Makanan Dan Minuman

Ternyata Bikin Keju Mozarella Itu Tidak Sulit Loh!

YOEXPLORE.co.id - cara bikin keju mozarella
image source : cookpad.com

YOEXPLORE.co.id – Keju, merupakan salah satu jenis makanan dari produk olahan susu. Keju, merupakan jenis makanan yang biasa digunakan sebagai topping seperti untuk Pizza, Spaghetti, hingga Roti Isi. Jenis-jenis keju tersebut juga tersedia berbagai macam. Dari yang umum seperti Cheddar, Red Cheddar, Mozarella, dan lain-lainnya. Kali ini, kita akan spesifik membahas keju Mozarella. Cara bikin keju Mozarella itu sendiri, ternyata tidak sesulit seperti yang kita bayangkan. Banyak produsen keju di Indonesia yang mematok harga keju Mozarella itu sangat mahal. Padahal, jika kita mengetahui bagaimana proses membuat keju Mozarella itu sendiri, kita bisa membuatnya di rumah. Tentunya, keju yang akan kita buat akan lebih sehat daripada buatan pabrik. Kita bisa menggunakan susu sapi murni yang asli tanpa campuran dan bahan kimia lainnya seperti pengawet, pewarna, dan perasa susu.

Cara Bikin Keju Mozarella Yang Sangat Mudah!

Kali ini, YoExplore bersama dengan warga desa wisata binaannya yaitu Desa Wisata Pasir Ipis , bekerja sama dengan Ibu Endang sebagai pembuat keju Homemade. Beliau juga instruktur Yoga di Padma Yoga (@lincakwangi), Depok. Ibu Endang, sudah memproduksi keju buatannya sendiri sejak beberapa bulan yang lalu. Keju buatan Ibu Endang ini tidak dicampur dengan pengawet dan pewarna, dan tentunya, rasanya nikmat sekali loh sahabat explorer. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan beberapa kali percobaan, bagi kalian yang gagal, jangan pernah menyerah untuk membuatnya lagi dan lagi.

Bahan – bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Susu sapi 1 liter
  2. Baskom Plastik 2 buah
  3. Rennet
  4. Asam Sitrat
  5. Garam

Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, kalian tentu sudah bisa nih membuat Keju Mozarella Homemade. Untuk cara bikin keju Mozarella, yang dibutuhkan selain dari bahan-bahan tersebut adalah teknik-teknik seperti Pasteurisasi susu. Hal ini bertujuan untuk membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa dan lainnya. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena dengan ini, kalian tentu akan mendapatkan keju yang nikmat, berkualitas, dan tentu juga menyehatkan.

Pasteurisasi Susu Merupakan Hal Wajib!

Setelah Pasteurisasi susu, kalian bisa menambahkan Rennet dan Asam Sitrat agar susu tersebut menggumpal dan menjadi seperti sebuah Pudding atau Tahu. Untuk mencapai proses ini, kalian tentu harus sabar, karena ini dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit.

Setelah susu menggumpal, susu itu akan membentuk menjadi Curd yang nantinya akan menjadi keju, dan Whey (air dari tirisan susu) yang tentunya bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Dengan Whey, kalian bisa membuat Sup, dan bahkan bisa menjadikannya masker untuk muka. Curd ini, bisa kalian taruh di atas baskom, dan kemudian taburi garam secukupnya agar terasa asin.

Setelah itu, kalian aduk-aduk hingga bentuk dari gumpalan tersebut menyatu dan elastis. Untuk mengetahui apakah keju tersebut sudah elastis atau belum, kalian bisa menyubitnya ke atas dan jika sudah cukup kuat, maka bisa dipastikan Keju Mozarella kalian sudah jadi. Bagaimana sahabat explorer? Mudah bukan caranya?

Baca Juga : Aneka Kue Tradisional Jawa Yang Masih Ada!

YOEXPLORE.co.id - cara bikin keju mozarella

Mudah Untuk Dibuat Di Rumah

Cara bikin Keju Mozarella ini, dapat kalian buat di rumah, dengan catatan, susu yang harus kalian gunakan adalah susu murni. Kenapa susu murni? Dengan menggunakan susu murni, hasil dari rasa keju tersebut maksimal dan menyehatkan. Baik dari segi tekstur, rasa, dan proses sempurna dari penggumpalan susu tadi. Manfaat lainnya tentu lebih banyak, dikarenakan susu murni tersebut masih kaya dengan protein dan gizi bagus lainnya yang terkandung.

Sahabat explorer, itulah cara bikin keju Mozarella yang mudah dan sehat. Indonesia juga memiliki banyak peternak sapi yang memiliki produk susu murni unggulan loh. Daripada kalian membeli di supermarket yang belum tentu memiliki kandungan 100% susu, lebih baik bikin sendiri kan. Cara buatnya juga mudah, yang dibutuhkan hanyalah beberapa bahan simple yang bisa kalian dapatkan di toko kue terdekat. Proses pembuatannya juga tidak lama kok, kurang lebih satu jam, kalian sudah bisa menikmati keju Mozarella buatan kalian sendiri!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar