Makanan Dan Minuman

5 Jajanan Anak 90an Ini Dijamin Bikin Kalian Kangen!

YOEXPLORE.co.id - jajanan 90an
image source : mommyasia.com

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, bagi kalian yang lahir pada tahun 90an atau zaman Millenial, pasti kalian memiliki jajanan favorit yang sekarang sudah jarang dijumpai. Jajanan tersebut, biasanya tersedia di depan sekolah atau kantin-kantin sekolah kita. Entah kenapa, beberapa jajanan tersebut yang mungkin bisa kita buat di rumah, tetap akan terasa berbeda apabila kita beli di luar. Terkecuali jika jajanan yang di luar itu adalah jajanan warung yang memang memiliki merk dan diproduksi massal ya. Yang kita bicarakan di sini adalah jajanan gerobak yang dibuat oleh ‘abang-abang’ atau ibu-ibu langsung di tempatnya. Jajanan 90an tersebut tersedia berbagai macam, sampai-sampai kita sendiri pasti kebingungan untuk memilih yang mana. Tentunya, harga jajanan tersebut masih sangat murah, bahkan masih bisa menyentuh angka 100 rupiah saja. Sayangnya, angka tersebut sudah tidak mungkin lagi kita temui di zaman sekarang ya sahabat explorer.

Jajanan 90an Pasti Bikin Rindu!

Beberapa jajanan tersebut, ada yang kembali ‘booming’ di zaman sekarang. Hal tersebut dikarenakan sosial media yang berkembang dan tentunya banyak posting-an anak millenial yang mengungkit kenangan mereka pada saat masih sd. Namun, tidak semua bisa kita jumpai dengan mudah sekarang, banyak jajanan tersebut yang sudah punah. Karena kepunahannya tersebut, maka kita cuma hanya bisa mengenangnya saja nih sahabat explorer. Mungkin juga bisa kalian bikin sendiri, tapi pasti rasanya akan berbeda dengan yang pernah kita rasakan saat masih kecil. Kira-kira ada apa saja sih jajanannya? Yuk langsung kita simak sahabat explorer!

Baca Juga : Jenis Seduh Kopi Sekarang Bermacam-macam! Kalau Kamu Suka Yang mana?

1. Telur Gulung

YOEXPLORE.co.id - jajanan 90an

image source : magazine.job-like.com

Jajanan 90an yang pertama pastinya adalah Telur Gulung. Jajanan yang sudah melegenda ini bisa dibuat dengan mudah tentunya. Kalian hanya membutuhkan satu atau dua buah telur yang kemudian diaduk dengan campuran garam dan merica. Layaknya membuat telur dadar pada umumnya, kalian hanya tinggal menuang sekitar satu ada dua sendok telur tersebut ke dalam sebuah wajan yang sudah siap dengan minyak panas. Setelah itu, kalian langsung lilitkan dengan sebuah tusuk sate agar langsung menempel dan jadilah Telur Gulung.

Jajanan yang satu ini, bisa kalian dapatkan di zaman sekarang. Jajanan ini kembali mencuri perhatian para anak Millenial. Tentunya, jajanan ini juga digemari oleh anak zaman sekarang, dikarenakan rasanya yang nikmat dan sensasi memakan telur yang unik dengan tusuk sate ini. Hmm, jadi ngiler nih, iya gak sih?

2. Rambut Nenek

YOEXPLORE.co.id - jajanan 90an

image source : ramesia.com

Jajanan 90an yang selanjutnya adalah Rambut Nenek. Tenang aja sahabat explorer, ini bukan rambut nenek-nenek asli yang kalian makan :D. Ini hanya namanya saja yang dikarenakan makanan tersebut terlihat seperti gumpalan rambut yang berwarna putih layaknya rambut nenek-nenek. Makanan ini, dulu dihargai sekitar 500 rupiah saja. Rasa dari makanan ini tentunya sangat manis dan gurih.

Cemilan ini adalah Arum Manis. Bahan pembuatannya juga cukup mudah, hanya dengan gula dan tepung terigu, lalu dimasak seperti Karamel. Kemudian, Arum Manis tersebut diletakkan diantara 2 simping yang teksturnya sangat renyah dan sedikit manis. Wah, kalau sekarang masih banyak yang jual, pasti pedagangnya sudah ramai pengunjung nih!

3. Lidi-Lidian

YOEXPLORE.co.id - jajanan 90an

image source : sukita.id

Kalau yang ini, dari bentuknya aja udah pasti kalian tau ya. Jajanan yang melegenda satu ini juga masih ada kok yang jual sekarang. Bagi kalian pecinta micin, tentunya ini pasti masuk dalam kategori jajanan favorit kalian. Lidi-lidian yang biasanya terdiri dari rasa pedas dan asin ini, memang bikin candu banget ya sahabat explorer. Rasanya gak akan cukup kalau cuma beli satu saja, minimal 2 buah plastik.

Jika kalian penggemar makanan ini, pasti kalian juga pernah merasakan sensasi gigi atau gusi kalian tertusuk oleh ujung dari cemilan ini. Memang itu adalah salah satu alasan kenapa jajanan ini harus dimakan dengan hati-hati. Namun, bagi mereka yang tidak kehabisan akal, mereka bisa saja meremukkan lidi-lidian ini di dalam plastiknya, lalu baru deh dibuka dan disantap. Duuuhh, jadi kepengen beli!

4. Permen Rokok

YOEXPLORE.co.id - jajanan 90an

image source : bukalapak.com

Nah, jajanan 90an yang satu ini, biasanya digemari oleh para cowok nih. Ya, jajanan satu ini biasa disebut dengan permen rokok. Bentuknya memang seperti rokok banget, tapi ini sangat berbeda jauh dengan rokok beneran. Kalau rokok beneran itu harus dibakar dulu baru dinikmati, sedangkan Permen Rokok ini hanya tinggal langsung dihisap saja sahabat explorer.

Bagi kalian yang dulu pernah beli jajanan ini, pasti kalian pernah bergaya-gaya layaknya orang dewasa sedang merokok. Permen ini, biasanya berisikan bubuk rasa coklat yang rasanya sangat manis dan gurih. Tinggal dihisap saja, lalu bubuk coklat tersebut akan langsung masuk ke dalam mulut kalian, dan bisa langsung kalian kunyah. Rasanya seperti memakan susu bubuk tanpa air, enak banget!

5. Es Potong

YOEXPLORE.co.id - jajanan 90an

image source : tastemade.com

Kepanasan siang-siang sepulang sekolah, sambil jalan kaki bertemu dengan tukang Es Potong. Sudah pasti ini menjadi solusi untuk menghilangkan rasa panas kalian. Kalau zaman dulu, satu buah Es Potong ini dihargai sekitar 100-200 rupiah saja.

Es yang memiliki berbagai macam rasa seperti Coklat, Keju, Vanila, Durian, dan lain-lainnya ini, memang sangat membuat kita rindu akan masa kecil. Belum lagi apabila Es Potong tersebut dicelupkan ke dalam saus coklat yang tentunya akan menambah varian rasa dari Es Potong itu sendiri. Pokoknya nikmat dan ngangenin deh!

Jadi Kangen Kan Pasti?

Sahabat explorer, itulah jajanan 90an yang pastinya akan membuat kalian semua rindu akan masa kecil. Berbagai macam jajanan tersebut, tentu jangan dikonsumsi secara berlebihan ya, karena pasti akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Artikel ini hanya membahas jajanan tersebut untuk sebagai pengingat bagi kalian akan memori masa kecil yang begitu indah. Jika kalian menemukan jajanan 90an yang lain yang tidak kami sebutkan disini, boleh di share di kolom komen kita ya!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar