Makanan Dan Minuman

Resep dan Cara Membuat Makaroni Schotel Yang Mantap!

cara membuat makaroni schotel - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: cookpad

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kembali lagi dalam tema resep dan cara membuat makanan atau minuman bersama YoExplore. Seperti biasa kami kembali dengan berbagai macam resep makanan yang sangat menggugah selera. Kali ini kita akan membaca bagaimana cara membuat makaroni schotel yang nikmat, creamy dan tentunya mudah dan anti ribet sahabat explorer. Makanan yang satu ini cocok sebagai makanan penutup atau pengganti utama dari nasi. Rasanya yang garing di pinggir atau kulit, tapi lembut dan creamy di dalamnya membuat siapapun pasti suka makanan yang satu ini. Belum lagi dengan rasa keju yang tentunya membuat makanan ini seakan lengkap untuk mengisi perut kita ya sahabat explorer

Cara Membuat Makaroni Schotel

Banyak yang bilang kalau makanan jenis ini berasal dari Belanda karena nama ‘schotel’ tersebut yang sudah sulit untuk dibantahkan. Pasalnya, dalam bahasa Belanda ‘schotel’ ini artinya adalah ‘hidangan’. Dari namanya sudah jelas bahwa makaroni schotel adalah sebuah nama dari kesatuan jenis makanan. Tentu saja tidak aneh ya sahabat explorer di mulut kita, secara kita pernah dijajah oleh Belanda cukup lama. Tidak heran jika beberapa resep makanan dari negeri kincir angin tersebut melekat dengan erat oleh masyarakat Indonesia. Seperti makanan barat pada umumnya, makanan yang satu ini juga mudah dibuatnya kok sahabat explorer! Simak bahan pelengkap dan cara membuatnya yuk! Langsung cekidot ya sahabat explorer!

Baca Juga: Bingung Masakan Untuk Makan Malam? Masak Dendeng Sapi Kering Aja Yuk!

Bahan-Bahan

Seperti biasa kami akan beberkan beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makaroni schotel yang nikmat ini sahabat explorer. Gunakan merk terbaik agar rasanya mantul! Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

– 500 gram macaroni

– 3 sdm mentega

– 3 sdm terigu

– 600 ml susu cair

– 1/2 butir bawang bombay

– 1 pak smoked beef, potong kotak-kotak

– 200 gram Keju cheddar

– 100 gram mozarella

– 3 butir telur ayam

– Parsley, cincang halus

– Saus tomat

– Biji pala

– 2 sdt garam dan gula

– 1 sdt lada hitam

– Minyak zaitun

Bahan-bahannya memang lumayan banyak ya sahabat explorer, maklum saja karena makanan yang akan kita buat ini rasanya sangat nikmat! Setelah kalian mempersiapkan bahan-bahannya, mari langsung kita masuk ke dalam cara membuatnya ya sahabat explorer!

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan sudah siap, sekarang kita langsung masuk ke dalam cara membuat makaroni schotel ini ya sahabat explorer. Ikuti langkah berikut ini agar berhasil dan rasanya maksimal. Jika mengikuti dengan benar, maka rasanya top markotop jos ganjos! Langsung simak yuk sahabat explorer!

  1. Potong bawang bombay, parsley, dan smoked beef.
  2. Masukkan sedikit minyak zaitun dan tumis bawang bombay bersama smoked beef dalam panci.
  3. Tambahkan mentega, terigu dan susu cair. Tunggu hingga mendidih dan kental.
  4. Tambahkan keju parut, garam, lada, gula dan biji pala.
  5. Kemudian, tambahkan parsley cincang dan matikan kompor. Biarkan dingin.
  6. Lalu masukkan macaroni dan telur, aduk hingga merata. Pindahkan ke kaserol, lalu berikan saus tomat  dan taburan keju parut.
  7. Panggang selama 20-30 menit dengan suhu 180 derajat sampai cokelat. Sajikan selagi hangat.

Bagaimana sahabat explorer? Pasti wangi dan mudah untuk dipotong deh kalau kalian mengikuti dengan benar tata cara membuat makaroni schotel ini. Jangan lupa sajikan denga saus sambal sebagai pelengkap ya sahabat explorer.

Sahabat explorer, sekian resep dan cara membuat makaroni schotel yang bisa YoExplore share kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar