Makanan Dan Minuman

Cara Mudah Membuat Pizza Teflon! Tanpa Oven!

cara membuat pizza teflon - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: resephariini

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, dunia kuliner itu memang tidak pernah ada habisnya. Bagi kalian yang memang hobi memasak, maka pasti ingin selalu mencoba membuat makanan yang baru untuk keluarga di rumah. Dalam tulisan kuliner kali ini, YoExplore akan membahas mengenai cara membuat pizza teflon. Jadi, bagi kalian yang tidak punya oven tetap bisa membuat pizza sahabat explorer. Makanan yang satu ini memang sudah pasti disukai semua orang. Sebuah roti yang diatasnya diberi topping seperti sosis, sayuran, bakso bahkan sampai ke Nugget juga bisa! Jangan lupa pakai keju Mozarella ya sahabat explorer, biar rasanya makin ciamik! Makanan ini dari namanya sudah jelas berasal dari Italia, namun di Indonesia sudah menjamur nih yang menjual pizza, bahkan sampai di pinggir jalan saja ada yang jual sahabat explorer. Sepertinya menarik untuk dicoba ya?!

Cara Membuat Pizza Teflon

Seperti biasa kami akan memberikan informasi tentang bahan-bahan yang diperlukan hingga ke cara pembuatannya. Tentunya kali ini spesial, karena membuatnya bisa dengan teflon! Jadi bagi kalian yang memang tidak memiliki Oven di rumah tetap bisa berkreasi sahabat explorer! Teflon juga harganya tidak mahal, jadi kalian bisa langsung beli sekarang jika tidak punya. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer!

Baca Juga: Resep Membuat Takoyaki Ala Indonesia!

Bahan-Bahan

Seperti biasa ada beberapa bahan-bahan yang perlu kalian siapkan dalam cara membuat pizza teflon ini sahabat explorer. Bahan-bahannya masih mudah kalian cari di pasar atau minimarket, namun disesuaikan lagi dengan topping yang ingin kalian gunakan ya sahabat explorer. Berikut adalah bahan-bahan untuk roti dan juga untuk topping-nya. Cekidot!

Bahan Untuk Roti

  1. Tepung terigu protein sedang 1/2 kg
  2. Fermipan 5 gr
  3. Minyak sayur 3 sdm
  4. Garam 1/2 sdt
  5. Gula pasir 2 sdm
  6. Air 250 ml

Bahan Untuk Topping

  1. Saus tomat secukupnya
  2. Keju mozzarela secukupnya (dipotong-potong)
  3. Bawang bombay 2 buah (dicincang halus)
  4. Bila kalian suka, bisa juga menggunakan topping berikut : ikan tuna, sosis, bakso, daging asap (ham), ayam, dsb

Persiapan Sebelum Memasak

Setelah bahan-bahannya terkumpul, ada beberapa persiapan dalam cara membuat pizza teflon ini yang perlu kalian lakukan:

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan: tepung terigu, fermipan, gula pasir, garam dan minyak sayur , aduk dan campur sampai merata.
  2. Sambil menguleni tepung, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga terbentuk menjadi adonan.
  3. Tutup wadah dengan kain, dan biarkan dulu adonan di dalamnya.
  4. Siapkan wajan, lalu tumis bawang bombay sampai berbau harum, tambahkan topping sesuai selera kalian ke dalam tumisan.
  5. Masukkan secukupnya saus tomat dan saus cabai.

Adonan yang telah cukup lama didiamkan lalu digilas agar berbentuk pipih. Tentukan ketebalan adonan roti sesuai selera kalian. Makin tipis adonan, maka makin renyah rasanya. Mungkin bisa dibilang kalau tipis seperi Domino’s Pizza, kalau sedikit tebal seperti Pizza Hut! Tinggal kalian pilih saja yang mana selera kalian sahabat explorer!

Cara Membuat

Setelah bahan dan persiapan sudah kalian lakukan, maka kita langsung masuk ke dalam cara membuat pizza teflon ini sahabat explorer. Ikuti langkah berikut ini agar hasilnya mantul ya sahabat explorer!

  1. Siapkan wajan teflon, kemudian panaskan dan cairkan 1 sdm mentega.
  2. Letakkan adonan pizza diatas wajan, taburi dengan keju mozarella.
  3. Selama memasak, tutupilah wajan dengan penutupnya, agar benar-benar matang dan keju mencair dengan sempurna.
  4. Pizza teflon siap dihidangkan.

Gampang banget kan sahabat explorer? Gak perlu oven juga tetap jadi loh pizza-nya dengan sempurna! Langsung bisa kalian praktekkan di rumah nih caranya!

Sekian artikel mengenai cara membuat pizza teflon ini, semoga artikelnya bermanfaat bagi kalian yang sedang bingung ingin masak apa! Seperti biasa kami ingatkan untuk menuliskan cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar