Makanan Dan Minuman

Mau Tau Cara Bikin Klepon Bali? Simak Resepnya Ya!

cara mudah membuat klepon bali - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : merdeka

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, siapa diantara kalian yang pernah mencicipi jajanan khas Bali yang satu ini? Namanya Klepon Bali yang berisikan gula merah. Rasanya manis dan enak banget buat cemilan sore hari! Belum lagi sensasi pecah di dalam mulutnya itu saat kita mengunyahnya bulat-bulan, dijamin unik banget deh. Jajanan tradisional Bali yang satu ini termasuk dalam kategori kue. Makanan ini cukup populer di Bali sahabat explorer, kalian bisa temukan di pasar-pasar tradisional. Biasanya dibungkus dengan daun pisang  atau sudah dikemas dalam kemasan plastik kecil. Bentuknya yang imut-imut ini memang membuat kalian tidak sadar sudah makan berapa banyak. Rasa manis dari gula merah dan juga tekstur yang kenyal dan legit, membuat siapapun pasti suka dengan makanan yang satu ini. Namun, kalian bisa membuat jajanan ini di rumah loh! Cara mudah membuat klepon Bali ini akan kita bahas dalam artikel hari ini. Simak terus ya sahabat explorer!

Cara Mudah Membuat Klepon Bali

YoExplore, selain peduli terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia, kami juga sangat merekomendasikan kalian untuk mencicipi kuliner tradisional. Tidak hanya di Bali saja, dimanapun kalian sedang traveling, maka kalian harus mencicipi kuliner khasnya. Semua itu agar traveling kalian terasa lebih lengkap dan menyenangkan. Kebetulan tema kita hari ini adalah klepon Bali, maka kita akan share ke sahabat explorer tentang bagaimana cara membuatnya. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah untuk dicari kok sahabat explorer. Dan kalian tidak perlu takut, karena gula yang digunakan adalah gula merah atau gula jawa, yang aman untuk penderita diabetes. Baiklah kalau begitu, mari kita simak cara membuatnya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Bingung Mau Bawa Bekal Buat di Perjalanan? Bikin Abon Ayam Aja!

Bahan-Bahan Yang Digunakan

Cara mudah membuat Klepon Bali , kalian membutuhkan bahan-bahan berikut ini :

  • 450 gr tepung ketan putih
  • 50 gr tepung beras
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • gula merah secukupnya ( disisir halus )
  • air secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • kelapa parut yang tidak terlalu tua secukupnya untuk taburan
  • pasta pandan secukupnya

Bahan yang digunakan mudah kan sahabat explorer untuk dicari? Kalian bisa mencarinya di pasar tradisional atau mungkin minimarket terdekat. Tidak hanya di Bali saja, di wilayah manapun bahan-bahan ini mudah banget untuk dicari kok! Usahakan lengkap semua ya, agar hasil yang didapat juga lebih maksimal sahabat explorer.

Cara Membuat Klepon

Setelah semua bahan-bahan terkumpul, maka kalian sudah bisa langsung membuat Kue Klepon Bali ini sahabat explorer. Mari langsung kita simak bagaimana proses pembuatannya ya!

  1. Langkah pertama, kalian bisa campurkan tepung ketan dan tepung beras dalam satu wadah, aduk hingga rata ya sahabat explorer.
  2. Yang kedua, kalian bisa langsung masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung, kemudian aduk lagi hingga rata.
  3. Selanjutnya kalian tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  4. Kemudian, bentuk bulat-bulat adonan yang sudah diuleni tersebut sampai kalis dan beri isi gula merah pada bagian tengahnya ( lakukan sampai bentuk adonan sudah pas )
  5. Selanjutnya, kalian bisa langsung rebus adonan yang sudah dibentuk bulat tersebut ke dalam air yang mendidih sampai benar-benar masak.
  6. Sambil menunggu adonan tersebut matang, kalian bisa campurkan kelapa parut dengan sedikit garam lalu dikukus sebentar saja sahabat explorer.
  7. Kemudian angkat adonan lalu tiriskan kemudian gulingkan dengan kelapa parut yang sudah dikukus tersebut hingga merata ke seluruh permukaan adonan.
  8. Kue klepon Bali sudah siap untuk dinikmati.

Bagaimana sahabat explorer? Mudah kan cara membuatnya! Selain untuk cemilan sore hari, makanan yang satu ini juga enak banget untuk ngopi di pagi hari. Bisa kalian hangatkan sebentar agar rasanya tetap nikmat dan segar. Selamat mencoba resep cara mudah membuat klepon Bali ya sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan mengenai resep atau kuliner yang selanjutnya ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar