Makanan Dan Minuman

10 Makanan Tradisional Dari Jawa Tengah

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, berbicara mengenai kuliner di Indonesia,pasti tidak ada habisnya. Indonesia ini terdiri dari beberapa pulau besar seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua. Keragaman ini sudah jelas menceritakan berbagai macam hal, mulai dari panorama pariwisata yang indah, budaya, suku, agama, adat istiadat, dan tentunya kuliner, sahabat explorer. Walaupun masih dalam satu pulau, namun makanan antar provinsi atau kotanya juga banyak berbeda, sahabat explorer. Contohnya adalah Pulau Jawa. Makanan tradisional dari Jawa Tengah dan Jawa Barat atau Jawa Timur saja sudah berbeda, padahal masih berada di dalam pulau yang sama. 

Makanan Tradisional Dari Jawa Tengah

Sebelumnya, kita sudah pernah membahas mengenai kue asli dari Jawa Tengah. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai makanan tradisional dari Jawa Tengah yang masih bisa kamu temukan sampai sekarang, sahabat explorer. Makanan ini juga pastinya memiliki sejarah tersendiri, yang dimaksud adalah biasanya beberapa dari makanan ini pada zaman dahulu dibuat dalam acara atau perayaan adat tertentu. Misalnya seperti pernikahan anak raja atau acara-acara syukuran adat yang biasa digelar tahunan atau bulanan. Baiklah kalau begitu, kira-kira ada apa saja, mari kita langsung simak saja yuk ulasannya!

1. Nasi Liwet

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang pertama adalah Nasi Liwet. Jika kamu berkunjung ke Solo, maka sempatkan diri untuk mencoba yang namanya Nasi Liwet ini, sahabat explorer. Nasi Liwet adalah makanan tradisional khas Jawa Tengah yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun asing. Nasi Liwet juga bisa dibilang mirip dengan nasi uduk. Kemiripannya terletak pasa  cara memasak nasi yang menggunakan campuran santan dan juga daun pandan untuk membuatnya menjadi lebih gurih. Keunikannya, Nasi Liwet sering disajikan dengan menggunakan daun pisang.

Selain itu, Nasi Liwet biasanya diisi dengan campuran lauk seperti potongan ayam. Terkadang juga diberikan dengan labu siam.

2. Nasi Gandul

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Nasi Gandul. Sekarang kita bergeser sedikit ke Pati, makanan tradisional khas Jawa Tengah yang satu ini wajib kamu coba di sini adalah Nasi Gandul. Sajian kuliner Nasi Gandul juga sudah cukup terkenal, sahabat explorer. Hal ini dikarenakan Nasi Gandul memiliki cita rasa yang unik.

Adanya rasa yang gurih dan kuah yang begitu kental hadir dalam setiap bulir nasinya. Gurihnya nasi ini juga dikarenakan dalam proses memasaknya menggunakan daun pandan. Selain membuat gurih, daun pandan juga membuat nasi menjadi lebih wangi.

Nasi Gandul biasanya disajikan dengan aneka lauk seperti daging sapi yang sudah diolah kemudian telur, dan disiram dengan kuah yang pedas yang semakin menambah selera.

3. Nasi Grombyang

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Nasi Grombyang khas Pemalang. Asal muasal nama dari makanan tradisional dari Jawa Tengah ini berasal dari cara penyajiannya yang unik. Nasi Grombyang biasanya disajikan dengan kuah yang lebih banyak daripada nasinya, sehingga nasinya kelihatan grombyang-grombyang.

Kuliner  yang satu ini terdiri dari campuran nasi dengan campuran daging kerbau dan kuah. Penyajiannya menggunakan mangkuk kecil yang biasanya ditambahkan dengan sate kerbau.

Cukup gampang menemukan Nasi Grombyang. Umumnya, penjual Nasi Grombyang identik dengan menggunakan kuali berukuran besar, sahabat explorer dengan tempat nasi yang ditutup menggunakan kain berwarna merah.

Selain itu, biasanya penerangan yang digunakan untuk warung-warung makannya berupa lampu remang-remang. Sangat mudah dikenali dan tradisional sekali, sahabat explorer!

4. Soto Kudus

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Soto Kudus. Menariknya Soto Kudus dibanding dengan soto-soto yang lainnya adalah cara penyajiannya. Soto Kudus biasanya disajikan dengan menggunakan wadah yang kecil.

Walaupun disajikan dengan wadah atau mangkuk yang kecil, rasa soto ini tidak bisa ditandingi kelezatannya. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam pilihan lauk yang biasa digunakan dalam semangkuk Soto Kudus.

Kamu bisa memilih Soto Kudus dengan daging sapi, lalu daging kerbau, atau dengan daging ayam. Kalau mau sensasi makan soto yang berbeda, kamu bisa memilih daging kerbau sebagai pilihannya, sahabat explorer

5. Mie Ongklok

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Mie Ongklok. Tepatnya berada di daerah Wonosobo. Mie Ongklok merupakan makanan berupa mie yang disajikan dengan direbus dan diracik menggunakan kol dan juga potongan daun kucai.

Hal yang unik dari makanan tradisional khas Jawa Tengah yang satu ini adalah penggunaan kuahnya, sahabat explorer. Kuah Mie Ongklok biasa dibuat dengan menggunakan kanji. Hal ini membuat teksturnya menjadi lebih kental daripada kuah mie rebus pada umumnya.

Biasanya, Mie Ongklok dapat dinikmati bersama sate sapi, tempe kemul, atau juga keripik tahu. Penamaan Ongklok atau sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie di dalam kuahnya.

6. Tempe Mendoan

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Tempe Mendoan. Makanan ringan yang satu ini berasal dari daerah Purwokerto dan juga Banyumas. Makanan ini mirip dengan tempe goreng tepung biasa pada umumnya, namun yang membedakannya adalah terletak pada nama mendoannya.

Mendoan merupakan sejenis makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak panas yang sangat banyak dan juga dengan cepat. Hal ini membuat sajian tempe mendoan tidak terlalu matang atau garing, sahabat explorer. Meskipun dalam proses penggorengan tempe ini tidak terlalu matang, namun nikmatnya tidak tertandingi.

Walaupun disajikan secara setengah matang, rasanya tetap lezat dan enak, sahabat explorer. Maka tidak heran kalau makanan ini memiliki banyak peminat dan juga sudah cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

7. Tahu Petis

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Tahu Petis. Makanan ini berasal dari Semarang.

Makanan tradisional yang khas Jawa Tengah ini dinamakan tahu petis dikarenakan tahunya yang digoreng dan kemudian dimasukkan dengan saus hitam yang namanya petis. Petis ini terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental, sahabat explorer.

8. Lumpia

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Lumpia yang juga berasal dari Semarang.  Lumpia ini sudah sangat terkenal, sahabat explorer. Maka tidak heran jika camilan yang satu ini sudah banyak ditemui dimana-mana.

Makanan khas ini biasa dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dibentuk menjadi kulit. Kemudian, kulit tersebut akan dibungkus dengan beberapa pilihan isi lumpia seperti sayuran, udang, telur, dan ayam.

Untuk dapat menikmati camilan yang satu ini, semakin nikmat saat dinikmati selagi masih hangat. Makin nikmat, memakannya dengan cabai rawit agar semakin menggugah selera.

9. Brekecek

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idSelanjutnya adalah Brekecek yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Brekecek terbuat dari bahan dasar ikan pathak atau ikan jahan. Selain itu, banyak juga yang membuat brekecek dari kepala ikan laut yang bernama menthok ataupun basur.

Brekecek biasanya terdiri dari dua suku kata yakni brek yang artinya diletakkan ataupun dijatuhkan dan kecek yang artinya dicampurkan ataupun dicekek menggunakan bumbu. Perlu kamu ketahui, sahabat explorer, jika brekecek khas Jawa Tengah ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Dikarenakan brekecek yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan jika dicicipi dapat membuat kamu ketagihan.

10. Garang Asem

makanan tradisional dari Jawa Tengah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMakanan tradisional dari Jawa Tengah yang selanjutnya adalah Garang Asem. Garang asem adalah makanan yang merupakan hasil olahan dari ayam yang dimasak bersamaan dengan santan, sahabat explorer. Ayam yang dimasak ini terlebih dahulu dibungkung dengan daun pisang yang setelahnya baru dimasak dengan santan.

Garang asem juga mempunyai citarasa yang cukup pedas dan juga asam sehingga sangat lezat untuk dinikmati. Perlu kamu ketahui, biasanya garang asem ini disajikan dengan nasi dan juga dilengkapi dengan  berbagai jenis lauk lainnya seperti perkedel, tempe goreng ataupun ayam asam manis.

Sahabat explorer, itulah beberapa makanan tradisional dari Jawa Tengah yang bisa kami sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar