Makanan Dan Minuman

Kuliner di Beberapa Kota Ini Murah Banget Loh!

kota kuliner termurah di Indonesia - YOEXPLORE.co.id - wisata kuliner - yoexplore
image source : detikfood

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, wisata kuliner, memang merupakan sebuah kata yang sebenarnya unik. Pada dasarnya Wisata adalah berjalan-jalan, atau pergi ke suatu tempat dengan tujuan untuk menghibur diri sendiri dan melihat pemandangan baru. Namun, karena ada penambahan kuliner pada kata belakangnya, sudah jelas nih berhubungan dengan makanan atau minuman. Indonesia, yang terkenal dengan berbagai macam kuliner yang melimpah, tidak akan habis dengan keunikan kuliner yang ada pada setiap daerahnya. Bagi kalian yang memang suka makan, pasti sangat tertarik nih untuk melakukan yang namanya wisata kuliner. Nah, untuk memulainya, kalian bisa mengunjungi beberapa kota kuliner termurah di Indonesia yang akan kami berikan nanti.

Kota Kuliner Termurah di Indonesia

Perut kenyang, maka hati pun senang. Mungkin itu kalimat yang paling kita sering dengar dari orang-orang Indonesia ya sahabat explorer. Tapi memang ada benarnya juga, karena dengan perut yang kenyang, kita dapat berpikir lebih jernih dan tenang. Apalagi, kalau makanan yang kita makan itu banyak dan murah. Wah, untungnya jadi double ya sahabat explorer, siapa memang yang gak senang kalau kaya gitu? Kami yakin, kebanyakan dari kalian juga pasti mendambakan hal tersebut. Kalau di Jakarta, mungkin rada susah mencari kuliner dengan harga yang murah, sekalinya adapun juga rasanya mungkin jauh dari kata enak. Namun, hal tersebut dapat kalian temukan di kota-kota lainnya kok sahabat explorer. Selain makanannya unik, kalian juga bisa sambil jalan-jalan loh. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Kalau begitu langsung saja ya, kita bahas kota kuliner termurah di Indonesia!

Baca Juga : Nasi Kebuli Betawi Arab Representasi Akulturasi Budaya di Indonesia

1. Yogyakarta

kota kuliner termurah di Indonesia - YOEXPLORE.co.id - wisata kuliner - yoexplore

image source : phinemo

Kota kuliner termurah di Indonesia yang pertama adalah di Yogyakarta. Kota yang terkenal dengan kuliner Gudeg ini, memang memiliki berbagai macam kuliner yang unik dan kreatif. Mulai dari olahan ayam geprek dengan campuran keju atau cabe yang banyak, hingga ke Kopi Joss yang menggunakan arang.

Di Yogyakarta, saat kalian mencoba untuk makan di angkringan atau makanan pinggiran lainnya, kalian tentu akan mendapatkan harga makanan yang sangat murah. Bayangkan saya, dengan 15 ribu rupiah, kalian bisa menikmati paket ayam bakar, nasi dan minumnya! Di Jakarta? Susah banget pasti cari yang harga segitu. Kalian tentunya bisa makan dengan puas dan banyak.

Nah, untuk makan malam, kami menyarankan kalian untuk makan malam di Angkringan saja sahabat explorer, dijamin ga sampe 20 ribu, perut kalian udah kekenyangan! Apalagi jika kalian mengunjungi angkringan yang berada di wilayah Malioboro, kalian bisa sekalian terhibur dengan atraksi pemusik jalanan atau tarian-tarian dengan musik dangdut! Wah, goyang terus, bro!

Cek Juga : Yogyakarta Instagramable Tour Dekat Dengan Candi Borobudur, Magelang

2. Malang

kota kuliner termurah di Indonesia - YOEXPLORE.co.id - wisata kuliner - yoexplore

image source : mytrip123

Kota kuliner termurah di Indonesia yang selanjutnya adalah di Malang. Wah, kalau kota yang satu ini sudah jelas terkenal dengan kuliner Baksonya yang sangat nikmat ya sahabat explorer. Bukan hanya sekedar nikmat saja nih sahabat explorer, harganya juga murah banget! Bayangin aja, di salah satu kedai bakso yang bernama Bakso H.Akrom, kalian bisa mendapatkan semangkuk bakso dengan porsi lengkap, 5 buah kerupuk putih, dan satu botol minuman hanya dengan 15 ribu rupiah. Harga tersebut tentu bisa berkurang jika kalian tidak memesan bakso dengan menu lengkap. Luar biasa murah kan? Soal rasa, gak perlu diragukan lagi, kedai bakso yang satu ini sudah berdiri sejak zaman kemerdekaan dan selalu ramai pengunjung.

Selain itu, untuk urusan wisatanya juga gak usah ditanya, kalian bisa mengunjungi Kota Batu yang masih berada di wilayah Malang, kalian bisa menikmati jajanan yang berada dekat dengan alun-alun dan membeli susu murni yang rasanya sangat luar biasa! Gak akan nyesel deh!

3. Solo

kota kuliner termurah di Indonesia - YOEXPLORE.co.id - wisata kuliner - yoexplore

image source : mytrip123

Selanjutnya nih sahabat explorer, kalian harus berkunjung ke kota Solo. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini, memiliki beragam kuliner yang rasanya luar biasa dan juga jajanan pinggir jalan yang murah. Bayangkan saja, kalian masih bisa mendapatkan jajanan yang nikmat, dimulai dengan harga 500 rupiah. Wah, di Jakarta uda langka banget tuh sahabat explorer, 500 rupiah cuma dapet permen dua buah, hehe.

Sedangkan di Solo, kalian sudah bisa menikmati makanan lengkap dengan nasi, lauk pauk, dan minum hanya dengan 7 ribu rupiah saja! Wah, bener-bener murah ya, siapa yang sudah pernah ke Solo? Langsung share pengalaman kalian di kolom komentar kami ya!

Selain itu, kota yang memiliki sejarah panjang ini, juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik loh sahabat explorer. Kalian juga bisa berinteraksi dengan masyarakat Solo yang ramah dan menaiki andong (delman) untuk berkeliling kota. Bagaimana? Tertarik dong pastinya!

4. Blitar

kota kuliner termurah di Indonesia - YOEXPLORE.co.id - wisata kuliner - yoexplore

image source : pecelweb

Kota kuliner termurah di Indonesia yang selanjutnya adalah Blitar. Kota yang satu ini terkenal dengan kuliner Pecel Khas Blitarnya. Tentu saja makanan ini bisa kalian beli dengan harga yang murah. Untuk ukuran porsinya, jangan ditanya deh sahabat explorer, uda pasti berlimpah dan ngenyangin banget. Percaya gak percaya, harganya tidak sampai 11 ribu rupiah! Sudah gitu kalian dapat ekstra Bubur Sumsum lagi, kurang enak apa lagi?

Itu merupakan amunisi yang lebih dari cukup untuk mengisi perut kalian sebelum berkeliling mengelilingi kota yang cantik ini.

Sudah Siap Wisata Kuliner?

Bagaimana sahabat explorer? Sudah siap belum untuk wisata kuliner di kota kuliner termurah di Indonesia ini? Gak usah mikir panjang, karena memang tidak perlu merogoh kocek yang dalam kok. Untuk wisata kuliner, memang paling pas itu jika kalian melakukan traveling dengan konsep road trip, jadi kalian bisa berhenti mampir di manapun kalian mau. Bisa saja kan, kalian justru menemukan kuliner yang unik dan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang kami sebutkan tadi. Semoga artikel ini bermanfaat, dan kosongkan perut kalian sebelum wisata kuliner ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar