Makanan Dan Minuman

Hobi Wisata Kuliner? Mungkin Beberapa Makanan Ini Boleh Dicoba!

makanan unik di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : benhil

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berwisata sambil menikmati kuliner khas dari destinasi wisata yang kita tuju memang sangat menyenangkan. Banyak ‘kejutan-kejutan’ yang tidak disangka. Harga yang murah banget sampai bikin kita kaget, atau mahal banget sampai kapok gak mau makan di sana lagi, dan berbagai macam kejutan lainnya. Rasa juga pasti ada bedanya dengan yang di Jakarta. Kenapa ngomongin Jakarta? Ya karena semua jenis kuliner dari berbagai daerah ada di kota ini. Namun, dalam artikel kali ini kita akan membahas makanan unik di Indonesia yang kemungkinan besar gak ada di Jakarta. Makanan yang akan kita bahas ini cuma ada di lokasi asal makanan tersebut.

Makanan Unik di Indonesia

Kira-kira ada apa saja sih? Kali ini kita akan membahas 4 makanan unik di Indonesia yang pastinya bakal bikin kalian terheran-heran atau justru tertarik untuk mencoba. Kuliner di Indonesia itu memang berbagai macam, mungkin kalian yang sudah keliling Indonesia juga belum sempat mencoba makanan yang akan kita bahas ini. Mulai dari namanya yang unik, rasanya, atau bahkan bahan-bahan yang tidak lazim kita temui atau makan. Tentunya ini akan menjadi pengalaman unik tersendiri, apalagi bagi kalian yang memang hobinya makan atau wisata kuliner. Beberapa makanan ini pasti sangat cocok dengan konten wisata kuliner kalian. Penasaran ada apa saja? Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Kuliner di Beberapa Kota Ini Murah Banget Loh!

1. Tempoyak

makanan unik di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : resepkuekeringku

Makanan unik di Indonesia yang pertama adalah Tempoyak. Makanan ini populer di Palembang, Jambi, Bengkulu, dan Lampung nih sahabat explorer. Apa sih sebenarnya Tempoyak itu? Tempoyak adalah sebuah makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Makanan ini biasanya dikonsumsi dengan nasi dan menjadi lauk.

Rasa dari Tempoyak ini tentu asam karena efek dari fermentasi bahan bakunya yaitu durian tersebut. Tempoyak, dibuat dengan daging dari buah durian yang sudah matang atau terlalu matang, lalu diberi garam dan langsung ditaruh di wadah tertutup. Usahakan untuk menaruhnya dalam suhu ruangan, alias tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas agar cepat prosesnya.

Tempoyak yang sudah berumur selama 3-5 hari, sudah bisa diolah menjadi Sambal Tempoyak dan dapat dicampur dengan ayam atau dibuat menjadi sambal udang.

Wah, kalau dari gambar dan proses pembuatannya, rasanya cukup bikin penasaran ya sahabat explorer. Kalau lagi di area Palembang dan sekitarnya, sepertinya makanan yang satu ini wajib masuk ke dalam list kalian!

2. Mandai

makanan unik di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : infokalsel

Makanan unik di Indonesia yang selanjutnya adalah Mandai. Makanan yang satu ini cukup populer di wilayah Kalimantan, terlebih bagi masyarakat Banjar. Mandai itu sendiri adalah sebutan dari kulit Cempedak yang sudah melalui proses fragmentasi dan dijadikan lauk pendamping nasi.

Untuk membuat Mandai yang lezat, maka kalian harus membutuhkan kulit cempedak yang sudah matang. Kulit yang kalian gunakan untuk membuat Mandai adalah kulit bagian dalam yang terlihat seperti gabus. potong -potong kulit tersebut, lalu rendam dengan air garam selama 3 hari atau maksimal satu bulan. Tekstur dan rasa dari Mandai itu sendiri tergantung dari bagaimana proses perendaman tersebut.

Makanan yang satu ini, biasanya dinikmati dengan digoreng, atau dioseng terlebih dahulu bersama dengan bumbu lainnya. Wah, kayanya gurih banget nih sahabat explorer, kalian tertarik untuk mencoba gak?

3. Gulai Cipuik

makanan unik di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : traveltodayindonesia

Makanan unik di Indonesia yang selanjutnya adalah Gulai Cipuik atau Gulai Siput. Sahabat explorer kebayang gak makan siput? Mungkin kalian bakal kaget pas ngebaca ini, tapi jangan jijik terlebih dahulu. Di Riau, makanan yang satu ini menjadi andalan bagi masyarakat, terutama saat bulan Ramadhan.

Bahan baku utamanya tentu adalah siput, yang memang mirip dengan keong. Tapi, kalau siput berukuran lebih kecil dan cangkangnya bergelung. Proses pembuatannya juga berbeda dengan gulai biasa pada umumnya. Menggunakan bumbu rempah yang ditambahkan dengan kunyit dan santan agar rasanya lebih gurih dan aromanya lebih nikmat.

Bagaimana sahabat explorer? Mau coba makanan yang satu ini gak? Kalau ke Riau wajib dicoba ya!

4. Botok Tawon

makanan unik di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : blogunik

Makanan unik di Indonesia yang selanjutnya adalah Botok Tawon. Makanan ini akan kalian temui saat sedang berada di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Coba kalian perhatikan lubang dari sarang tawon tersebut. Terdapat banyak telur-telur hitam yang tampak di dalam, itu adalah lebah muda atau larva yang masih berada di dalam sarangnya, atau biasa disebut dengan Tolo.

Makanan ini memiliki khasiat kesehatan yang tinggi, namun sayangnya, bahan baku makanan ini sudah susah dicari. Sarang tawon yang masih muda ini sudah mulai jarang terlihat, bagi beberapa restoran yang menjual menu makanan ini, mereka harus memesannya terlebih dahulu kepada peternak lebah madu.

Bagaimana sahabat explorer? Berani coba? Sudah banyak yang bilang kalau makanan ini menyehatkan, apakah kalian tidak tertarik untuk memakannya?

Kuliner Unik Indonesia

Sahabat explorer, itulah beberapa makanan unik di Indonesia yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian semua. Berbagai macam uniknya kuliner Indonesia, sepertinya layak untuk dicoba semua. Rasa dan tekstur yang berbeda akan kalian rasakan saat mencicipi makanan yang kami sebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk bagikan cerita pengalaman unik kuliner kalian di kolom komentar kami. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar