Makanan Dan Minuman

Warisan Nusantara! Cara Membuat Nasi Kuning Yang Gurih!

cara membuat nasi kuning - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: unilever

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, warisan nenek moyang kepada kita tidak hanya terletak pada kain batik dan juga candi-candi peninggalan zaman kerajaan saja loh. Dari segi kuliner juga ada peninggalan yang sudah menjadi umum. Biasanya, dalam kegiatan atau acara adat, nasi kuning ini menjadi sebuah simbol sahabat explorer. Dalam rangkaian acara tertentu ada sesi yang bernama “potong tumpeng”, nah ini lah yang biasanya menandakan bahwa acara tersebut sudah ‘resmi’. Kalau zaman sekarang, jika ada yang ulang tahun juga bisa dirayakan dengan potong tumpeng ini sahabat explorer. Peresmian sebuah kantor, toko, perusahaan dan juga bangunan lainnya memang biasanya menggunakan nasi kuning yang dibuat kerucut ini. Lalu, bagaimana sih cara membuat nasi kuning? Kok rasanya bisa enak dan gurih begitu? Tenang saja, kali ini YoExplore akan memberikan kalian resepnya!

Cara Membuat Nasi Kuning

Dalam membuat nasi kuning ini, dibutuhkan ketelitian sahabat explorer, kalian juga harus memperhatikan lauk pauk yang ada di sekelilingnya, bisa telur dadar gulung, tahu tempe, ayam suwir dan yang lainnya. Jangan hanya nasi kuningnya saja ya! Walaupun itu yang terpenting, namun gak lengkap kalau tidak ada lauk pauknya sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk bagaimana cara membuat nasi kuning yang gurih, nikmat dan tentunya mudah! Simak ulasannya ya!

Baca Juga: Resep Membuat Pisang Nugget Kekinian, Cocok Untuk Cemilan Sore Hari!

Bahan-Bahan

Seperti biasa, kalian harus mempersiapkan beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk cara membuat nasi kuning ini sahabat explorer. Bahannya mudah dicari, di pasar tradisional dijamin ada semua deh! Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Beras 1 kg
  • Santan 900 ml
  • Kelapa tua 1 buah
  • Kunyit 5 cm
  • Serai 2 batang
  • Daun salam 4 lembar
  • Jahe 5 cm
  • Lengkuas 2 cm
  • Bawang merah 5 buah
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 4 sdt

Mudah dicari semua kan sahabat explorer? Pasti di pasar semuanya ada deh! Setelah ini, baru deh kita masuk ke dalam cara membuat nasi kuning!

Cara Membuat

Setelah semua bahan dipersiapkan, yang perlu kalian lakukan hanyalah mengikuti langkah-langkah yang kami persiapkan berikut ini. Ikuti agar hasilnya maksimal ya sahabat explorer! Langsung cekidot!

  1. Cuci hingga bersih beras kemudian rendam beras dalam air bersih.
  2. Haluskan bumbu yakni kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam.
  3. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukkan dalam santan dan aduk hingga rata.
  4. Masak santan hingga mendidih.
  5. Buang air rendaman beras kemudian tuang santan ke beras dengan disaring.
  6. Masukkan dan salam dan serai. Rebus beras dengan api kecil. Selama direbus aduk terus hingga air menyusut dan beras hampir menjadi nasi. Kira-kira tingkat kematangan sudah mencapai ¾.
  7. Ambil daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang.
  8. Siapkan panci untuk mengukus, rebus airnya dulu.
  9. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus.
  10. Tambahkan daun pandan.
  11. Kukus nasi hingga benar-benar matang atau istilahnya tanak.
  12. Jika ingin membentuk nasi, tunggu dulu hingga dingin. Biarkan nasi dingin dengan memakai suhu ruangan.
  13. Untuk membentuknya menjadi tumpeng, kalian bisa membentuknya sendiri atau dengan menggunakan cetakan tumpeng.

Bagaimana sahabat explorer? Mungkin memang langkahnya lumayan ribet, tapi ya begitulah kalau masakan Indonesia. Mempunyai ciri khas pembuatan yang unik dan juga bumbu yang banyak dan sangat terasa. Namun, ada kepuasan sendiri setelah kita berhasil membuatnya sahabat explorer

Sekian sudah artikel mengenai cara membuat nasi kuning, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Seperti biasa kami mengingatkan untuk jangan lupa ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar