Jakarta Makanan Dan Minuman

Kemarin Udah Nyobain Kuliner di Jakarta Barat? Sekarang Mari kita ke Jakarta Pusat!

kuliner murah di jakarta pusat - wisata kuliner - yoexplore.co.id - yoexplore
image source : mytrip123

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, jumpa lagi dengan rekomendasi kuliner dari YoExplore. Kemarin kita sudah membahas beberapa kuliner murah yang ada di Jakarta Barat, sekarang waktunya kita membahas kuliner murah di Jakarta Pusat nih. Oia, karena Jakarta memang identik dengan budaya dan kuliner Betawi, maka salah satu dari 3 tempat yang akan kita bahas, bertemakan dengan kuliner khas Betawi. Jadi bagi sahabat explorer yang kantor atau memang tinggalnya di daerah Jakarta Pusat, maka kalian harusnya tau nih beberapa kuliner yang akan kita bahas ini. Cocok banget semuanya buat makan siang!

Kuliner Murah di Jakarta Pusat

Karena memang tempat makanan ini berada di dekat perkantoran, maka tidak heran nih sahabat explorer kalau tempat ini tidak pernah sepi pengunjung saat siang hari. Bahkan, ada beberapa pelanggan yang datang dari jauh-jauh dan rela mengantri panjang untuk bisa memakan makanan tersebut. Bagi kalian yang memang dekat dengan tempat-tempat ini, lebih baik datang lebih cepat dari orang lain, biar kebagian tempat dan makanannya masih belum habis. Oia, kami ingatkan kembali, kalau ulasan ini hanyalah opini pribadi penulis saja, jadi untuk urusan rasanya, memang kembali lagi kepada selera kalian masing-masing. Karena penulis suka rasa makanan yang sedikit pedas, makanya tempat-tempat ini cocok semua! Hehe. Baiklah sahabat explorer, langsung aja yuk kita bahas kuliner murah di Jakarta Pusat yang bisa kamu nikmati!

Baca Juga : 5 Jajanan Anak 90an Ini Dijamin Bikin Kalian Kangen!

1. Kedai Mak Ubi Pecenongan

kuliner murah di jakarta pusat - wisata kuliner - yoexplore.co.id - yoexplore

image source : yoexplore

Wisata kuliner murah di Jakarta Pusat yang pertama adalah Kedai Mak Ubi, Pecenongan. Lokasinya berada di wilayah perkantoran di Pecenongan dan tidak jauh dari stasiun Juanda nih sahabat explorer. Memang daerahnya sangat ramai kalau siang hari, karena dari ujung ke ujung bahkan sampai ke belokan kanan dan kiri itu semua isinya perkantoran dan toko-toko. Untuk urusan parkir, karena sistemnya sudah e-ticketing, jadi aman kok sahabat explorer. Mobil kalian akan dijaga petugas parkir yang ada di sekitar tempat tersebut, namun ya ‘untung-untungan’ aja nih, karena parkirannya lumayan penuh.

Masuk ke dalam Kedai Mak Ubi, suasananya sedikit gelap dan AC yang cukup dingin. Tersedia dua lantai, di lantai pertama kalian akan melihat sebuah etalase yang berisi makanan-makanan layaknya prasmanan. Kami sih menyarankan untuk makan di lantai 2, karena tempatnya lebih luas sahabat explorer.

Menu andalan di sini adalah Lontong Sayur Medannya. Dari tampilannya saja sudah menggugah selera ya. Kuah santan yang menyirami lontong, telur, teri, bihun, udang, kacang, dan lainnya sangat bikin perut keroncongan. Makanan ini sudah sedikit pedas tanpa perlu tambahan sambal lagi. Rasanya yang gurih terutama saat gigit udang dengan kondisi mulut masih mengunyah lontong dan teri itu sensasinya, LUAR BIASA!

Bagi kalian yang memang suka kuliner Lontong Sayur, maka kalian harus coba Lontong Sayur Medan yang satu ini. Santannya itu tidak begitu kental, jadi rasanya tidak bikin enek kok sahabat explorer. Dijamin puas!

2. Gado-Gado Cemara

kuliner murah di jakarta pusat - wisata kuliner - yoexplore.co.id - yoexplore

image source : yoexplore

Kuliner murah di Jakarta Pusat berikutnya adalah Gado-Gado Cemara. Nah, ini nih sahabat explorer salah satu kuliner Betawi yang paling digemari oleh masyarakat di Jakarta. Lokasinya berada di Jatibaru dan dekat dengan Pasar Tanah Abang. Tempatnya memang masuk ke dalam jalanan kecil yang pas untuk 2 mobil berlawanan arah. Namun kalian tidak usah takut, karena Gado-Gado Cemara menyediakan tempat parkir, dan jika penuh, tersedia juga parkiran di pinggir jalannya yang aman dan dijaga oleh petugas parkir. Bagi kalian yang bawa motor, juga disediakan tempat parkir oleh pengelola kedai.

Tempat makannya cukup luas, terdiri dari indoor dan outdoor. Namun, yang outdoor cuma ada beberapa pasang meja dan kursi saja nih sahabat explorer. Jadi lebih enak dan luas yang ada di dalam ruangan.

Menu andalannya ya sudah pasti Gado-Gado dong, cuma mereka menyediakan berbagai macam lagi varian dan makanan lain. Kalau porsinya, jangan ditanya sahabat explorer, ini buat satu orang sih BUANYAK BUANGET! Kita aja berdua di sana gak abis makannya! Porsinya bener-bener gak pelit nih.

Terus untuk urusan rasa, kita mikirnya “yah, Gado-Gado di dalam restaurant biasanya kurang oke nih, enakan yang gerobak”, tapi ternyata….parah asli rasanya, ENAK BANGET! Malah kita bilang ini lebih enak daripada yang digerobak-gerobak. Bumbu kacangnya itu loh, gurih, asin, manis, dan pedasnya (sedikit) sangat terasa. Sayurannya juga segar-segar dan berpadu dengan bumbu kacang yang pas (tidak kental dan tidak encer). Memang makan gado-gado nih gak nikmat kalau gak ada kerupuk, nah mereka juga memberikan kerupuk tuh sebenernya banyak sahabat explorer. Cuma sebelum difoto, uda kita makanin duluan. 😀

3. Ayam Jerit, Benhil

kuliner murah di jakarta pusat - wisata kuliner - yoexplore.co.id - yoexplore

image source : yoexplore

Kuliner murah di Jakarta Pusat yang selanjutnya adalah Ayam Jerit, Benhil. Lokasinya ya tentu berada di Benhil, dan berada di sebuah Mall kecil yang bernama Teras Benhil. Memang banyak restoran di dalam Teras Benhil tersebut, namun kami mendatangi salah satu tempat kuliner yang katanya milik artis di Indonesia nih sahabat explorer. Katanya, restoran ini miliknya Titi Kamal. Jadi penasaran deh sama rasa makanannya, hehe.

Sesuai dengan namanya, Ayam Jerit, kami udah tau deh pasti makanan yang disajikan itu pedas. Maka kami langsung pesan Ayam Kampung Jerit yang sudah di suir-suir. Kalau dilihat dari tampilannya, cukup lengkap. Ada nasi, Gorengan (tempe dan tahu), Ayam Kampung, Lalapan, dan tentunya sambal yang bikin kalian MENJERIT. Semua bumbu rempah sangat terasa pada tiap suiran ayam yang dimakan. Rasa ayam tersebut juga sesuai dengan sambal yang pedasnya sedikit menggaruk tenggorokan. Setelah 5 suapan, baru deh kita garuk-garuk kepala karena pedas, tapi nagih! Sangat kami rekomendasikan buat kalian yang suka makanan pedas.

Untuk tempatnya, tentu sangat nyaman nih sahabat explorer. Dekorasinya manis dengan warna kuning yang mendominasi dan juga lukisan-lukisan di tembok yang sangat bagus. Jadi bagi kalian yang bersama keluarga, tempat ini sungguh sangat nyaman untuk makan siang atau makan malam. Pokoknya, top markotop jos ganjos!

Tunggu Review Selanjutnya!

Nah sahabat explorer, itulah beberapa kuliner murah di Jakarta Pusat yang bisa kalian kunjungi. Harganya juga masih dalam kisaran 30 sampai 35 ribu, jadi bawa 50 ribu saja sudah cukup dan masih ada kembalian! Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya, tunggu review videonya, dan pastinya masih ada artikel mengenai kuliner murah di wilayah Jakarta lainnya. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar