Makanan Dan Minuman

Selain Enak, Minuman Ini Juga Menghangatkan Tubuh Loh!

minuman yang menghangatkan tubuh - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, dalam artikel kali ini, kita keluar dulu nih dari pembahasan mengenai destinasi wisata. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai minuman yang menghangatkan tubuh. Tentunya ini sangat penting loh, apalagi bagi kalian yang memang sedang traveling di dataran tinggi. Meminum minuman ini tentu akan terasa lebih nikmat saat sedang cuaca dingin. Selain itu, minuman-minuman ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan loh sahabat explorer. Oleh karena itu, sepertinya ini menjadi hal yang penting bagi kalian yang memang suka bepergian tersebut. Semua ini juga memiliki manfaat agar traveling kalian dihindari dari rasa tidak nyaman karena cuaca yang ekstrim.

Minuman Yang Menghangatkan Tubuh

Cuaca dingin yang memang tidak biasa bagi tubuh kita, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Contohnya, kalian bisa saja masuk angin, atau pusing dan gejala-gejala yang tidak baik lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghangatkan tubuh. Mungkin dengan jaket yang tebal yang lengkap dengan penutup telinga dan sarung tangan tidak cukup untuk menghangatkan tubuh. Hanya bagian luarnya saja paling yang hangat, tapi bagian dalam tubuh juga perlu untuk dihangatkan loh sahabat explorer. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi minuman yang akan kami rekomendasikan ini. Yaudah yuk, biar gak memakan waktu membaca kalian, langsung saja kita simak ulasannya!

Baca Juga : Berlibur di Lombok Bersama Keluarga

1. Wedang Jahe

minuman yang menghangatkan tubuh - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : vemale

Minuman yang menghangatkan tubuh yang pertama adalah Wedang Jahe. Siapa sih yang gak tahu minuman yang satu ini? Bahkan minuman yang satu ini menjadi minuman favorit orang barat saat musim dingin loh.

Hanya dengan menggunakan Jahe yang berkualitas, sedikit air panas atau mungkin tambahan gula aren, kalian sudah dapat merasakan sensasi yang sangat nikmat. Rasa yang sedikit pedas dan asam manis ini akan bercampur dengan air panas. Sesaat setelah kalian meminumnya, efek hangat di dalam perut langsung terasa! Pokoknya sip banget deh minuman yang satu ini.

Hampir di mana saja minuman ini dapat kalian beli. Namun, banyak yang sudah dikemas dalam sachet nih sahabat explorer, jelas lebih ringkas dan mudah dalam pembuatannya. Namun, agar rasa dan manfaat yang maksimal, lebih baik kalian bikin saja sendiri dengan menggunakan jahe asli. Rasanya jelas jauh lebih top markotop jos ganjos! Buktiin aja sendiri kalo gak percaya!

2. STMJ

minuman yang menghangatkan tubuh - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Minuman yang menghangatkan tubuh yang selanjutnya adalah STMJ atau Susu Telur Madu Jahe. Sesuai dengan bahannya, minuman yang satu ini jelas harus panas disajikannya. Saat masuk ke dalam perut, rasa nikmat tersebut langsung akan terasa. Kandungan berbagai macam bahan alami tersebut tentunya juga menyehatkan bagi tubuh kalian.

Seperti telur yang memang bisa menambah stamina, jahe yang menghangatkan tubuh, madu yang menyehatkan dan juga susu yang bagus untuk kesehatan tulang. Saat cuaca sedang dingin, biasanya minuman ini yang paling sering dicari oleh masyarakat.

Kalau kalian sering pergi ke Puncak, Bogor maka minuman yang satu ini cukup populer di sana. Kalau bisa jangan yang sudah dalam kemasan ya sahabat explorer, yang asli jauh lebih nikmat!

3. Bir Pletok

minuman yang menghangatkan tubuh - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : resepkoki

Minuman yang menghangatkan tubuh selanjutnya adalah Bir Pletok. Tapi kalian tenang saja sahabat explorer, ini bukan bir yang memabukkan kok. Bahkan, bir yang satu ini malah menyehatkan loh! Minuman khas Betawi ini juga memiliki sejarah yang cukup unik. Pada saat masa penjajahan Belanda, masyarakat Betawi khususnya sering melihat para tentara Belanda sedang bermabuk-mabukkan dengan bir atau minuman alkohol lainnya. Untuk melucuti senjata mereka, masyarakat tersebut memiliki akal untuk membuat sebuah minuman yang warnanya sama dengan minuman beralkohol tersebut. Bedanya, justru minuman khas Betawi ini menyehatkan, sehingga saat tentara Indonesia mencoba ‘bergabung’ dengan tentara Belanda untuk minum bersama, mereka tidak ikut mabuk. Oleh karena itu, senjata dari tentara Belanda berhasil mereka lucuti. Wah keren ya!

Bahan-bahan minuman ini terbuat dari rempah-rempah seperti Jahe, Kayu Manis, Serai, Kapulaga, dan Kayu Secang. Jadi selain rasanya nikmat dan hangat, minuman ini juga sangat menyehatkan bagi tubuh! Kalau lagi ada yang ke Jakarta, jangan lupa untuk mencicipi minuman ini ya sahabat explorer!

4. Bandrek

minuman yang menghangatkan tubuh - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : resepkoki

Minuman yang menghangatkan tubuh yang selanjutnya adalah Bandrek. Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini juga dibuat dari rempah-rempah seperti Jahe, dan Gula Merah. Namun, di daerah tertentu biasanya ada yang ditambahkan dengan Serai, Pandan, Merica dan telur ayam kampung.

Minuman ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti batuk dan sakit tenggorokan. Kalian coba saja kalau tidak percaya, minum Bandrek saat lagi sakit tenggorokan atau batuk, dapat meringankan rasa sakit di tenggorokan kalian. Tentu saja karena efek dari rempah-rempah tersebut yang memang baik untuk kesehatan tubuh.

Minuman Khas Indonesia Itu Banyak!

Sahabat explorer, itulah beberapa minuman yang menghangatkan tubuh versi YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan pengalaman atau cerita traveling kalian di kolom komentar kami atau di Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar