Liburan Keluarga Papua

Pemandangan Alam di Timika Juga Tidak Kalah Menarik Dengan Raja Ampat Loh!

wisata keluarga di timika - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : pergimulu

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jika tersebut nama Papua, maka yang terbesit di benak kita pasti adalah pesonda dari Raja Ampat. Memang wilayah itu sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya sahabat explorer. Bisa dibilang Bumi Papua ini hampir semuanya indah dan layak untuk dijadikan tempat pariwisata. Baik untuk liburan keluarga, solo traveling, atau bersama dengan teman-teman. Tentunya keindahan yang disajikan adalah keindahan alamnya sahabat explorer. Masih banyak belum tersentuh oleh ulah jahil manusia dalam pembangunan yang tidak jelas dan justru merusak alam. Bahkan, masih ada beberapa puncak gunung di Papua ini yang masih terselimuti salju! Semua itu dikarenakan alam papua yang jauh dari polusi udara dan juga faktor lainnya. Lalu, bagaimana dengan kota sibuknya seperti di Timika? Wisata keluarga di Timika juga ternyata tidak kalah seru dengan pemandangan lainnya sahabat explorer.

Wisata Keluarga di Timika

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan membahas beberapa destinasi wisata keluarga di Timika yang memang menarik untuk dikunjungi. Ada wisata alam dan ada juga wisata sejarah yang tidak kalah menarik loh. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber informasi baru bagi kalian yang memang hanya tahunya Raja Ampat saja. Selain itu, ini bisa menjadi alternatif liburan bagi kalian yang mungkin sudah bosan dengan destinasi wisata mainstream seperti di Bali, Yogyakarta atau mungkin Raja Ampat itu sendiri. Baiklah kalau begitu, mari kita langsung simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga : Mau Masuk Goa? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Ya!

1. Pantai Ipaya

wisata keluarga di timika - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kompasiana

Wisata keluarga di Timika yang pertama adalah mengunjungi Pantai Ipaya. Pantai yang satu ini bisa dibilang menjadi pantai favoritnya warga Timika sahabat explorer. Cocok bagi kalian yang ingin bersantai di sore hari sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik. Nama Ipaya ini sendiri juga ternyata merupakan penggabungan dari 3 daerah menjadi satu yaitu, Ipiri, Paripi, dan Yaraya. Tempat yang satu ini memang masih terbilang baru sahabat explorer, oleh karena itu masih menjadi trend di kalangan masyarakat Timika, namun memang masih sepi turis luar.

Masyarakatnya juga masih sangat kental dengan budaya aslinya sahabat explorer. Dengan demikian, kalian tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan indah alamnya, namun juga adat dan budayanya. Pasir pantai yang putih dan juga deretan pohon kelapa di pinggir pantainya menjadikan tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

2. Taman Nasional Lorentz

wisata keluarga di timika - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: traveltoday

Jika tanpa disebut ini Indonesia pada gambar di atas, mungkin orang akan percaya foto ini adalah salah satu pemandangan alam di Swiss. Namun, percaya tidak percaya, ini merupakan salah satu kekayaan dari wisata keluarga di Timika yang bernama Taman Nasional Lorentz. Masih sangat alami, bahkan kalian bisa melihat hamparan ladang dan pohon hijau serta sungai yang mengalir di tengahnya layaknya lukisan.

Taman nasional ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini memiliki luas 2,4 juta hektar dan tidak hanya meliputi wilayah Timika saja sahabat explorer. Layaknya seperti Baluran di Banyuwangi yang daerahnya meliputi dari beberapa Kabupaten. Banyak wilayah yang masih belum terjamah di Taman Nasional Lorentz ini, oleh karena itu masih banyak ‘kejutan’ yang lain yang mungkin belum diketahui. Pokoknya kalau lagi berkunjung ke Timika, kalian wajib datang ke tempat ini ya sahabat explorer!

3. Wisata Keakwa

wisata keluarga di timika - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : wap.mi.baca

Wisata keluarga di Timika yang selanjutnya adalah Wisata Keakwa. Wisata yang satu ini juga bisa dibilang wisata yang cukup unik dan menarik. Hal ini dikarenakan selain keindahan alamnya, tempat yang satu ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi loh sahabat explorer. Dahulu kala pada Perang Dunia II, tempat ini dijadikan basis pertahanan oleh pasukan Jepang untuk melawan sekutu.

Jika kalian berkunjung ke tempat ini, maka kalian akan disuguhkan dengan banyak peninggalan bekas Jepang berupa senjata tentara. Bahkan masih ada meriam yang bisa kalian lihat di laut yang terlihat antara tenggelam atau tidak tersebut. Keindahan pantainya juga tidak kalah menarik sahabat explorer, bisa disandingkan dengan keindahan beberapa pantai terbaik di Indonesia loh!

4. Kuala Kencana

wisata keluarga di timika - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: backpakerjakarta

Wisata keluarga di Timika yang selanjutnya adalah mengunjungi Kota Kuala Kencana. Bisa dibilang kota ini yang paling modern di antara kota lainnya di Papua. Distrik yang satu ini juga dikelola langsung oleh PT Freeport Indonesia. Tidak heran jika pemandangan dan arsitekturnya mirip dengan kota-kota yang ada di Eropa sana sahabat explorer.

Kota ini berada di tengah hutan dan diresmikan oleh Presiden Indonesia pada waktu itu yaitu Soeharto pada tahun 1995. Kawasan ini merupakan kota pertama di Indonesia yang memiliki saluran air kotor langsung menuju ke pusat pengolahan limbah. Fasilitas yang ada di kota ini sangat modern sahabat explorer, berbeda banget deh dengan kota lain yang ada di Papua. Di sini kalian bisa menemukan lapangan golf, futsal, kolam renang, dan lain-lainnya.

Menikmati Keindahan Bumi Papua

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Timika yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar