Makanan Dan Minuman Sulawesi

Liburan di Gorontalo Jangan Lupa Kuliner Khasnya ya!

kuliner khas gorontalo - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id
image source : gotravelly

YOEXPLORE, Liburan Keluarga  – Sahabat explorer, traveling itu memang identik dengan yang namanya kuliner. Bahkan, di 2019 ini diprediksi yang namanya wisata kuliner itu akan semakin berkembang dan banyak disukai oleh masyarakat. Bagi kalian para pengusaha makanan yang terutama di daerah-daerah wisata, tentu ini menjadi peluang bisnis yang menarik ya tentunya. Apalagi jika daerah kalian memiliki kuliner yang khas dan sangat nikmat, dijamin bakal diserbu oleh para wisatawan deh. Sedangkan bagi kalian para penikmat kuliner, tentu hal ini akan semakin menarik dikarenakan kemajuan teknologi yang memudahkan kalian untuk mencari restoran atau tempat makan yang enak. Salah satu kuliner yang akan kita bahas hari ini adalah kuliner khas Gorontalo. Mungkin jarang dibahas nih sahabat explorer, makanya stay tune terus ya!

Kuliner Khas Gorontalo

Kuliner khas Gorontalo itu memang beragam, mulai dari makanan berat, ringan, hingga berbagai jenis minuman khas. Oleh karena itu, saat kalian sedang berlibur di kota ini, kalian jangan lupa untuk kulineran di sana ya. Terlebih yang kalian datangi adalah tempat makan milik warga setempat yang memang menyajikan makanan khas dari Gorontalo. Tentunya, rasanya akan berbeda dengan yang ada di Ibu Kota nih sahabat explorer. Jauh lebih nikmat, karena tangan yang membuat memang tangan empunya kuliner khas tersebut. Sebelumnya, YoExplore sudah pernah membahas nih destinasi wisata yang ada di Gorontalo, sekarang waktunya untuk kuliner khasnya. Sudah penasaran? Yaudah, langsung aja kita simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Perhatikan Tips Mendaki Ini Saat Musim Hujan

1. Sate Tuna

kuliner khas gorontalo - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Kuliner khas Gorontalo yang pertama adalah sate tuna. Biasanya, saat kita membahas yang namanya sate, pasti yang terbayang adalah sate ayam, sate kambing atau mungkin sate sapi. Namun, di Gorontalo, ada yang namanya sate tuna nih sahabat explorer. Biasanya, kita mengetahui kalau tuna itu biasa dibakar, sayur, dijadikan isi roti atau dicampur dengan makanan jenis lain. Uniknya, di Gorontalo ini benar-benar dijadikan sate seperti sate ayam, kambing dan lain-lainnya loh.

Makanan ini kalian bisa temukan dengan mudah di wilayah pesisir Gorontalo. Mungkin sensasinya akan sangat luar biasa nih, makan sate tuna di pinggir pantai, wah kayaknya menarik untuk dicoba.

Biasanya sate ayam dinikmati dengan bumbu kacang, sedangkan sate kambing dengan sambal kecap. Semua itu tidak berlaku untuk sate tuna ini nih sahabat explorer. Ada sambal khusus dengan rasa yang luar biasa pedas untuk menikmati sate tuna ini. Bagi kalian pecinta makanan pedas, sepertinya sambal sate yang satu ini menarik untuk dicicipi.

Karena memang daging tuna itu sangat lembut, maka tekstur sate yang satu ini tentu berbeda dengan sate yang lainnya. Saat kalian gigit, rasanya daging tersebut langsung ‘pecah’ di mulut. Pokoknya top markotop jos ganjos deh!

2. Ilabulo

kuliner khas gorontalo - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : backpackerjakarta

Kuliner khas Gorontalo yang selanjutnya adalah Ilabulo. Bingung dengan namanya? Awalannya diawali dengan huruf  ‘i’ dan yang kedua itu adalah ‘L’ sahabat explorer. Makanan yang satu ini ternyata juga berkaitan dengan sejarah. Konon, makanan yang satu ini hanya disajikan kepada raja-raja yang akan menghentikan peperangan. Bisa dibilang makanan yang satu ini merupakan makanan yang melambangkan persatuan dan kesatuan dari masyarakat.

Ilabulo merupakan makanan yang bisa disebut sebagai pepesnya Gorontalo nih sahabat explorer. Ilabulo, memiliki bahan dasar makanan yaitu sagu yang dicampur dengan telur ayam, hati ayam, dan beberapa rempah-rempah.

Meskipun disebut pepes, namun tekstur dan bentuknya mirip dengan otak-otak. Kalian dapat dengan mudah menemukan kuliner khas yang satu ini. Banyak tersedia di tempat jajan atau restoran-restoran lokal.

Soal rasa mah jangan ditanya deh sahabat explorer, sudah pasti nikmat banget. Namun, kalau ditanya mengenyangkan atau tidak, itu tergantung dari berapa porsi kalian makannya. Biasanya ini hanya untuk cemilan atau makanan pembuka sebelum menu utama kalian santap. Pokoknya, makanan ini dijamin bikin kalian kangen sama Gorontalo!

3. Ayam Iloni

kuliner khas gorontalo - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : sajiansedapgrid.id

Kuliner khas Gorontalo yang selanjutnya adalah Ayam Iloni. Makanan yang satu ini bukan cemilan seperti yang tadi nih sahabat explorer. Ini termasuk dalam kategori makan berat! Jadi bagi kalian yang kelaparan, kalian harus hunting kuliner khas yang satu ini.

Sekilas memang terlihat seperti ayam bakar biasa pada umumnya. Namun, kalian jangan sampai tertipu dengan penampilannya yang ‘biasa aja’ ini. Rasa dan bahan yang digunakan tentunya sangat berbeda dengan ayam bakar pada umumnya.

Perbedaan bumbu dan juga cara pengolahannya, merupakan faktor mengapa kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang khas. Keunikannya, sebelum ayam ini dibakar dan diberi bumbu, ayam ini direndam dengan santan terlebih dahulu. Setelah direndam, baru ayam ini diberikan bumbu yang sudah disiapkan tersebut. Jadi, tidak heran nih jika rasanya sangat unik dan berbeda dengan yang lain.

Pokoknya, kuliner yang satu ini gak boleh kalian lewatkan kalau sedang berkunjung ke Gorontalo. Pokoknya dijamin sip banget deh!

4. Binte Biluhuta

kuliner khas gorontalo - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Kuliner khas Gorontalo yang selanjutnya adalah Binte Biluhuta. Kalau dari namanya, pasti kalian tidak akan bisa menebak deh kuliner yang satu ini terbuat dari apa. Kuliner yang satu ini memang cukup unik, karena berbahan dasar utamanya adalah jagung. Sebagaimana kita ketahui, kalau Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, kuliner yang satu ini tentu berbahan dasar jagung yang diolah menjadi seporsi sup.

Memiliki cita rasa yang cukup pedas dan segar meskipun berbahan utama jagung. Namun, ada beberapa makanan lain yang dicampur di dalam sup jagung ini. Sesuai dengan namanya Binte yang berarti Jagung, dan Biluhuta yang berarti ‘disiram’, maka biasanya disebut dengan sup jagung atau jagung siram.

Makanan ini dicampur dengan daging seafood khas Gorontalo. Sup yang satu ini tentu akan sangat nikmat dimakan selagi masih panas dan dicampur dengan nasi hangat juga. Selain nikmat, makanan yang satu ini juga menyehatkan loh sahabat explorer. Gak percaya? Coba aja langsung ke Gorontalo dan cicipi makanan yang satu ini!

Nikmati Sajian Khas Indonesia!

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Gorontalo yang YoExplore bisa berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat makan-makan, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar