Kalimantan Liburan Keluarga

Wisata Kutai Kartanegara? Ada Apa Saja Sih?

wisata kutai kartanegara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : travelingyuk

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari pulau ke pulau, kota ke kota, semua memiliki keindahannya masing-masing. Baik wisata alamnya atau wisata buatan manusia. Semuanya seakan-akan sudah siap menjadi kota wisata ya sahabat explorer. Salah satunya yang mau kita bahas ini nih, berada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Namanya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, dan ibukotanya adalah Tenggarong. Mungkin namanya kalah dengan wisata di Malang, Yogyakarta, Bali, dan wisata terkenal lainnya, namun untuk urusan pemandangan, wah tentu tidak kalah keren sahabat explorer. Wisata Kutai Kartanegara ini menyimpan banyak rahasia yang mungkin bisa kalian jelajahi bersama keluarga atau dengan teman-teman. Kira-kira ada apa saja ya?

Wisata Kutai Kartanegara

Banyak banget sahabat explorer tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Kutai Kartanegara ini, mulai dari wisata alam, hingga wisata sejarah semuanya ada lengkap. Kalian tinggal pilih aja nih mau yang mana untuk dikunjungi, semuanya juga bisa kok! Asal kalian tinggal lebih lama lagi saja di kota ini. Konon, ini merupakan Kabupaten terkaya di Indonesia loh! Sumber daya alamnya sangat melimpah sahabat explorer, oleh karena itu banyak juga para pengusaha yang mencoba cari peruntungan dari kekayaan alam di tanah Kutai Kartanegara ini. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya! Cekidot ya sahabat explorer!

Baca Juga : Jimat Ini Masih Dipercaya Oleh Orang Indonesia!

1. Kerajaan Hindu Pertama di Indonesia

wisata kutai kartanegara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : getborneo

Wisata Kutai Kartanegara yang pertama adalah dengan mengunjungi Museum Mulawarman, dimana di dalamnya terdapat banyak bekas peninggalan kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Nama kerajaannya adalah kerajaan Kutai Martadipura, yang berdiri sekitar abad ke 4. Berbagai macam peninggalannya tersimpan dengan baik di Museum Mulawarman, mulai dari singgasana raja, tempat tidur raja, mahkota, dan berbagai macam alat-alat yang digunakan pada masa itu.

Setelah runtuhnya kerajaan Kutai Martadipura, pada tahun 1300 lahir lah Kesultanan Kutai Kartanegara yang bercorak Islam.

Di sebelah Museum Mulawarman, kalian dapat menemukan makam-makam keluarga kerajaan. Tidak jauh di belakang museum juga terdapat kedaton (istana) Kesultanan Kutai Kartanegara yang masih sering digunakan dalam acara adat, salah satunya Erau.

Intinya, kalian akan benar-benar wisata sejarah banget deh di tempat ini, dan masih ada museum lainnya di kota ini yang bisa kalian kunjungi. Semuanya keren-keren dan rapi sahabat explorer, bagi pecinta sejarah tentunya wajib banget mengunjungi kota yang satu ini.

2. Menyaksikan Festival Erau

wisata kutai kartanegara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : indonesiakaya.com

Wisata Kutai Kartanegara yang selanjutnya adalah menyaksikan Festival Erau. Tadi kita sudah sedikit menyentil soal festival ini ya sahabat explorer, acara yang dilakukan di Istana Kesultanan Kutai Kartanegara. Festival ini merupakan festival terbesar di Kalimantan dan salah satu yang terbesar di Indonesia. Berbagai macam acara dilakukan selama 7 hari penuh sahabat explorer, mulai dari parade berbagai budaya, upacara pembukaan yang menampilkan sebuah tarian massal yang sangat luar biasa keren, lalu acara adat di Kedaton dan juga Museum Mulawarman. Pokoknya wajib banget nih kalian mengunjungi festival yang satu ini sahabat explorer!

Di malam hari juga ada acara, yaitu dari negara-negara lain yang menampilkan berbagai macam kebudayaannya. Ada juga berbagai macam lomba permainan tradisional sahabat explorer, kalian juga bisa ikutan kok kalau mau!

Namun, yang paling ditunggu-tunggu adalah Beseprah atau makan bersama. Di acara ini, kalian bisa melihat seluruh masyarakat duduk di jalan dan makan bersama-sama. Hidangannya mulai dari kue tradisional hingga makanan berat semuanya ada dan lengkap. Makannya juga gratis untuk seluruh kalangan sahabat explorer, wah ini favorit orang Indonesia banget ya! Hehe

Dan puncak dari acaranya adalah penutupan dari Festival Erau ini yang sangat seru dan menarik sahabat explorer, kalian saksikan sendiri deh kalau tidak percaya!

3. Pulau Kumala

wisata kutai kartanegara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travelingyuk

Wisata Kutai Kartanegara yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Kumala yang sangat cantik. Letaknya di Sungai Mahakam, yang bisa ditempuh dengan menyebrang melalui Jembatan Repo-Repo. Di jembatan ini kalian bisa menuliskan gembok dengan nama sebagai kenang-kenangan seperti di Paris atau Korea. Terdapat bangunan seperti rumah adat Dayak seperti Rumah Lamin yang tidak kalah menawan.

Berbagai macam permainan seperti go-cart, berkeliling dengan sepeda, menaiki odong-odong dan lain-lainnya. Dan jangan lupa untuk mengunjungi ujung pulau yang terdapat dua buah patung naga dan ada singgasana raja di tengahnya. Tentunya ini menjadi spot foto yang paling banyak diburu oleh para traveler, kalian jangan mau kalah ya!

4. Puncak Bukit Biru

wisata kutai kartanegara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : youtube

Wisata Kutai Kartanegara yang selanjutnya adalah berburu sunrise di puncak Bukit Biru. ini termasuk dalam kategori wisata alam ya sahabat explorer, letaknya berada di Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong. Tempat ini menawarkan sensasi mendaki gunung, namun lebih mudah dan juga rendah. Waktu yang diperlukan untuk mencapai puncaknya juga hanya 1 jam saja kok sahabat explorer, jadi tidak akan lama. Pemandangan cantik mulai dari puncak, deretan sawah, dan juga hutan hijau yang sangat memanjakan mata. Tentunya juga pemandangan matahari terbit apabila kalian datang dari pagi hari sahabat explorer, dijamin kalian betah deh berlama-lama di tempat ini.

Menikmati Borneo!

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Kutai Kartanegara yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar