Jawa Barat Liburan Keluarga

Bosan Ke Bandung? Ke Wilayah Jawa Barat Yang Lainnya Yuk!

wisata jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : anekatempatwisata

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengunjungi Bandung memang pastinya sangat menyenangkan. Namun, apabila kalian memang sudah terlampau sering berlibur ke kota ini, pasti rasa bosan akan datang juga nih. Sepertinya sudah bosan dengan destinasi-destinasi yang sudah didatangi sebelumnya. Tidak ada salahnya, memang traveling itu juga sangat menyenangkan, jadi tidak heran kalau kalian suka merasa bosan di satu tempat. Karena Bandung termasuk dalam wilayah Jawa Barat, maka tidak ada salahnya nih jika kalian mencoba destinasi lainnya yang berada di wilayah ini. Wisata Jawa Barat juga tidak kalah kerennya kok dengan wilayah Jawa yang lainnya. Selain itu, bagi kalian yang suka makanan pedas, nah Jawa Barat nih cocok banget buat kalian! Karena suku aslinya adalah Suku Sunda, mereka terkenal dengan makanan atau sambal pedasnya. Wah, jadi bisa sekalian kuliner pedas juga nih!

Wisata Jawa Barat

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai wisata Jawa Barat selain di Bandung yang tidak kalah serunya. Beberapa destinasi ini wajib banget kalian kunjungi nih jika dekat dengan wilayah Jawa Barat. Selain itu, destinasi ini juga aman kok untuk keluarga, sehingga kalian tidak perlu takut jika memang membawa anak-anak yang masih kecil. Pemandangan yang ditawarkan juga berbagai macam, mulai dari pegunungan hingga pantai, semuanya ada di Jawa Barat. Kalau kalian penasaran, langsung aja simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Desa Wisata Pasir Ipis Lembang yang Menawan

1. Ujung Genteng, Sukabumi

wisata jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detik.travel

Wisata Jawa Barat yang pertama adalah mengunjungi Ujung Genteng yang berada di wilayah Sukabumi. Mungkin yang kalian tau Sukabumi itu wilayah yang berada di dataran tinggi dan cuacanya sejuk. Nah, yang satu ini berbeda nih sahabat explorer, kalian akan disuguhkan pemandangan pantai yang sangat indah!

Kalian bisa mengunjungi Pantai Ujung Genteng, dan kalau sedang beruntung bisa melihat penyu yang sedang bertelur loh sahabat explorer. Wah, tentu ini menjadi pemandangan yang sangat unik! Sepanjang menuju pantai ini, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang sangat cantik di kanan dan kiri dengan jalanan yang sedikit berkelok-kelok.

Masih banyak lagi pantai lainnya yang bisa kalian kunjungi dan memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya. Lalu ada juga Curug Cigangsa yang memiliki air terjun yang cukup deras dan tentunya bisa jadi spot foto yang Instagramable banget! Biar langsung ngerasain bagaimana indahnya, langsung aja berangkat ke Ujung Genteng, Sukabumi ya sahabat explorer!

2. Ujung Kulon

wisata jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wisatasia.id

Wisata Jawa Barat yang selanjutnya adalah mengunjungi Ujung Kulon. Bisa dibilang ini adalah bagian paling barat dari Jawa Barat nih sahabat explorer! Dan tempat ini keren banget! Kalian harus menyebrang dikit ke arah Lampung, namun tenang saja, tidak sampai Lampung kok, ini berada di tengahnya.

Kepulauan yang satu ini merupakan rumah bagi para Badak Cula Satu. Kalian bisa saja menghampiri penangkaran Badak di Ujung Kulon, dan tempat ini juga sudah termasuk kawasan Taman Nasional loh, jadi dilindungi dan diawasi oleh pemerintah.

Tempat ini juga merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang sangat luas. Ujung Kulon merupakan sebuah kumpulan gugusan pulau, jadi ada beberapa pulau yang masing-masing memiliki keindahannya sendiri. Seperti Pulau Peucang, yang merupakan pulau yang paling sering dikunjungi oleh para turis. Lalu ada Pulau Panaitan, kalian bisa menikmati sensasi hutan rimba yang asli. Oia, di pulau ini juga memiliki ombak yang sangat bagus loh sahabat explorer, jadi jangan heran jika kalian akan banyak menemui orang yang berselancar di pantai ini. Mau coba? Langsung dateng aja ke Ujung Kulon! Gak akan nyesel deh dijamin!

3. Garut

wisata jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tempatwisatakeluarga

Wisata Jawa Barat yang selanjutnya adalah mengunjungi Kota Garut. Kota ini memang tidak begitu jauh dari Bandung, namun memberikan sensasi yang berbeda. Garut terkenal juga dengan kopi arabicanya yang memiliki rasa yang sangat nikmat. Bahkan, kopi dari daerah ini sudah didistribusikan di seluruh Indonesia loh sahabat explorer.

Bagi kalian yang menyukai pemandian air panas, Kota Garut merupakan pilihan yang sangat tepat. Di kota ini memang terkenal dengan pemandian air panasnya yang sangat nikmat, karena Garut juga termasuk wilayah dataran tinggi jadi pasti enak nih berendam air panas di kota ini.

Selain itu, bagi kalian pecinta gunung, ada dua gunung yang bisa kalian daki di sini, yaitu Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan. Jadi kalau ke Garut, pilihannya banyak sahabat explorer! Kalian gak perlu bingung mau ke mana lagi! Belum lagi kuliner khas Garut yaitu Dodol Garut! Wah ini sih wajib dibeli dan dibawa sebagai oleh-oleh untuk di rumah! Penasaran? Langsung dateng aja ke Garut. 😀

4. Pengalengan

wisata jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : outbond

Wisata Jawa Barat yang selanjutnya adalah mengunjungi Pengalengan. Bagi kalian para pecinta susu atau memiliki anak yang masih kecil, cocok banget nih buat di bawa ke tempat ini. Kota yang satu ini terkenal sebagai sentra susu sapi segarnya. Namun, tidak hanya itu saja, ada juga kebun teh yang memiliki cuaca yang sangat sejuk dan cocok untuk dikelilingi bersama keluarga. Di kota ini juga banyak air terjun loh sahabat explorer, jadi cuacanya sangat sejuk! Enak deh untuk menghindari panasnya Ibu Kota sementara.

Aktivitas lainnya yang bisa kalian lakukan adalah hiking dan bermain arung jeram. Pokoknya dijamin seru deh sahabat explorer! Kalian pasti akan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Gak percaya? Langsung datengin aja!

Eksplorasi Wilayah Jawa Barat Lainnya

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata Jawa Barat selain Bandung yang bisa kalian kunjungi di waktu liburan tahun baru ini atau untuk akhir pekan. Seperti biasa, jangan lupa untuk bagikan pengalaman seru kalian di kolom komentar atau Guest Post kami ya! Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar