Makanan Dan Minuman

Suka Makanan Pedas? Ternyata Memang Ada Manfaat Kesehatannya Loh!

manfaat sehat makanan pedas - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id
image source : kaltim.tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mungkin kita sudah tau nih, kalau banyak makanan di Indonesia itu yang memiliki cita rasa yang pedas. Tidak heran, jika masyarakat Indonesia ini memang suka makanan pedas, karena memang tanahnya yang subur dan bagus untuk ditanami cabai. Tentu saja, cabai merupakan sumber dari rasa pedas terhadap makanan, ada juga sebenarnya yaitu Lada, namun itu hanya penambah saja sahabat explorer, berbeda dengan Cabai. Dari Sabang sampai Merauke, serta juga Pulau Jawa, makanan pedas ini memang ada di mana-mana. Penulis sendiri juga penggemar makanan pedas nih sahabat explorer, jadi bagi kalian yang suka makanan pedas juga, cocok nih kita kayaknya makan bareng! Hehe. Namun, kalian tau gak manfaat sehat makanan pedas? Ternyata ada banyak loh!

Manfaat Sehat Makanan Pedas

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas manfaat sehat makanan pedas. Walaupun banyak yang bilang kalau makanan pedas itu tidak baik bagi penderita maag atau asam lambung, namun manfaat lainnya ternyata banyak. Sebenarnya makanan pedas penyebab asam lambung itu juga menjadi faktor sekunder saja, faktor utama penyebab asam lambung adalah stress yang berlebih sahabat explorer. Namun, untuk menjaga-jaga ya lebih baik kurangi atau jangan makan pedas sama sekali. Sekarang, mari kita bahas dulu nih manfaat sehatnya! Kira-kira ada apa saja ya? Langsung kita simak aja yuk ulasannya!

Baca Juga : Panduan Lengkap 9 Tempat Menarik di Penang Untuk Wisata Keluarga

1. Menurunkan Berat Badan

manfaat sehat makanan pedas - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : detikfood

Manfaat sehat makanan pedas yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Percaya gak? Padahal, kalau kita sudah makan makanan yang pedas, justru biasanya nafsu makan semakin bertambah. Apalagi jika kita makan bakso, atau ayam geprek dengan sambal yang pedas dan nasi hangat, waaaah pasti rasanya mau nambah terus ya sahabat explorer.

Penelitian terkait menunjukkan bahwa senyawa utama di dalam cabai, yang disebut dengan capsaicin, memiliki efek termogenik yang dapat membantu tubuh untuk membakar kalori jauh lebih banyak.

Ketika kalian mengonsumsi makanan pedas, metabolisme akan meningkat dan akhirnya berdampak pada penurunan berat badan. Wuiihhh, kayaknya seru nih sahabat explorer buat dicoba. Kapan lagi makan enak, tapi bisa ngurusin badan! Langsung dicoba di rumah ya!

2. Menyehatkan Jantung

manfaat sehat makanan pedas - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : fadilahgreenworld

Manfaat sehat makanan pedas yang berikutnya ialah dapat menyehatkan kondisi jantung. Penelitian yang lain mengenai manfaat mengonsumsi makanan pedas juga menunjukkan bahwa orang yang suka makan makanan pedas, memiliki lebih sedikit kejadian serangan jantung dan stroke. Tentunya dibandingkan dengan mereka yang tidak suka atau bahkan tidak pernah mengonsumsi makanan pedas sama sekali.

Capsaicin dalam cabai memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, yang menjadi salah satu faktor risiko dari serangan jantung. Selain itu, cabai juga dapat mengurangi efek buruk dari kolesterol jahat. Luar biasa banget nih manfaat cabai ini! Memang benar, kecil-kecil cabe rawit ya sahabat explorer!

3. Mencegah Kanker

manfaat sehat makanan pedas - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : merdeka

Manfaat sehat makanan pedas yang selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. American Association for Cancer Research, mengungkapkan bahwa capsaicin dalam cabai memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker dan leukemik. Selain itu, rempah-rempah tertentu seperti kunyit yang ditemukan di dalam bubuk kari dan juga mustard, dapat memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor.

Kombinasi kunyit, cabai, dan lada hitam, tentu akan membuat efeknya lebih luar biasa lagi nih sahabat explorer. Bagaimana? Hebat kan manfaatnya? Jadi bagi kalian yang suka makanan pedas, maka bersyukurlah!

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat sehat makanan pedas - yoexplore, liburan keluarga- yoexplore.co.id

image source : merdeka

Manfaat sehat makanan pedas yang selanjutnya ialah dapat menurunkan tekanan darah. Ini merupakan kondisi yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia nih sahabat explorer. Biasanya memang karena makan-makanan daging merah yang berlebihan dan juga garam, dapat menjadi pemicu tekanan darah yang tinggi.

Vitamin A dan C yang terkandung dalam cabai, dapat memperkuat dinding otot di Jantung. Tidak hanya itu, sensasi panas dari lada juga akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi makanan yang terkandung cabai dan lada, secara keseluruhan dapat memperbaiki sistem kardiovaskular.

Wah, luar biasa banget kan sahabat explorer. Bagaimana? Kira-kira kalian tertarik untuk mencoba makanan pedas? Semoga saja ya, hehe.

Yang Pedas Memang Lebih Nikmat!

Sahabat explorer, itulah beberapa manfaat sehat makanan pedas yang dapat YoExplore berikan. Tapi, kenapa sih makanan pedas itu enak? Semuanya karena ada sensasi yang unik dirasakan oleh tubuh, oleh karena itu banyak manusia yang suka makan pedas, karena kita ini suka sensasi. Selain dapat menyehatkan tubuh, konsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan lambung. Diingat ya, apapun yang berlebihan itu pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar