Liburan Keluarga Sumatera

Liburan Ke Provinsi Riau Yuk!

wisata keluarga di riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: wikipedia

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari tiap Provinsi dan kota-kota yang meliputinya selalu memiliki keindahan sendiri yang tidak kalah untuk dinikmati. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga tempat wisata buatan manusia. Semuanya memang layak untuk dikunjungi karena memiliki ciri khasnya sendiri. Salah satunya adalah Provinsi Riau nih sahabat explorer. Pembahasan kita mengenai wisata keluarga di Riau akan spesifik menjelaskan salah satu kota yang bernama Dumai. Belum banyak dikenali oleh para turis, jadi tempat wisatanya masih sangat terjaga keasriannya sahabat explorer. Pemandangannya juga tidak kalah indah kok dibanding tempat-tempat lainnya di Riau dan Sumatera. Mulai dari pantai, bukit, dan juga danau ada semua di Dumai ini.

Wisata Keluarga di Riau

Bagi kalian para traveler, pasti memang tidak akan menyesal pernah berkunjung ke tempat ini. Cocok bagi kalian yang ingin menikmati liburan keluarga tanpa keramaian yang parah seperti di Bali atau Jogja. Kuliner khas Riau yang juga tidak kalah nikmat, menambah sensasi liburan di sana menjadi lebih menyenangkan. Kira-kira ada apa saja ya sahabat explorer? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya yuk!

Baca Juga: Pernah Mencicipi Buah Langka Ini Sahabat Explorer?

1. Pantai Purnama

wisata keluarga di riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: xplora.id

Wisata keluarga di Riau yang pertama adalah mengunjungi Pantai Purnama. Pantai ini sangat cantik dengan adanya gazebo yang berada di atas pantai. Menikmati kelapa muda sambil melihat pemandangan laut lepas dan juga angin sepoi-sepoi menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu sore kalian.

Ada juga di Bali yang memiliki nama pantai yang sama sahabat explorer. Namun bedanya, kalau yang di Riau ini kalian tidak bisa turun ke bibir pantai untuk menikmati bermain di pasirnya karena ini merupakan pasir berlumpur. Namun hal ini tidak mengurangi pemandangan indah dari pantai yang dulunya adalah sebuah kebun kelapa milik warga. Sekarang tempat ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal sahabat explorer. Namun, bagi kalian yang sedang berada di Riau, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke pantai yang satu ini. Dijamin pemandangannya enak banget buat santai sore dan menikmati matahari terbenam!

2. Hutan Wisata Dumai

wisata keluarga di riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: wisato

Wisata keluarga di Riau yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Wisata Dumai. Indonesia memang negara yang memiliki banyak sekali hutan wisata sahabat explorer. Tidak heran jika memang di setiap kotanya memiliki hutan wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat. Terlebih dengan zaman sekarang dimana orang berlomba-lomba untuk berfoto dengan spot yang Instagramable.

Jika kalian ingin mencari kawasan wisata yang tenang dan asri, maka Hutan Wisata Dumai ini adalah pilihan yang tepat. Namun, kawasan yang satu ini akan ramai apabila dikunjungi pada hari libur sahabat explorer. Jika kalian memang liburan di waktu weekdays, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk berkunjung ke tempat ini! Dijamin gak nyesel dan bagus banget deh buat latar belakang foto!

3. Hutan Mangrove Dumai

wisata keluarga di riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: idntimes

Wisata keluarga di Riau yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Mangrove Dumai. Pesona dari Mangrove ini memang tidak ada duanya sahabat explorer. Selain bermanfaat bagi alam kita, biasanya kawasan mangrove ini juga memiliki penataan yang sangat cantik. Jembatan-jembatan penghubung dari kayu, dan juga danau yang berada di tengahnya.

Di Riau, selain untuk konservasi, kawasan mangrove ini juga dijadikan sebagai tempat wisata sahabat explorer. Nama lain dari kawasan ini adalah Bandar Bakau Dumai yang lebih akrab disebut oleh masyarakat. Tentunya jalur dari jembatan kayu yang membelah hutan ini akan menjadi sangat menarik untuk di eksplorasi dan juga untuk berfoto-foto! Dijamin kalian bakalan takjub dengan keasriannya sahabat explorer!

4. Danau Bunga Tujuh

wisata keluarga di riau - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tribun

Wisata keluarga di Riau yang selanjutnya adalah mengunjungi Danau Bunga Tujuh. Tentunya ini bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu sore setelah kalian sudah mengunjungi yang namanya Pantai Purnama tadi sahabat explorer. Kawasan wisata yang satu merupakan salah satu destinasi wisata air yang cukup menarik sahabat explorer. Sebuah kawasan danau dengan luas mencapai 47 hektar ini, memang merupakan sebuah kawasan wisata yang terus berkembang hingga saat ini. Danau Bunga tujuh ini merupakan salah satu dari beberapa kawasan tempat wisata di Dumai yang selalu ramai dengan para pengunjung terutama pada hari libur.

Mereka yang datang ke lokasi ini tak hanya berasal dari Dumai saja loh. Namun, juga ada yang berasal dari luar daerah. Hal ini dikarenakan banyaknya wahana wisata air yang bisa kalian temukan di Danau Bunga Tujuh ini. Selain wahana wisata air yang menyenangkan kalian juga bisa menikmati pemandangan yang cukup asri dan indah. Selain itu kalian juga bisa menggunakan gazebo yang ada di kawasan ini untuk beristirahat. Jika kalian ingin berkunjung ke kawasan ini selain sore hari, sebaiknya datanglah pagi hari saat cuaca masih belum terlalu panas dan udara masih cukup segar.

Menikmati Keindahan Dumai

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi wisata keluarga di Riau yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya! Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar