Makanan Dan Minuman

Beberapa Kuliner Khas Indonesia Ini Sudah Mendunia!

kuliner indonesia yang mendunia - YOEXPLORE.co.id - yoexplore
image source : tempo.co

YOEXPLORE.co.id – Indonesia, tidak hanya destinasi wisata, adat istiadat, dan budaya lainnya saja yang memiliki kekayaan. Tentu, selain hal tersebut masih terpendam lagi kekayaan lainnya yang sudah mendunia. Salah satunya adalah urusan perut alias kuliner. Berbagai macam daerah, berbagai macam pula makanan khas. Dari Sabang sampai Merauke, bisa dibilang ada ribuan atau bahkan lebih jenis makanan yang ada. Hebatnya, semua makanan tersebut memiliki nama dan rasa yang sangat berbeda dari daerah lainnya. Rasanya juga bervarian nih sahabat explorer, dari yang manis sampai yang pedasnya bikin kita garuk-garuk kepala. Dari yang kering, sampai yang berkuah, dan berbagai macam lagi jenis lainnya. Intinya, kuliner Indonesia itu kaya banget deh. Tapi, ada gak sih kuliner Indonesia yang mendunia? Jawabannya, tentu ada!

Kuliner Indonesia Yang Mendunia

Kuliner Indonesia yang mendunia, juga bukan hanya satu loh sahabat explorer, ada berbagai macam makanan. Bahkan, ada beberapa makanan yang di Indonesia sendiri itu sangat murah, dan di luar sana itu sangat mahal. Hal seperti inilah yang tentunya membuat kita bangga sebagai anak Indonesia. Semuanya serba ada di negeri ini, tinggal kitanya saja mau mengeksplorasi atau tidak. Kira-kira ada apa saja sih kuliner khas dari Indonesia yang sudah mendunia? Gak tanggung-tanggung, sampai ke negara besar Eropa pun juga makanan tersebut bisa kita jumpai. Langsung kita simak aja yuk sahabat explorer ulasannya!

Baca Juga : Bingung Mau Makan Enak di Bali? Ke Warung Ciung Wanara Aja!

1. Gado-Gado

kuliner indonesia yang mendunia - YOEXPLORE.co.id - yoexplore

image source : tribunnews.com

Kuliner Indonesia yang mendunia pertama adalah Gado-Gado. Siapa sih yang gatau makanan yang satu ini? Mau di makan pakai nasi atau engga, rasanya tetap enak dan ngenyangin banget. Berisikan sayuran seperti kangkung, ketimun, lalu ditambah dengan beberapa potongan tempe, tahu, telur dan ditaburi dengan bumbu kacang. Bumbu kacangnya juga bisa diganti dengan Petis. Biasanya gado-gado dengan bumbu Petis itu berada di Jawa, sedangkan di Jakarta umumnya menggunakan bumbu kacang. Bisa dibuat secara pedas, sedang, atau tidak pedas sama sekali, menjadikan makanan ini menjadi favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Mungkin, kalau di luar negeri, makanan seperti ini disebut dengan Salad, namun berbeda dengan di Indonesia.

Makanan ini, menjadi juara pertama dalam perlombaan memasak tingkat internasional dengan kategori estetika tampilan sajian kuliner di Napoli, Italia, pada tahun 2010 lalu. Luar biasaaaaaaa! Gado-Gado udah sampe ke Italia nih sahabat explorer!

2. Nasi Goreng

kuliner indonesia yang mendunia - YOEXPLORE.co.id - yoexplore

image source : waktuku.com

Kuliner Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah Nasi Goreng. Duh, siapa yang gatau makanan yang satu ini sih? Dari abang-abang gerobak pinggir jalan, sampai ke hotel bintang 5 pasti ada menu makanan yang satu ini. Berbagai macam varian juga tersedia dalam makanan yang satu ini. Ada yang Nasi Goreng Gila, Nasi Goreng Sate, Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Kambing, dan berbagai macam lagi jenis olahan dari Nasi Goreng. Biasanya, makanan ini dibuat dengan Nasi Aking (Nasi dingin atau nasi sisa kemarin) agar rasanya lebih gurih. Nasi akan dibumbui dengan bawang putih halus, cabai, kecap, garam, dan lain-lain. Oleh karena adanya kecap, makanya warna makanan yang satu ini sedikit kecoklatan.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pun mengakui, bahwa makanan Indonesia yang satu ini sangat sedap dan nikmat. Beliau saat berkunjung ke Indonesia tidak lupa untuk menyantap makanan yang satu ini. Karenanya, makanan yang satu ini juga ikut menjadi populer di Amerika. Wah, luar biasa banget ya sahabat explorer, walaupun saat sedang dimasak menimbulkan rasa perih pada mata dan hidung, tapi ini pasti penyelamat kalian disaat kelaparan!

3. Tempe

kuliner indonesia yang mendunia - YOEXPLORE.co.id - yoexplore

Image source : bbc.com

Tempe. Wah, bagi kalian yang belum tau, pasti ketawa deh. Kenapa bisa sampai ke Tempe yang mendunia? Tentu karena rasanya yang enak banget nih sahabat explorer. Makanan yang terbuat dari kacang keledai ini, memang memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut (tergantung varian yang dibuat). Biasanya, di Indonesia Tempe ini dijadikan sebagai cemilan di sore hari sambil ngopi. Tempe di Indonesia sering digoreng dengan tepung dan disantap bersama cabai hijau. Duh, yang nulis aja rasanya jadi mau beli Gorengan nih sahabat explorer.

Di London, ada sebuah kedai street food yang menyediakan jajanan dengan nama Warung Tempeh. Wah, hebat ya sahabat explorer, kuliner yang satu ini ternyata banyak memiliki penggemar sampai ke Eropa! Harganya juga kalau dirupiahkan itu sekitar 80ribu. Mahal banget ya, disini beli tempe satu papan aja cuma 5 ribu rupiah!

Cek Juga Ini : Wisata Alam Cikahuripan, Bandung

4. Sate

kuliner indonesia yang mendunia - YOEXPLORE.co.id - yoexplore

image source : travelingyuk.com

Kuliner Indonesia yang mendunia yang satu ini, sudah pasti tidak ada yang menolak kenikmatannya. Makanan yang satu ini, entah kenapa memang enak untuk disantap pada saat malam hari. Biasanya, makanan ini disajikan dengan lontong. Umumnya, ada 2 jenis sate, yaitu Sate Ayam dan Sate Kambing. Sate Kambing menggunakan bumbu kecap, sedangkan Sate Ayam menggunakan bumbu kacang.

Di New York, Amerika, ada sebuah restoran dengan nama Satay Junction yang menjual berbagai macam Sate Khas Indonesia. Wuih, saking enak dan terkenalnya nih sahabat explorer, sampai ada yang buka restoran dengan menu andalannya Sate Indonesia. Makin bangga sama Indonesia deh!

Lestarikan Terus kuliner Khas Indonesia

Itulah sahabat explorer beberapa kuliner Indonesia yang mendunia. Dari berbagai macam makanan tersebut, yang manakah yang favorit kalian? Bisa komen di kolom Komentar kita ya! Atau mungkin kalian tau makanan lain yang mendunia? Langsung share! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar