Jawa Tengah Makanan Dan Minuman

Mampir ke Tegal dan Cicipi Kuliner Khasnya!

kuliner khas tegal - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : beritabondowoso

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mendengar nama Warteg, pasti kalian sudah tahu dengan singkatannya yaitu Warung Tegal. Tempat ini menjadi tempat makan seluruh kalangan di Indonesia. Baik dari karyawan, bos, bahkan pejabat pemerintah juga pernah makan di Warteg. Makanannya terdiri dari berbagai macam jenis varian. Mulai dari yang kering-keringan seperti orek tempe, tahu, telur ceplok, hingga yang kuah-kuah seperti sayur asem tersedia di warung ini. Harganya yang miring dan porsinya yang mengenyangkan, membuat siapapun pasti pernah merasakan makan di Warteg. Kalau rasa, itu tergantung dari yang membuatnya, beda tangan jelas beda rasa. Namun, asal kalian tahu nih, kalau yang namanya Warteg itu tidak ada di Tegal, dan bahkan bukan juga termasuk kuliner khas Tegal! Sebutan itu hanya familiar di kota-kota lain selain di Tegal. Wah, cukup unik ya sahabat explorer?

Kuliner Khas Tegal

Di Jakarta, terdapat banyak sekali Warteg bertebaran. Hampir di setiap pelosok Jakarta, terdapat yang namanya Warteg. Tidak lepas juga dari area perkantoran, perumahan, bahkan di pinggir jalan raya. Harganya yang murah, tentu menjadi salah satu alasan mengapa Warteg diminati oleh warga Jakarta. Selain itu, menu juga bervarian dan cukup mengenyangkan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Kuliner Khas Tegal yang sebenarnya! Tidak ada di dalam Warteg, atau mungkin tidak ada juga di luar kota Tegal. Bagi kalian yang berkunjung ke kota ini, tentu saja tidak akan menemukan Warteg, namun kalian akan menemukan berbagai jenis kuliner yang memiliki rasa maha dahsyat ini. Langsung simak ulasannya yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Liburan di Hotel The Haven Seminyak Bali

1. Sate Kambing Balibul dan Batibul

kuliner khas tegal - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : inibaru

Kuliner khas Tegal yang pertama adalah Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul. Tegal memang sudah terkenal dengan kenikmatan dari olahan daging kambingnya menjadi Sate. Bahkan, kuliner sate ini sudah sampai ke luar negeri loh sahabat explorer. Baik khas Tegal, maupun khas Madura, kuliner jenis ini memang sudah mendunia.

Di Tegal, ada penamaan yang cukup unik, yaitu Balibul dan juga Batibul. Ini bukanlah nama restoran atau warung sate sejenisnya. Kedua julukan tersebut adalah sebuah singkatan yang berarti Bawah Lima Bulan (Balibul), dan Bawah Tiga Bulan (Batibul). Rasa daging kambing memang terkenal dengan kekenyalannya dan juga gurih. Biasanya, semakin muda umur kambing, maka akan semakin nikmat lagi nih teksturnya sahabat explorer. Kesukaan orang Tegal adalah sate kambing Balibul atau Batibul ini. Kalau kalian sedang pergi ke Tegal, jangan lupa icip-icip kuliner yang satu ini ya sahabat explorer, dan jangan lupa untuk ceritakan bagaimana rasanya di kolom komentar YoExplore!

2. Olos

kuliner khas tegal - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : radartegal

Kuliner khas Tegal yang berikutnya adalah Olos. sekilas, bentuknya memang seperti Tahu Bulat yang digoreng dadakan ya sahabat explorer. Namun, ini bukanlah tahu, tapi memang termasuk dalam salah satu jenis gorengan. Dibuat dari tepung kanji dan dicampur dengan tepung terigu kemudian di dalamnya berisi sayuran kol.

Olos, merupakan cemilan favorit warga Tegal, biasanya kuliner yang satu ini cocok untuk dinikmati sambil ngopi sore atau saat sarapan nih sahabat explorer. Seiring perkembangan zaman, sekarang Olos lebih unik lagi. Makanan ini yang biasanya berisi sayuran kol, sekarang ada jenis isi varian lainnya. Mulai dari isi keju, ayam, sosis sapi, dan lain-lain. Selain itu, makanan yang satu ini juga menggoyang lidah, karena ada juga yang berisi cabe rawit! Bagi kalian yang hobi makan gorengan, tentu harus mencicipi makanan yang satu ini ya sahabat explorer!

3. Soto Tauco

kuliner khas tegal - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribunnews

Kuliner khas Tegal yang selanjutnya adalah Soto Tauco. Hampir sama dengan soto dari daerah lainnya, kuliner yang satu ini berbahan dasar daging ayam. Perbedaannya terletak pada rempah-rempah yang terdapat di dalamnya sahabat explorer. Sudah jelas dalam soto ini terdapat Tauco! Rasanya luar biasa banget, mulai dari asin, asam, manis, dan pedas dari sambalnya berpadu menjadi sebuah kenikmatan yang luar biasa.

Bagi kalian yang mampir ke daerah Tegal, kalian harus mencicipi kuliner yang satu ini. Selain itu, jika kalian pernah ke Pekalongan, maka kalian juga akan menemukan jenis kuliner yang hampir mirip ini. Bedanya, kalau di Pekalongan biasanya memakai daging sapi dan kuahnya juga lebih merah warnanya.

Kuliner khas Jawa Tengah itu memang luar biasa deh sahabat explorer!

4. Kupat Glabed

kuliner khas tegal - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : cookpad

Kuliner khas Tegal yang selanjutnya adalah Kupat Glabed. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner yang mungkin kalian tidak akan temukan di kota lainnya selain Tegal. Artinya adalah, bahwa kalian wajib untuk mencicipi makanan yang satu ini saat berkunjung ke Tegal. Kupat Glabed adalah sebuah makanan yang dengan kuah santan yang dinikmati dengan kerupuk keriting.

Kuah dari Kupat Glabed ini terbuat dari santan dan juga tepung maizena. Jenis makanan yang satu ini dapat kalian temukan di dekat dengan Alun-Alun Tegal. Biasanya, kuliner yang satu ini dipasangkan dengan Sate Blengong, jadi rasanya makin top markotop jos ganjos! Jangan sampai tidak mencicipi kuliner khas yang satu ini ya sahabat explorer!

Nikmati Kuliner Khas Jawa Tengah!

Sahabat explorer, itulah beberapa kuliner khas Tegal yang dapat YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar