Liburan Keluarga Sulawesi

Menikmati Keindahan Alam Di Sulawesi Utara

wisata ke sulawesi utara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: travelingyuk

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati keindahan alam di Indonesia itu memang tidak akan ada habisnya. Dari setiap pulau yang ada menyimpan sendiri keindahan alam yang memang sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Keindahannya memang banyak yang berurusan dengan lautan dan pantai. Namun wajar saja, karena negara kita ini memang kepulauan, jadi keindahan yang ditawarkan ya biru laut, pantai, dan tentunya gunung. Justru hal tersebutlah yang belum tentu ada di negara lainnya. Oleh karena itu, jangan heran jika banyak turis datang ke Indonesia beberapa tahun belakangan ini sahabat explorer. Peningkatan dari sektor pariwisata memang begitu kita rasakan. Pemerintah menerapkan sistem 10 Bali Baru di wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Kenapa Bali? Sudah jelas karena Pulau Dewata ini memang sudah menjadi pulaunya para turis! Namun, kalian harus mencoba wisata ke Sulawesi Utara sahabat explorer. Banyak destinasi menarik yang bisa kalian kunjungi.

Wisata Ke Sulawesi Utara

Jika kalian ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka coba berkunjung ke Sulawesi Utara. Apalagi jika kalian yang memang belum pernah pergi ke luar Pulau Jawa nih (khusus masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa). Mengunjungi Pulau Sulawesi juga menjadi pilihan yang menarik, karena dari segi adat yang beragam dan juga destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan Jogja dan Bali. Ada beberapa tempat di Sulawesi Utara yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga bisa menjadi pertimbangan kalian saat wisata ke Sulawesi Utara ya! Mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga: Pemandangan Alam di Timika Juga Tidak Kalah Menarik Dengan Raja Ampat Loh!

1. Danau Tondano

wisata ke sulawesi utara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: exploremanado

Wisata ke Sulawesi Utara yang pertama adalah mengunjungi Danau Tondano. Danau ini merupakan hasil dari letusan gunung purba, seperti halnya Danau Toba yang berada di Sumatera Utara sahabat explorer. Danau Tondano memiliki pulau yang berada tepat di tengah dan berada di dataran tinggi, tepatnya 600 meter di atas permukaan laut. Danau ini juga diapit oleh tiga gunung, yaitu Gunung Tampusu, Gunung Kaweng, dan juga Gunung Masarang. Luas dari danau ini kurang lebih 4.000 hektar sahabat explorer! Wah, pasti butuh waktu yang lama kalau mau eksplor semuanya!

Jika kalian berkunjung ke Danau Tondano ini, pasti pemandangan umumnya adalah para nelayan yang sedang menangkap ikan. Kalian bisa gratis melihat aktifitas para nelayan tersebut, namun untuk melihat dengan jarak dekat, kalian harus menyewa perahu motor. Kapasitasnya hanya sampai 10 orang, dan kalian harus membayar sekitar 50 ribu rupiah untuk menaikinya. Selain itu, kalian juga harus menunggu kapal tersebut penuh jika memang kalian sendiri atau berdua, hehe. 

2. Pulau Bunaken

wisata ke sulawesi utara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: superadventure

Wisata ke Sulawesi Utara yang selanjutnya tentu akan membawa kalian ke Pulau Bunaken nih sahabat explorer. Merupakan spot wajib yang dikunjungi apabila kalian sedang traveling ke Sulawesi Utara. Taman lautnya sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya sahabat explorer, turis mancanegara saja sudah banyak loh yang mengunjungi tempat ini, masa kalian belum pernah?!

Pulau ini memiliki luas sekitar 8,08 kilometer persegi dan berada di teluk Manado. Dengan menggunakan speed boat, kalian hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke Pulau Bunaken ini dari Manado. Keindahan bawah laut yang sudah tidak perlu diragukan lagi, dan tersedia sekitar 20 titik penyelaman bagi kalian yang memang ingin menikmati lebih jauh lagi sahabat explorer. 12 diantaranya, berada dekat dengan Pulau Bunaken, sisanya memang rada sedikit jauh, namun pemandangannya justru lebih istimewa sahabat explorer!

3. Bukit Kasih Kanonang

wisata ke sulawesi utara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tribun

Wisata ke Sulawesi Utara yang selanjutnya adalah mengunjungi Bukit Kasih Kanonang. Bukit ini dipercaya sebagai lambang kerukunan umat beragama yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Bukit ini berada di Kecamatan Kawangkan Kabupaten Minahasa, jika dari Manado, kalian membutuhkan waktu 90 menit untuk mencapai lokasi ini sahabat explorer

“Kita Semua Bersaudara”, mungkin itulah salah satu semboyan yang sangat terkenal di Sulawesi sahabat explorer. Semboyan tersebut terbukti nyata di tempat ini sahabat explorer. Bukit Kasih Kanonang berfungsi sebagai pusat keagamaan. Maka semua agama dapat berkumpul dan beribadah di tempat ini. Di lokasi ini terdapat semua rumah ibadah bagi siapapun yang mengunjunginya. 

Bagi kalian yang ingin menginap di sekitar sini sekarang juga sudah memungkinkan kok! Sudah banyak hotel dan penginapan lainnya yang dekat dengan wilayah ini. Butuh stamina yang kuat dan juga sepatu yang nyaman sahabat explorer, karena tangganya curam dan butuh tenaga yang kuat untuk menaiki anak tangga yang banyak ini. 

4. Pulau Siladen

wisata ke sulawesi utara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: seputarsulut

Wisata ke Sulawesi Utara yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Siladen. Lokasinya berada di Timur Laut dengan Pulau Bunaken sahabat explorer. Pulau yang satu ini memiliki luas kurang lebih 31,25 hektar. Pulau yang satu ini dikelilingi dengan pantai pasir putih dan juga terumbu karang serta biota laut yang beragam dari warna sampai bentuknya. 

Banyak sekali berdiri resort mewah yang sangat terjaga dengan rapih. Cocok banget nih bagi kalian yang memang ingin liburan tanpa merasa keramaian sahabat explorer, tenang banget deh liburan di Pulau ini. 

Pulau yang satu ini lebih menonjol dengan keindahan pantai pasir putihnya, dengan demikian sangat cocok untuk melakukan berbagai macam aktivitas olahraga pantai sahabat explorer. Berkeliling dengan perahu katamaran, snorkeling, diving serta underwater photography merupakan salah satu dari kegiatan lainnya yang bisa kalian lakukan di Pulau Siladen ini. 

Keliling Indonesia Bareng YoExplore!

Sahabat explorer, itulah rekomendasi untuk wisata ke Sulawesi Utara yang bisa YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar