Liburan Keluarga Yogyakarta

Tempat Wisata Ini Terbilang Murah di Yogyakarta

wisata murah di Jogja - YoExplore
Image Source : YoExplore

Cara Traveling Murah, YOEXPLORE – Jalan-jalan, pergi ke tempat wisata, kulineran yang paling menyenangkan memang Yogyakarta adalah salah satu pilihannya. Salah satu kota yang bisa dibilang sebagai salah satu kota yang masyarakatnya sangat kreatif. Mulai dari kulineran yang unik dan berbeda dari yang lainnya, hingga ke objek wisata baru yang bermunculan. Walaupun banyak objek wisata baru, namun objek wisata yang sudah terkenal lainnya juga tetap dipenuhi oleh para turis, baik lokal maupun mancanegara. Namun, tidak semua tempat wisata itu dibanderol dengan harga yang mahal loh sahabat explorer, wisata murah di Jogja juga masih banyak yang kalian bisa datangi. Walaupun murah, bukan berarti tidak bagus yaaa, tempat tersebut nyatanya masih sangat terawat dan asri.

Wisata Murah di Jogja Yang Wajib Kalian Kunjungi

Selain mengunjungi Keraton Yogyakarta, yang merupakan sebagai istana Sultan Yogyakarta, beberapa tempat yang akan dibahas kali ini juga bisa masuk ke dalam salah satu itinerary kalian loh sahabat explorer. Wisata murah di Jogja kali ini yang akan kita bahas adalah Istana Air Taman Sari. Memang sudah banyak orang tau lokasi yang satu ini, selain murah, sekarang juga sudah ada pemandu lokal yang selalu stand by di dalam Istana Air Taman Sari tersebut. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan yang kalian ajukan, atau bahkan siap mengantar kalian ke berbagai tempat yang ada di dalam istana tersebut.

wisata murah di Jogja - YoExplore

Image source : YoExplore

Sayangnya, kalian tidak bisa untuk merekam atau membuat video di dalamnya, yang kalian bisa lakukan hanya sekedar foto saja. Namun, untuk mendapatkan ‘izin’ foto tersebut, kalian harus membayar sekitar Rp 3000. Lalu kalian akan diberikan sebuah karet gelang dan tanda akses untuk foto- foto di dalam.

wisata murah di Jogja - YoExplore

image source : YoExplore

Gaya arsitektur bangunan khas Jawa, Eropa, dan Hindu tentunya sangat kental di istana ini. Secara singkat, istana ini dibuat oleh Raja yang waktu itu memimpin untuk istri-istrinya. Ada tempat pemandian, kolam hias yang berisikan ikan-ikan. Belum lagi terdapat air mancur yang menghiasi tengah kolam tersebut. Istana yang memiliki banyak bangunan di dalamnya ini, meyimpan banyak rahasia. Seperti adanya masjid yang berada di bawah tanah, aliran sungai dimana dulu menjadi sebuah tempat untuk Raja saat berkunjung.

Pemandu Lokal Yang Menjelaskan Mengenai Sejarah

Adanya pemandu lokal tersebut, mempermudah kalian untuk mengetahui seluk beluk dari salah satu tempat wisata murah di Jogja ini. Sambil menikmati pemandangan istana yang sangat indah, kalian juga jadinya bisa untuk belajar sejarah. Terutama bagi kalian yang senang menulis Blog, maka ini bisa menjadi salah satu konten yang sangat menarik untuk digarap.

wisata murah di Jogja - YoExplore

Image Source : YoExplore

Keluar dari wilayah Istana Taman Sari, kalian akan mengikuti sebuah jalur yang mengarah ke perkampungan belakang istana. Disana, kalian dapat membeli souvenir yang kalian inginkan. Tersedia juga beberapa Kafe untuk sekedar mengisi perut atau ngopi. Konon, yang tinggal di wilayah perkampungan tersebut ‘hanyalah’ keluarga atau keturunan dari kerajaan. Kalian dapat menemukan rumah salah satu keluarga Raja yang secara arsitektur sangat kental Jogja-nya. Mulai dari atap, pagar, teras, hingga ke pintu masuk. Sayangnya, kalian gak bisa masuk ke sana nih sahabat explorer, soalnya itu rumah tinggal yang ada penghuninya.

Baca Juga : Indahnya Malam di Yogyakarta

Baru! Situs Warungboto, Yogyakarta!

wisata murah di Jogja - YoExplore

Image source : YoExplore

Selesai sudah perjalanan di salah satu tempat wisata murah di Jogja yaitu Istana Air Taman Sari. Selanjutnya, kalian bisa bergegas pergi ke salah satu tempat wisata murah di Jogja yang satu ini. Namanya adalah Situs Pesanggrahan WarungBoto. Bangunan ini dibuat pada tahun 1785. Pada saat itu, tempat ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan oleh keluarga kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena berfungsi sebagai tempat peristirahatan, maka tempat ini dilengkapi dengan kolam dan taman yang megah.

wisata murah di Jogja - YoExplore

Image source : YoExplore

Belum diketahui penyebabnya mengapa bangunan ini hancur, namun tidak sepenuhnya kok sahabat explorer. Sebelum dilakukan pugar dan renovasi oleh para Arkeolog, tempat ini banyak berisikan puing-puing. Setelah dilakukan pugar, sisa bangunan ini justru makin terlihat dengan jelas.

wisata murah di Jogja - YoExplore

Image source : YoExplore

Untuk tiket masuk, sementara ini masih belum dipungut biaya alias gratis. Kalian juga bisa menyumbang donasi untuk kembali merenovasi situs peninggalan sejarah yang satu ini agar nantinya akan lebih bagus dan mengembalikan nilai sejarah yang hilang.

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata murah di Jogja. Bahkan salah satunya ‘masih’ gratis loh, jadi kapan lagi kalian bisa ke tempat wisata yang gratisan. Cuma modal bensin aja kok, hehe. Masih banyak lagi tempat lainnya di Yogyakarta yang bakal bikin kalian tercengang! Jadi, tunggu apa lagi? Langsung aja liburan ke Yogyakarta bareng YoExplore!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar