Makanan Dan Minuman

Bagaimana Sih Cara Orang Italia Menikmati Kopi Espresso?

cara menikmati kopi espresso - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : otten

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kopi memang menjadi minuman yang paling umum kita temukan. Hampir di seluruh belahan dunia memiliki minuman yang satu ini. Rasanya yang nikmat, pahit atau manis namun bikin ketagihan, membuat siapapun jatuh cinta dengan olahan biji yang dijadikan bubuk seduh ini. Kopi bisa disajikan dengan berbagai cara, mulai dari tubruk, manual brew, hingga latte. Khusus nama terakhir, kopi tersebut akan dicampur susu yang sudah di steam (dibuihkan). Namun, kopi tersebut berbahan dasar kopi espresso. Ada yang tau gak apa itu espresso? Cara menikmati kopi espresso juga berbeda dengan menikmati jenis olahan kopi yang lainnya loh sahabat explorer. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas beberapa cara menikmati kopi espresso tersebut ala orang Italia.

Cara Menikmati Kopi Espresso Ala Orang Italia

Sesuai dengan sejarahnya, jenis olahan kopi yang satu ini memang berasal dari Italia. Kata Espresso yang berasal dari kata express atau cepat. Disajikan dalam cangkir kecil berukuran 30-45 ml dan memiliki ciri khas crema di permukaannya. Kepopuleran espresso berawal dari maraknya kedai kopi di dunia, khususnya di Eropa. Proses penyeduhan kopi ini membutuhkan waktu yang lama, sehingga pembeli harus mengantre cukup panjang untuk mendapatkannya. Orang-orang pun (pada waktu itu) mulai mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Seorang pria yang berasal dari Turin, Italia yang bernama Angelo Moriondo berhasil menemukan sebuah mesin seduh. Lalu, ia mematenkannya dengan sebutan new steam machinery for the economic and instantaneous confection of coffee beverage. Wah, cukup panjang juga ya sahabat explorer sebutannya.

Mesin ciptaan Moriondo inilah yang menjadi cikal bakal munculnya mesin-mesin espresso yang modern. Muncullah nama-nama seperti Luigi Bezzerra, Desiderio Pavoni, dan lain-lain yang kemudian memodifikasi mesin Moriondo menjadi lebih praktis dan juga modern. Pada akhirnya, tercipta juga lah beberapa cara menikmati kopi espresso yang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi masyarakat di Italia. Tentunya, kalian bisa melakukan ini saat melakukan kunjungan ke coffeeshop langsung, abaikan jika kalian membuatnya di rumah sendiri ya sahabat explorer. Kira-kira, caranya seperti apa sih? Mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga : Jenis Seduh Kopi Sekarang Bermacam-macam! Kalau Kamu Suka Yang mana?

1. Pesan Langsung di Bar

 

 

Cara menikmati kopi espresso ala orang Italia yang pertama adalah memesan langsung di Bar. Setibanya kalian di coffee shop, maka kalian bisa langsung mengunjungi tempat barista mengolah kopi. Soalnya, sangat jarang sekali orang Italia menikmati kopi espresso sambil duduk santai di cafe. Mungkin itu hanya di Indonesia saja yang memang erat kaitannya antara kopi dan nongkrong.

Kalau di Italia sana, kalian langsung duduk depan Barista, dan memesan langsung kopi espressonya disitu. Jadi, kalian hanya duduk di meja bar saja nih sahabat explorer, tidak di round table untuk makan atau nongkrong.

2. Hirup Secara Perlahan

Semacam ritual saja nih sahabat explorer, setelah kopi espresso sudah ada di meja bar kalian, sebelum meminumnya kalian bisa hirup terlebih dahulu. Nikmati aroma kopi yang harum tersebut sebelum kalian meminumnya. Berbeda wilayah kopi, tentu rasanya berbeda juga, dan Indonesia dikaruniai dengan banyaknya wilayah penghasil kopi tersebut. Dengan demikian, bagi kalian penikmat espresso, wajib melakukan cara menikmati kopi espresso yang satu ini ya!

3. Segera diminum Sampai Habis

Cara menikmati kopi espresso yang selanjutnya adalah meminumnya langsung sampai habis. Dalam satu tegukan saja sudah cukup untuk menghabiskan satu cangkir kopi espresso. Patokannya adalah dari crema yang ada pada kopi espresso. Crema merupakan sebuah buih yang berwarna coklat pada permukaan kopi yang timbul dari efek suhu tinggi yang didapatkan pada perpaduan bubuk kopi dan air panas tersebut. Crema mampu menjaga aroma dan juga rasa dari kopi tersebut, namun sayangnya crema tersebut juga tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, selagi crema masih ada, maka kalian harus langsung meminumnya sampai habis, jangan sedikit-sedikit. Rasanya tentu sangat berbeda sahabat explorer, kalau tidak percaya kalian bisa langsung cicipi sendiri saja!

4. Jangan Tambahkan Susu

Cara menikmati kopi espresso yang selanjutnya adalah jangan menambahkan susu ke espresso kalian. Tentunya ini sudah termasuk jenis olahan kopi yang lainnya, karena bisa menjadi Latte atau Cappucino jika dicampur dengan susu. Beranikan diri untuk menikmati sensasi pahitnya espresso kalian. Walaupun kedua minuman tersebut berbasis espresso, namun sensasi dan rasa akhirnya tentu akan berbeda sahabat explorer.

Nikmati Juga Kopi Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa cara menikmati kopi espresso yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar