gratis di korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : korea.panduanwisata

Wisata gratis di Korea Selatan yang pertama adalah mengunjungi Istana Deoksugung. Awalnya, Deoksugung bukanlah sebuah istana. Akibat Perang Imjin, hampir seluruh istana di Korea mengalami kerusakan yang parah. Ketika raja keempat dari Dinasti Jeoseon yaitu Raja Seonjo kembali ke Seoul, istana utama Gyeongbokgung telah habis terbakar.

Istana yang lainnya juga mengalami kerusakan yang parah, oleh karena itu istana dipilih dari rumah-rumah keluarga pihak kerajaan. Inilah asal muasalnya sejarah istana Deoksugung dibentuk. Akhirnya, istana ini diresmikan oleh raja kelima belas dari Dinasti Jeoseon yaitu Raja Gwanghaegun. Lalu, istana ini diberi nama Istana Gyeongungung.

Pada tahun 1987, raja ke 26 dari Dinasti Jeoseon yang dikenal dengan nama Emperor Gojong tinggal dan melakukan ekspansi di istana cantik ini. Dia membangun beberapa bangunan modern seperti Hall Seokjojeon. 10 tahun kemudian, istana ini berubah namanya menjadi Istana Deoksugung.

Ada hal gratis yang bisa kalian lakukan di dalamnya, yaitu upacara pergantian penjaga yang diadakan di depan istana pada pukul 11.00, 14.00 dan 15.30. Acara ini cukup menarik untuk ditonton, dan memakan waktu sekitar 30 menit persesinya. Selain itu, kalian juga bisa berfoto dengan menggunakan pakaian tradisional Hanbok loh! Seru banget kan? Masih ada lagi wisata yang lainnya nih!

2. Bukchon Hanok Village

wisata gratis di korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : trazy

Wisata gratis di Korea Selatan yang selanjutnya adalah mengunjungi Bukchon Hanok Village. Kalau di Bali, mungkin ini mirip dengan Desa Wisata Panglipuran ya sahabat explorer, karena di Bukchon Hanok Village, kalian akan menemukan rumah-rumah tradisional masyarakat Korea Selatan. Bahkan, rumah ini masih sama tampilannya dengan rumah pada saat zaman kerajaan Dinasti Joseon. Kawasan desa ini berada diantara Gyeongbokgung, Changdeokgung dan Jongmyo Shrine.

Rumah Hanok di desa ini sangat terjaga keasrian dan kealamiannya. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam budaya Korea.

Karena kalian akan banyak berjalan kaki, maka gunakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman. Membutuhkan waktu yang lumayan lama juga untuk mengelilingi desa ini sahabat explorer. Pokoknya dijamin seru dan tentunya sangat Instagramable!

3. K-Star Road

wisata gratis di korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : visitkorea

Wisata gratis di Korea Selatan yang selanjutnya adalah mengunjungi K-Star Road di Gangnam. Kalau dengar nama Gangnam, pasti teringat dengan lagu PSY ya sahabat explorer. Lagu ini sempat booming banget di Indonesia, dan bahkan di dunia.

Tempat ini tentu menjadi surganya para K-Pop Lovers yang memang sudah sangat tergila-gila dengan musisi dari Korea. Di sepanjang jalanan ini terdapat Gangnam Doll dari berbagai macam grup K-pop yang terkenal seperti EXO, BTS, TVXQ dan juga yang lainnya.

Selain itu, di area ini juga terdapat 4 agensi besar di Korea yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, dan Cube Entertainment.

Jika kalian sedang beruntung, bisa saja kan kalian bertemu dengan salah satu dengan anggota K-Pop atau artis Drakor lainnya. Karena, Gangnam merupakan salah satu kawasan high class di Seoul loh! Semoga beruntung ya sahabat explorer! :p

4. Namsan Park

wisata gratis di korea selatan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : theseoulguide

Wisata gratis di Korea Selatan yang selanjutnya adalah mengunjungi Namsan Park. Sesuai dengan namanya, taman ini berlokasi tidak jauh dari ikon Seoul yaitu Namsan Tower. Taman ini didesain dengan berbagai macam jenis bunga dan cocok bagi kalian yang ingin bersantai di pagi hari atau sore hari. Pada saat musim dingin, pemandangannya akan semakin sangat cantik loh sahabat explorer.

Selain itu, taman ini juga biasanya menjadi transit bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Nam. Pada saat malam hari, kalian bisa melihat pemandangan lampu-lampu yang cantik menghiasi taman ini. Seoulnya sudah cantik, dan tamannya juga semakin mempercantik.

Kalian bisa mengunjungi juga Namsan Tower, dan melihat pemandangan city light pada malam hari yang sangat luar biasa indah. Pokoknya dijamin seru deh sahabat explorer! Dan tentunya tidak berbayar alias gretong!

Kunjungi Negara Ginseng

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi wisata gratis di Korea Selatan yang bisa YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang memang berencana untuk mengunjungi Korea Selatan tahun ini. Jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar