Makanan Dan Minuman

Bikin Martabak Manis Sendiri Di Rumah Yuk!

cara membuat martabak manis - yoexplore - yoexplore.co.id
image source: dapurkobe

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, salah satu jajanan atau cemilan yang paling sering kita temui di Indonesia adalah martabak. Khusus di Jakarta, martabak keju atau coklat dan isi lainnya itu disebut dengan martabak manis. Namun jika di beberapa kota lain di Jawa, maka disebutnya dengan Martabak Terang Bulan sahabat explorer. Namun, yang disajikan itu sama! Biasanya martabak manis itu meliputi coklat (meses), keju, kacang, selai dan lain-lain. Bahkan zaman sekarang kita tau kalau martabak mulai bermacam-macam lagi variasinya sahabat explorer. Mulai dari isi Cadbury, Nutella, Oreo, hingga dengan adonan yang warna warni seperti pandan, Red Velvet, Blackforest dan lain-lainnya. Makanan yang satu ini memang banyak peminatnya! Rasanya yang gurih, manis dan juga lumayan bikin kenyang ini menjadi cemilan favorit masyarakat Indonesia terutama di malam hari. Namun, ternyata cara membuat martabak manis ini cukup mudah loh sahabat explorer! Kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Martabak Manis

Memang, kalian diharuskan memiliki teflon bundar agar bentuknya seperti martabak yang dijual di kedai-kedai. Kalian bisa membelinya di online atau di toko-toko perlengkapan dapur yang ada dekat dengan tempat tinggal kalian. Ada beberapa bahan-bahan yang perlu disiapkan sahabat explorer. Memang sedikit rada banyak, namun semuanya bisa kalian beli di toko kue terdekat atau di online. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk!

Baca Juga: Sambal Goreng Daging! Rasa Pedas Dan Daging Sapi Yang Menggoyang Lidah!

Bahan-Bahan

Cara membuat martabak manis ini yang terpenting adalah adonannya tidak gagal sahabat explorer. Rasa adonannya gurih, dan juga mengembang dengan sempurna. Dengan demikian, perhatikan takaran dan bahan-bahan berikut ini ya sahabat explorer

  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 180 ml air matang
  • 4 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan susu bubuk (opsional)
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Susu kental manis secukupnya

Bahan-bahan ini jangan sampai ada yang kelebihan dan kekurangan ya sahabat explorer. Khusus untuk susu kental, kalian bisa icip sedikit terlebih dahulu apakah rasanya sudah pas atau belum saat dicampur di dalam adonan. 

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan tersebut diracik dalam satu wadah, baru lah kalian kita mulai ke dalam cara membuat martabak manis ini sahabat explorer. Perhatikan langkah-langkah berikut ini agar tidak salah saat hasil jadinya ya!

  1. Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, dan air. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5-10 menit saja.
  3. Selagi adonan didiamkan, letakkan 3 sendok makan margarin di panci atau loyang teflon. Cairkan di atas api kompor. Kemudian diamkan sampai sedikit mendingin.
  4. Kocok lepas telur ayam hingga tidak ada bagian putih yang menggumpal lagi.
  5. Tambahkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas tadi.
  6. Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuangkan adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran.
  7. Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu taburkan sisa 1 sendok makan gula pasir di permukaannya.
  8. Tutup loyang teflon, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
  9. Selagi masih panas, olesi martabak dengan sisa 1 sendok makan margarin. Tuangi susu kental manis. Potong-potong dan beri topping sesuai selera.
  10. Martabak manis Homemade siap disajikan untuk keluarga tercinta!

Sahabat explorer, itulah cara membuat martabak manis yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar