Makanan Dan Minuman Yogyakarta

Cari Jajanan Pasar Yang Unik? Ada di Jogja Nih!

5 jajanan pasar unik di yogyakarta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian pecinta jajanan pasar? Jika iya, kebetulan sekali nih kalian membaca artikel dari YoExplore hari ini. Kita akan membahas mengenai 5 jajanan pasar unik di Yogyakarta. Tentunya ini khusus bagi kalian yang tinggal di Jogja atau sedang berencana berlibur ke kota tersebut. Selain tempat wisatanya yang spektakuler, Jogja juga terkenal dengan kulinernya yang unik sahabat explorer. Salah satunya adalah jajanan pasarnya, yang memang sampai ke Sultan Hamengkubuwono juga sangat suka. Nama dan bentuknya yang unik menjadi daya tarik bagi siapapun yang datang dan melihatnya, oleh karena inilah kenapa liburan ke Jogja itu tidak pernah bosan. Selalu ada saja alasan untuk kembali lagi ke Daerah Istimewa ini, bener gak sahabat explorer?

5 Jajanan Pasar Unik di Yogyakarta

Di Jogja, ada sebuah pasar yang konon merupakan pasar tertua di Jogja. Namanya adalah Pasar Kotagede, disini lah harta karun bagi para pecinta jajanan pasar. Namanya juga biasa dikenal dengan Pasar Legi Kotagede, merupakan sebuah pasar yang berdiri sejak era Panembahan Senopati, pada masa kerajaan Mataram Islam. Meski sudah mengalami renovasi, namun bangunan aslinya tetap dipertahankan. Pelatarannya rimbun, dengan pepohonan yang berjajar rapi namun tetap penuh dan sesak dengan aktivitas jual beli. Bagi kalian yang menyukai kegiatan hunting foto pasar dan juga jajanannya, maka pasar yang satu ini wajib banget untuk kalian kunjungi. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya ya sahabat explorer! Kira-kira ada apa saja sih 5 jajanan pasar unik di Yogyakarta! Cekidot!

Baca Juga : Mau Tau Cara Bikin Klepon Bali? Simak Resepnya Ya!

1. Kipo

5 jajanan pasar unik di yogyakarta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tuguwisata

5 jajanan pasar unik di Yogyakarta yang pertama adalah Kipo. Dari pertanyaan orang yang berkunjung Iki Opo? (dalam bahasa Jawa yang artinya “Ini apa?”) dipercaya sebagai asal usul dari nama jajanan ini. Kulit luarnya terbuat dari tepung ketan yang diberi pewarna alami hijau dari daun suji. Isinya adalah enten-enten atau gula merah yang diberi dengan parutan kelapa. Adonan tersebut dibuat kecil seukuran dengan jempol orang dewasa. Ditata di atas selembar daun pisang, lalu di letakkan di atas loyang gerabah, kemudian dipanggang.

Proses pemanggangan itulah yang menimbulkan sebuah ciri khas aroma dari daun pisang dan juga tepung ketan yang sangat gurih dan harum. Rasanya? Jangan ditanya sahabat explorer, manis-manis gurih dan tentunya bikin ketagihan! Wajib banget dicoba ni sahabat explorer!

2. Kue Kembang Waru

5 jajanan pasar unik di yogyakarta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detik.com

5 jajanan pasar unik di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Kue Kembang Waru. Ini merupakan jajanan legenda di Kotagede sahabat explorer. Bentuknya memang seperti bunga pada pohon waru yang banyak di Kotagede. Ceritanya pada masa penjajahan, para penduduk pribumi ingin kue yang sering dibuat oleh para pendatang Inggris ataupun Belanda. Mereka kemudian mengadopsi kue tersebut dengan mencampur terigu, telur, lemak nabati dan juga susu untuk membuat kue ini. Sekarang, Kue Kembang Waru ini sudah lumayan sulit untuk ditemukan sahabat explorer di pasar tradisional lainnya. Padahal dengan teksturnya yang empuk dan renyah, tentunya kue basah yang satu ini merupakan pasangan serasi untuk menemani kopi sore sahabat explorer. Dijamin sip banget deh rasanya!

3. Getuk

5 jajanan pasar unik di yogyakarta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : coretanpetualang

5 jajanan pasar unik di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Getuk. Mungkin kalian sering mendengar nama jajanan ini nih anak 90an, namun buat kalian yang millenials, mungkin belum banyak yang tahu. Jajanan yang satu ini terbuat dari ketela sahabat explorer, konon getuk ini berasal dari Gunung Kidul, jadi ada perbedaan rasa dengan getuk biasa pada umumnya di Jawa Tengah. Oleh karena perbedaan inilah yang membuat kalian harus mencoba jajanan pasar yang satu ini. Jadi, kalau ke Kotagede, siapkan perut kosong kalian untuk mencicipi berbagai macam kuliner ya sahabat explorer!

4. Jenang

5 jajanan pasar unik di yogyakarta - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travelingyuk

5 jajanan pasar unik di Yogyakarta yang selanjutnya adalah Jenang. Sebenarnya berbagai macam jenis Jenang (bubur dalam bahasa Jawa) ada di sini. Mulai dari Jenang Sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan, kemudian diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan citarasa yang luar biasa. Ada juga Jenang Grendul yang memiliki bentuk bulatan berwarna coklat seperti kelereng yang sangat kenyal. Ada juga Jenang Ketan, wajik dan juga lain-lainnya. Pokoknya kalian akan takjub dengan berbagai jenis jajanan yang ada di Pasar Kotagede ini sahabat explorer.

5. Sego Jagung

5 jajanan pasar unik di Yogyakarta yang terakhir adalah Sego Jagung atau nasi jagung. Jajanan yang satu ini cukup murah dan juga mengenyangkan loh sahabat explorer. Bentuknya dibulatkan seperti kepalan tangan dan juga ada grontol atau pipilan jagung yang dikukus hingga matang dan merekah. Lalu diberi dengan taburan kelapa yang membuat rasanya semakin gurih sahabat explorer. Pokoknya jajanan yang satu ini kalian wajib banget coba deh!

Nikmati Jajanan Pasar di Jogja Bersama YoExplore!

Sahabat explorer, itulah 5 jajanan pasar unik di Yogyakarta yang bisa kalian nikmati. Intinya, kalau sudah datang ke kota yang satu ini, jangan tanggung-tanggung untuk kuliner sekalian. Bakalan rindu banget deh pasti sama kuliner yang ada di kota ini!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar