Makanan Dan Minuman

Cemilan Enak Buat Traveling? Onigiri Aja! Gak Ribet dan Ngenyangin!

cara membuat onigiri ala jepang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : resepdanmasakan

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, salah satu makanan khas Jepang yang cukup terkenal di Indonesia adalah Onigiri. Tentunya, masih ada juga lainnya seperti Sushi, Chicken Katsu, Ramen dan lainnya. Namun, makanan yang satu ini menjadi kegemaran orang Indonesia karena bentuknya yang kecil namun mengenyangkan perut. Lumayan lah setidaknya untuk mengisi perut sebelum jam makan siang atau makan malam. Tentunya makanan ini juga bagus bagi kalian penderita asam lambung yang memang tidak boleh perut kosong lebih dari 3 jam. Kecil namun padat isi dan mengenyangkan, mungkin sekilas mengingatkan kita pada Lemper ya sahabat explorer. Memang bentuknya terlihat mirip, namun bedanya Onigiri lebih sering kita jumpai dalam bentuk bungkusan segitiga atau bundar. Ngomong-ngomong kalian yang sering makan tahu tidak cara membuat Onigiri ala Jepang? YoExplore akan bagi resepnya kali ini!

Cara Membuat Onigiri Ala Jepang

Sebelumnya, kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu Onigiri. Onigiri merupakan sebuah makanan khas Jepang yang sejenis nasi kepal dipadatkan lalu dibentuk menjadi segitiga atau bundar lalu dibungkus dengan Nori atau rumput laut. Onigiri sendiri dapat diisi dengan berbagai macam lauk seperti telur, ikan, ayam, sayur, dan lain-lainnya. Biasanya, di Indonesia makanan ini dijual di kedai-kedai makanan jepang atau di beberapa mini market khusus. Namun, bagi kalian yang tidak dapat mencarinya, maka kalian bisa membuatnya sendiri di rumah loh!

Tentunya makanan yang satu ini juga sangat cocok apabila dibawa untuk traveling. Selain mudah cara membuatnya, makanan ini juga tidak repot karena ukurannya yang kecil dan kuat untuk beberapa lama (tidak mudah basi). Selain itu, biasanya makanan Jepang itu dimakan dengan menggunakan sumpit, tapi Onigiri tidak. Kalian bisa langsung memakannya menggunakan tangan, dan tentunya bisa dalam 2-3 kali suap saja sudah habis nih Onigirinya. Itu semua tergantung dari ukuran yang kalian buat.

Baca Juga : Jenis-Jenis Diet Ini Diprediksi Bakal Populer di 2019, Mau Coba?

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan memberikan kalian resep untuk membuat Onigiri di rumah dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Tentunya aman untuk keluarga dan siap menjadi cemilan kalian saat sedang traveling menggunakan mobil atau kereta. Pembuatan Onigiri juga hanya menggunakan tangan saja loh, jadi kalian tidak memerlukan cetakan khusus untuk membuatnya. Agar nasinya menempel dengan baik, biasanya Onigiri dibuat dengan beras Jepang yang teksturnya mirip dengan beras ketan.

Onigiri tradisional, biasanya hanya menggunakan isian daging salmon panggang atau Umeboshi. Namun, sekarang sudah semakin banyak varian isi dari Onigiri ini sahabat explorer. Ada yang berisi telur, tumis-tumisan sayur, acar timun, acar Wasabi dan lain-lainnya.

Di Jepang sendiri, Onigiri merupakan salah satu makanan wajib yang dibawa untuk traveling atau bepergian jauh. Terkadang, Onigiri juga dimasukkan ke dalam Bento dan dijadikan bekal untuk anak sekolah. Namun, tidak hanya di Jepang dan Indonesia saja, negara lain seperti Tiongkong, Hong Kong, hingga Korea juga menggemari makanan yang satu ini. Biasanya hanya terdapat perbedaan nama saja sahabat explorer, namun secara konsep ya memang sama dengan Onigiri atau nasi kepal.

Bahan Yang Digunakan

Cara membuat Onigiri ala Jepang, ada beberapa bahan yang kalian butuhkan sahabat explorer. Sebagai contoh saja, mari kita buat Onigiri ini dengan isian telur dadar. Tentu saja kalian bisa mengganti isinya sesuai dengan selera kalian. Bahan-bahannya adalah :

  • Nasi yang dicampur dengan ketan atau nasi yang biasa digunakan untuk membuat sushi
  • Telur dadar yang sudah dipotong kecil-kecil
  • Garam
  • Nori (rumput laut)

Cara Membuat

Untuk tata cara pembuatannya cukup mudah, setelah semua bahan sudah siap, kalian bisa langsung memasak nasi hingga matang kemudian diamkan hingga hangat. Lalu, jangan lupa untuk mencuci tangan kalian nih sahabat explorer, karena pembuatannya menggunakan tangan. Setelah itu, basahi kedua telapak tangan kalian dengan air matang agar nasi yang lengket tersebut tidak menempel di tangan saat kalian sedang membuat bentuknya.

Dengan keadaan tangan yang masih basah, kalian bisa langsung mengambil garam secukupnya lalu mengoleskan ke telapak tangan kalian tersebut. Agar mudah, kalian bisa melakukannya seperti gerakan sedang mencuci tangan saja nih sahabat explorer. Fungsinya adalah untuk memberikan rasa asin pada Onigiri tersebut.

Cara membuat Onigiri ala Jepang yang selanjutnya adalah kalian ambil sekepal nasi di tangan, lalu isi bagian tengahnya dengan telur dadar (atau isian lain) yang sudah dipotong kecil-kecil. Setelah itu kalian bisa langsung membentuk nasinya dengan bentuk segitiga atau bentuk kesukaan kalian yang lainnya. Jika memang tidak bisa, kalian bisa saja menggunakan cetakan atau bentuk bundar agar lebih mudah.

Jika sudah terbentuk, kalian bisa langsung menempelkan selembar Nori (rumput laut) pada Onigiri tersebut. Tekan pelan-pelan Nori tersebut agar dapat menempel dengan nasinya. Sekarang, Onigiri ala Jepang tersebut sudah siap untuk disajikan.

Cemilan Mengenyangkan Untuk Keluarga Saat Traveling

Bagaimana sahabat explorer? Mudah kan cara membuat Onigiri ala Jepang? Tidak membutuhkan waktu dan bahan-bahan yang susah dicari kok! Jangan lupa untuk mencoba memasukkan isian yang lain yang mungkin cocok dengan lidah orang Indonesia ya, hehe. Kalian bisa coba dengan daging Ayam mungkin, atau ikan dan lain-lainnya. Cara membuat Onigiri ala Jepang ini mudah dan bisa dipraktekkan dimanapun. Selama masih ada nasi dan ketan, tentu membuat makanan ini sangat mungkin.

Sesekali kalian juga bisa membuat makanan ini sebagai bekal untuk anak-anak sekolah, dan agar lebih menarik, kalian bisa hias agar terlihat lebih lucu dan menarik. Gunakan kreativitas kalian untuk membuat bentuk dan hiasan yang lebih unik dari hari ke hari agar anak-anak menjadi senang. Langsung dicoba sekarang ya sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar