Liburan Keluarga Yogyakarta

Yogyakarta Yang Selalu Bikin Kangen!

wisata jogja - Panduan Traveling YoExplore
image source : inovasee.com

Yogyakarta, Panduan Traveling YoExplore – Yogyakarta, merupakan sebuah kota yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Kota ini memiliki “gelar” spesial dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta karena sejarah panjangnya. Kota yang dalam bahasa jawa bernama “Dhaérah Istiméwa Ngayogyakarta” ini, setingkat dengan Provinsi. Yogyakarta merupakan peleburan dari Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Menurut sensus penduduk pada tahun 2010, D.I.Y memiliki populasi sebanyak 3.452.390 jiwa dengan 1.705.404 laki-laki, dan 1.746.986 perempuan. Yogyakarta selalu memberikan rasa rindu kepada setiap orang yang pernah mengunjunginya. Oleh karena itu, setiap orang yang pernah menikmati wisata Jogja ini, pasti akan selalu ingin kembali.

Wisata Jogja Yang Sangat Identik Dengan Budaya Jawa

Sebenarnya, ada apa sih memangnya di Yogyakarta? Mendengar namanya saja rasanya sudah langsung ingin pergi berlibur ke Jogja. Dari arsitektur bangunan, hingga kuliner seperti Gudeg, dan Kopi Joss yang sangat identik dengan Yogyakarta. Baiklah sahabat explorer, gak usah lama-lama lagi, langsung aja yuk kita simak ulasan berikut ini!

1. Keraton Yogyakarta

wisata jogja - Panduan Traveling YoExplore

image source : yogyadise

Saat wisata Jogja dimulai, kalian harus mengunjungi Keraton Yogyakarta ini sahabat explorer. Keraton Yogyakarta ini merupakan pusat museum kehidupan budaya Jawa. Pengalaman yang unik tentunya akan kalian dapat apabila berkunjung ke sini. Di sini, kalian bisa melihat dan belajar tentang bagaimana cara hidup tradisional Raja Yogyakarta dan keluarganya yang tinggal di dalam keraton ini. Selain itu, kalian juga akan belajar bagaimana sejarahnya Keraton menjadi pusat arah perkembangan budaya di Jawa. Secara letak, Keraton Yogyakarta berada di dalam sumbu imajiner antara Pantai Parangtritis, Tugu Jogja, dan Gunung Merapi. Keraton Yogyakarta ini menjadi simbol Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sampai saat ini, Keraton Yogyakarta masih ditinggali oleh Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta keluarganya. Di dalam kompleks keraton ini, kalian dapat melihat beberapa ruang pameran yang berisi keramik kuno, batik kuno, gamelan, lukisan, dan beberapa benda pribadi Raja. Selain itu, setiap hari Selasa Wage, di lapangan Kemandungan Kidul selalu dilaksanakan sebuah lomba bernama jemparingan alias lomba panahan gaya Mataraman. Semua pemanah tersebut akan menggunakan busana tradisional Jawa sambil memanah dengan posisi duduk.

2. Taman Sari

wisata jogja - Panduan Traveling YoExplore

image source : blogreservasi

Tidak jauh dengan Keraton Yogyakarta, wisata Jogja yang satu ini juga tidak kalah menarik loh sahabat explorer. Namanya adalah Taman Sari. Ini merupakan taman rekreasi keluarga kerajaan. Pada tahun 1758, Raja pertama Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono I membangun kastil ini. Kastil air ini juga memiliki beberapa fungsi lain. Yaitu seperti menjadi bengkel, area peristirahatan, area pertahanan, area meditasi dan juga sebagai tempat persembunyian.

Kastil Taman Sari ini memiliki bentuk arsitektur yang sangat unik. Bangunan ini memiliki perpaduan gaya Jawa, Eropa, Hindu, dan China. Di dalamnya, kastil ini memiliki empat area, diantaranya adalah kompleks mandi di tengahnya, danau buatan dengan pulau dan paviliun di barat, kompleks kolam dan paviliun di selatan, dan danau kecil di timur. Semuanya masih terpelihara dengan baik loh sahabat explorer. Kalian juga bisa berjalan di lorong panjang bawah tanah menuju masjid. Masjid ini memang cukup unik karena memang terletak benar-benar di bawah tanah. Masjid tersebut memiliki dua lantai yang dibentuk unik melingkar seperti panggung.

wisata jogja - Panduan Traveling YoExplore

image source : singgahkemasjid

Gimana sahabat explorer? Unik kan Masjid di Taman Sari ini. Buat kalian yang sedang berada di Yogyakarta, jangan sampai tidak mengunjungi wisata Jogja yang satu ini ya!

3. Pantai Parangtritis

wisata jogja - Panduan Traveling YoExplore

image source : jogjaspace

Selanjutnya di wisata Jogja adalah Pantai Parangtritis. Setelah kalian keliling menikmati budaya Yogyakarta di dalam kota, sudah waktunya untuk sedikit melipir ke arah pantai yang satu ini. Pantai yang terletak 27km dari pusat kota Yogyakarta ini, memiliki pemandangan indah pantai dengan perbukitan dan juga pantai berpasir putih. Sebelum menikmati sunset indah di tepi pantai, tidak ada salahnya juga apabila kalian pergi menaiki Tebing Gembirawati yang ada di belakang pantai ini. Dari atas sana, kalian bisa menikmati pemandangan seluruh area pantai ini, laut selatan, dan hingga ke batas cakrawala.

Pantai yang sangat lekat dengan legenda Ratu Kidul ini, juga bisa kita nikmati setelah matahari terbenam. Kalian bisa menghabiskan waktu untuk makan jagung di pinggir pantai, dan bahkan bisa menginap di losmen-losmen yang disediakan oleh penduduk setempat untuk disewakan kepada para pengunjung.

Jangan Lupa Untuk Mencicipi Kuliner Khas Jogja!

Nah, jadi itulah beberapa destinasi yang bisa kalian datangi saat sedang melakukan wisata Jogja. Masih banyak lagi tempat lainnya seperti pasar-pasar tradisional, dan juga Malioboro yang sudah mendunia. Selain itu, kuliner seperti Gudeg dan Angkringan juga bisa kalian nikmati pada malam harinya. Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh Bakpia Pathok khas Jogja. Tersedia dari berbagai macam merk dan rasa, pilihlah yang kalian suka, dan jangan lupa untuk kirim ke kantor kita ya! :p. Have a good day, explorer!

Baca Juga : Blue Fire Ijen!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar