Makanan Dan Minuman

Berikut Adalah Cara Membuat Kue Putu Mayang Khas Betawi!

cara membuat kue putu mayang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: industry

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sudah pernah makan kue Putu Mayang belum? Kuliner atau jajanan khas Betawi yang satu ini memang sudah langka ditemukan loh. Mungkin hanya ada di beberapa daerah yang memang kental dengan budaya Betawi seperti Tebet, Rawabelong, Kemayoran atau Setu Babakan. Kue ini berbentuk seperti benang yang kusut dengan warna warni yang berbeda-beda. Rasanya gurih dan manis karena disajikan dengan parutan kelapa dan juga dengan kuah dari gula merah. Biasanya kue yang satu ini bisa kita jumpai dalam hajatan, syukuran, atau sebagai takjil pada saat bulan Ramadhan. Cara membuat kue putu mayang ini gampang kok! Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah untuk dicari. 

Cara Membuat Kue Putu Mayang

Jika kalian kangen dengan makanan yang satu ini langsung saja bikin di rumah sahabat explorer. Dalam episode kali ini, YoExplore akan membahas bagaimana cara membuat kue putu mayang yang enak dan gurih. Cocok untuk cemilan sore hari sambil ditemani dengan teh atau kopi hangat sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak bahan-bahan dan juga cara membuat kue putu mayang ini ya sahabat explorer

Baca Juga: Resep Membuat Takoyaki Ala Indonesia!

Bahan-Bahan

Dalam membuat kue putu mayang diperlukan beberapa bahan-bahan yang  bisa kalian cari di pasar tradisional atau toko kue terdekat di rumah. Bahan-bahannya tidak sulit dicari kok, kami jamin di toko kue mana saja pasti ada deh!

Bahan Utama: 

  1. Tepung beras, 250 gram
  2. Tepung sagu, 200 gram
  3. Santan cair, 800 ml
  4. Garam (secukupnya)

Ini adalah bahan utama dalam membuat kue putu mayang, masih ada bahan lagi yang perlu kalian persiapkan sahabat explorer. Bahannya adalah bahan untuk saus atau kuah dari putu mayang itu sendiri. Berikut adalah bahan-bahannya:

Bahan Kuah:

1.Santan kental, 1000 ml

2.Gula merah, 150 gram

3.Gula pasir, 50 gram

4.Daun pandan, 2 lembar

5.Garam (secukupnya)

6. Selain gula merah bisa disajikan dengan parutan kelapa.

Mudah semua kan sahabat explorer? Jika bahan-bahan ini sudah siap, maka langsung saja kita masuk ke cara membuat kue putu mayang ini! Cekidot!

Cara Membuat

Ikuti langkah cara membuat kue putu mayang ini agar hasilnya maksimal ya sahabat explorer. Gak makan waktu lama kok, paling lama 1 jam setengah! Simak ya!

  1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung beras, santan dan garam. Lalu masak hingga matang, setelah sudah matang angkat dan dinginkan. Masukkan tepung sagu ke dalam campuran yang dingin tersebut, jika ingin membuat dengan berbagai warna,  adonan dibagi tiga misalnya, 1 warna putih, 1 warna hijau, dan satu warna merah.
  2. Aduk sampai merata, lalu tuang ke dalam cetakan kue Putu Mayang (bisa cari di pasar, cetakan kue khusus Putu Mayang). Setelah itu, kukus selama kurang lebih 10 menit dalam panci yang beralaskan daun pisang, periksa setiap tiga menit, lalu jika dirasa sudah matang, langsung angkat.
  3. Sedangkan, jika ingin membuat saus gula merahnya, masak bahan saus yang sudah dicampur menjadi satu yakni santan, gula pasir, gula merah, garam dan juga daun pandan. Gunakan api yang sedang, aduk hingga mendidih. Jika sudah menyatu dan matang, segera angkat.
  4. Tuang saus Putu Mayang dalam wadah yang sudah disiapkan bersama kue Putu Mayang yang sudah matang.

Bagaimana sahabat explorer? Mudah banget kan cara buatnya! Kalian bisa langsung praktekkan ini di rumah sekarang juga sahabat explorer. Lumayan banget nih buat cemilan di sore hari sambil minum kopi!

Sekian artikel cara membuat kue putu mayang ini, semoga bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar