Makanan Dan Minuman

Musim Hujan, Cocoknya Minum Yang Hangat Dengan Kue Brownies!

cara membuat brownies - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: merdeka

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, saat musim hujan begini memang paling cocok minum yang hangat-hangat seperti kopi atau teh ditemani dengan kue yang manis-manis. Harus diingat, jika makan makanan yang manis jangan terkemudian banyak ya, karena bisa menyebabkan penyakit seperti Diabetes! Konsumsinya dibatasi ya sahabat explorer. Ngomong-ngomong soal makanan manis, kali ini kita akan membahas cara membuat brownies loh. Wah, siapa sih yang gak suka makanan yang satu ini? Rasanya sudah pasti enak dan menjadi salah satu kegemaran kue masyarakat Indonesia. Dari warnanya saja sudah terlihat coklat dengan tekstur yang lembut dan tentunya rasa yang meledak di mulut. 

Cara Membuat Brownies

Makanan ini memang sedikit mirip dengan kue bolu sahabat explorer, yang membedakan adalah citarasanya yang sedikit manis dan juga pahit. Kue ini sangat terkenal dan ada dimana-mana, namun tidak ada salahnya jika kalian ingin mencoba membuatnya sendiri. Silahkan pergi ke toko kue terdekat untuk membeli bahan-bahan berikut ini:

Baca Juga: Cara Membuat Nasi Briyani Khas Arab!

Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kue brownies ini. Cara membuat brownies-nya dapat kalian lakukan setelah mengumpulkan terlebih dahulu bahan-bahannya:

  • Telur – 3 butir
  • Gula pasir – 110 gram
  • Emulsifier – 1/4 sdt
  • Tepung terigu serbaguna – 60 gram
  • Coklat bubuk – 25 gram
  • Margarin – 85 gram
  • Coklat masak (DCC), cincang – 50 gram
  • Susu kental manis coklat – 35 gram
  • Minyak goreng, untuk mengoles loyang – secukupnya

Topping (Ganache Marble)

  • Coklat masak (DCC), cincang – 100 gram
  • Whipcream cair – 30 ml
  • Whipcream cair, untuk motif marble – 20 ml

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan ini sudah terkumpul, barulah kita masuk ke dalam cara membuat brownies. Perhatikan langkah-langkah berikut ini agar hasilnya maksimal ya sahabat explorer. Kalau memang berhasil, siapa tau ini bisa menjadi salah satu bisnis kecil-kecilan kalina!

  1. Oles loyang (saya pakai ukuran 22×10 cm) dengan minyak goreng. Lapisi bagian atasnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Panaskan panci/dandang kukusan. Lapisi tutupnya dengan kain lap/serbet.
  3. Lelehkan margarin bersama coklat masak sambil terus diaduk. Gunakan api kecil. Setelah leleh dan tercampur rata, kemudian dinginkan.
  4. Dalam wadah, mixer telur, gula, dan emulsifier dengan kecepatan sedang sampai putih dan mengembang.
  5. Masukkan tepung dan coklat bubuk sambil diayak. Aduk balik dengan spatula hingga rata.
  6. Masukkan lelehan margarin dan coklat tadi. Aduk balik hingga benar-benar rata.
  7. Ambil 100 gram adonan. Campur dengan 35 gram susu kental manis coklat. Aduk rata. Sisihkan.
  8. Ambil loyang kemudian tuangkan ½ bagian adonan awal ke dalam loyang. Kukus selama 15 menit dengan api sedang. Angkat dan keluarkan.
  9. Tuang adonan yang telah dicampur susu kental manis coklat ke dalam loyang. Ratakan kemudian kukus kembali selama 5-10 menit. Angkat dan keluarkan.
  10. Tuangkan sisa ½ adonan pertama ke dalam loyang. Ratakan kemudian kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan. Keluarkan kue dari loyang. Sisihkan.
  11. Ganache: Panaskan whipcream cair dan coklat cincang dengan api kecil. Aduk-aduk hingga coklat mencair. Masukkan ke dalam plastik segitiga.
  12. Semprotkan ganache cair ke atas kue brownies, mulai dari bagian tengah hingga ke pinggir. Hentak-hentakkan wadah/alas tempat brownies agar ganache menjadi rata.
  13. Membuat motif marble: Masukkan whipcream cair ke dalam plastik segitiga. Semprotkan ke atas ganache coklat yang masih cair di atas brownies, bentuk jadi 3 garis memanjang. Gunakan sumpit atau tusuk gigi untuk menggoreskan bentuk angka 8 secara berulang di atas ganache & whipcrem cair yang sudah disemprotkan, hingga membentuk motif marble.

Beres deh sahabat explorer! Bagaimana? Susah-susah gampang ya membuatnya! Namun jika berhasil tidak ada salahnya untuk menjadikan ini sebagai bisnis kecil-kecilan kalian. 

Sampai disini saja cara membuat brownies yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar