Makanan Dan Minuman

Suka Dengan Jaje Laklak Khas Bali? Perhatikan Resepnya Ya!

resep jaje laklak - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : wisatakuliner

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, yang namanya jajanan tradisional itu memang selalu menggugah selera ya. Apalagi yang citarasanya itu gurih dan manis, tapi manisnya tanpa pemanis buatan loh. Contohnya adalah jaje laklak khas Bali ini, mungkin bagi kalian yang memang pernah berlibur ke Bali pernah mendengar jenis makanan yang satu ini. Sangat enak apabila dinikmati untuk waktu sarapan sahabat explorer, rasanya yang manis karena gula Jawa dan juga bentuknya yang bundar kecil-kecil dengan citarasa yang gurih dan juga parutan kelapa yang membuat rasanya sedikit asin. Jajanan pasar yang satu ini hampir bisa ditemukan diseluruh pasar tradisional di Bali. Biasanya para pedagang menjual makanan yang satu ini dengan harga Rp 5.000 yang berisikan 5 buah jaje laklak. Dijamin rasanya gak bikin nyesel deh! Kira-kira kalian udah tau belum resep jaje laklak ini? Cara membuatnya gampang! Bisa langsung kalian coba di rumah sahabat explorer!

Resep Jaje Laklak

Secara umum, jaje laklak berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna hijau. Namun, warna itu tentunya dengan pewarna alami yang terbuat dari daun pandan misalnya. Walaupun ada juga yang memakai pewarna makanan jika kalian menemukan yang berwarna coklat atau merah muda. Dibuat dengan cetakan serabi tanah liat dan juga terbuat dari tepung beras, jaje laklak ini saat matang akan ada lubang-lubang kecil di atasnya. Wah, kalau diingat lagi rasanya, langsung pengen bikin lagi aja deh! Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk sahabat explorer, resep jaje laklak dan cara membuatnya. Cekidot ya!

Baca Juga : Sudah Pernah Cobain Kue Manis Dari Jawa Barat Ini?

Bahan-bahan

Untuk membuat jaje laklak ini tidaklah sulit sahabat explorer, yang penting kalian siapkan saja terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

  • Tepung beras 200 gram
  • Air panas 200 ml
  • Santan panas 500 ml
  • Air daun suji 2 sdm
  • Baking powder 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Kelapa parut 100 gr (dikukus serta dibubuhi garam)

Bahan lain yang digunakan adalah untuk membuat saus gula merahnya sahabat explorer. Bahan-bahannya adalah :

  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Air mineral 250 ml

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan ini terkumpul, barulah kalian bisa mulai membuat resep jaje laklak ini sahabat explorer. Cara membuatnya cukup gampang kok, kalian hanya tinggal mengikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  1. Letakan tepung beras pada wadah, tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  2. Tuang santan sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga adonan licin.
  3. Tambahkan air daun suji, tambah baking powder, bubuhi garam, diaduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  4. Siapkan cetakan Kue Laklak, panaskan terlebih dahulu. Tuangkan adonan Kue Laklak sejumlah 1/2 sendok, tutup cetakan, tunggu hingga masak.

Bisa dibilang jaje laklaknya sudah jadi nih sahabat explorer, sekarang tinggal membuat saus gula merahnya untuk ditaburi di atas jaje laklak tersebut. Ini lebih gampang lagi cara buatnya, langsung simak deh!

  1. Larutkan gula merah dan gula pasir dengan air mineral, rebus dan diaduk hingga mendidih. Kemudian diangkat, serta disaring. kembali direbus hingga mengental, angkat dan sisihkan.

Beres! Segampang itu sahabat explorer cara membuat saus gula merahnya. Gak akan kesulitan deh dijamin.

Cara penyajiannya juga gampang sahabat explorer, kalian tinggal siapkan jaje laklak yang sudah matang tadi, lalu taburi gula saus merah dan juga kelapa parutnya. Hmm, pasti enak banget deh! Gurih dan manisnya top markotop jos ganjos!

Sahabat explorer, itulah resep jaje laklak yang bisa YoExplore share ke kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi pilihan kalian untuk sarapan. Rasanya dijamin enak banget deh! Gak ngebosenin! Langsung dicoba di rumah ya!

Jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi diresep-resep pilihan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar