Jawa Barat Makanan Dan Minuman

Sudah Pernah Cobain Kue Manis Dari Jawa Barat Ini?

5 kue khas jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : travelingyuk

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kembali lagi dalam episode mengenai kuliner nih. Hal yang satu ini memang selalu menyenangkan untuk dibahas, baik resepnya atau jenis makanannya. Di Indonesia sendiri, kue basah atau kue kering memang sudah menjadi jajanan masyarakat pada setiap harinya. Berbagai macam jenis kue memang tersedia banyak di pasar. Kue tradisional Indonesia memiliki berbagai macam varian, mulai dari rasa, warna, bentuk hingga pengolahan yang sangat unik. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ciri khas kuenya sendiri. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 5 kue khas Jawa Barat yang masih eksis hingga saat ini. Kira-kira di dalamnya ada kue favorit kalian gak ya?

5 Kue Khas Jawa Barat

Tentunya, kue ini banyak yang familiar bagi kalian yang warga Jakarta, karena memang dekat dengan wilayah Jawa Barat. Khususnya kota-kota seperti Bogor, Bandung atau Cirebon, pasti sudah pernah mendengar atau bahkan mencicipi 5 kue khas Jawa Barat yang akan YoExplore bahas kali ini. Kuenya bikin ngiler semua deh dijamin! Selain itu, kue-kue ini juga enak untuk menemani kalian ngopi di sore atau pagi hari. Ada beberapa jenis kue yang namanya sangat unik sahabat explorer! Memang orang Indonesia ini ada-ada saja deh! Kalau bikin nama untuk kue itu kadang terdengar lucu singkatannya, dan juga Kalian bakalan kelaparan sendiri lihatnya! Yaudah yuk, langsung kita bahas ada apa saja kue-kuenya!

Baca Juga : Hai Pria! Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Traveling Ini Ya!

1. Wajit Cililin

5 kue khas jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tokopedia

5 kue khas Jawa Barat yang pertama adalah Wajit Cililin. Cemilan manis yang satu ini dapat kalian temukan di toko oleh-oleh yang berada di Jawa Barat karena sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Bentuknya memang sangat unik karena terlihat seperti limas. Wajit cililin ini terbuat dari beras ketan, gula merah, dan kelapa parut yang kemudian dimasak lalu kemudian dibungkus dengan kulit jagung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Enak banget nih pastinya buat ngopi sahabat explorer. Kalau memang lagi melihat cemilan yang satu ini, jangan gak dibeli ya!

2. Kue Balok

5 kue khas jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : detikfood

5 kue khas Jawa Barat yang selanjutnya adalah Kue Balok. Kue yang satu ini berasal dari Bandung sahabat explorer, jadi kalian boleh coba beli oleh-oleh yang satu ini dibandingkan yang itu-itu saja. Namanya kue Balok karena memang bentuknya yang seperti balok kayu dipotong-potong. Biasanya, jajanan ini banyak tersedia di kaki lima juga, jadi tidak ada hanya di toko saja. Banyak variannya mulai dari rasa coklat sampai yang polos dan hanya dengan topping meses juga ada. Rasanya sudah jelas manis dan gurih karena makanan yang satu ini dibuat dengan adonan tepung terigu yang dicampur dengan gula pasir dan susu yang kemudian di panggang di atas cetakan yang berbentuk seperti balok.

3. Bandros

5 kue khas jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : cookpad

Kue khas Jawa Barat yang selanjutnya adalah Bandros. Kue yang satu ini mirip dengan kue rangi dan juga kue pukis sahabat explorer dikarenakan yang bentuknya setengah lingkaran. Namun, rasa kue yang satu ini sangat berbeda dengan keduanya yang disebutkan tadi. Meski dibuat dengan cetakan yang sama, kue bandros ini memiliki citarasa manis dan gurih karena dibuat dengan campuran tepung terigu, santan kelapa, dan garam yang lalu dimasak di dalam cetakan. Saat sudah matang, bandros ditaburi dengan gula pasir atau meses di atasnya. Wah, bagi kalian pecinta makanan manis, wajib mencicipi kuliner yang satu ini! Dijamin rasanya top markotop jos ganjos deh!

4. Colenak

5 kue khas jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : sajiansedap

5 kue khas Jawa Barat yang selanjutnya adalah colenak. Namanya aneh ya? Iya memang terdengar aneh, namun ini adalah sebuah singkatan sahabat explorer. Artinya adalah “dicocol makin enak” unik banget kan nama dan singkatannya. Memang ada-ada saja ya sahabat explorer, hehe. Camilan manis dari Bandung ini memang sudah ada semenjak tahun 1930an. Makana yang satu ini terbuat dari peyeum alias tape yang dibakar diatas arang hingga kecoklatan, lalu disajikan dengan cara dipenyet dan ditaburi gula merah cair dan juga kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Berhubung zaman sudah modern, kalian bisa melihat jajanan yang satu ini ditaburi lagi keju atau meses di atasnya, namun dasarnya tetap sama. Wah, rasanya dijamin gurih banget deh sahabat explorer!

5. Piscok

5 kue khas jawa barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : cookpad

5 kue khas Jawa Barat yang terakhir adalah Piscok! Kalau yang satu ini kita jamin kalian sudah banyak yang tahu deh. Camilan yang satu ini merupakan camilan favorit orang Indonesia! Hehe karena memang banyak sekali ditemukan di kaki lima sahabat explorer. Teksturnya yang garing dan juga pisang yang manis di dalamnya ditambah dengan coklat meleleh, membuat siapapun menyukai makanan yang satu ini. Rasanya dijamin enak banget deh! Biasanya orang yang makan ini ga cukup satu atau dua, pasti lebih! Paling enak memang ditemani dengan secangkir kopi pahit ya sahabat explorer!

Cemilan Khas Jawa Barat

Sahabat explorer, itulah 5 kue khas Jawa Barat yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar